Mencari Alternatif Pengganti Dropbox

Setelah aktif menggunakan layanan cloud storage dari Dropbox.com selama kurang lebih tiga tahun dan merasa puas, beberapa hari yang lalu tiba-tiba mendapatkan email pemberitahuan bahwa penambahan kapasitas gratis yang saya dapatkan selama ini akan berakhir. Penambahan kapasitas gratis yang saya dapatkan ini ternyata adalah paket bundling dengan perangkat smartphone Samsung Galaxy yang saya miliki. Saat…

Pencitraan Diri di Media Sosial

Medsos? Wheew, cuma manusia dari jaman dinosaurus yang ga ngerti barang ginian. Medsos sudah bukan lagi sebuah fenomena, tapi sudah menjadi bagian hidup masyarakat modern. Ya, kayak beras gitu lah, atau garam, atau apalah yang kita sudah kehilangan rasa dunia kalau ga ada dia. Muehehehe.. lebay deh. Alasan seseorang bergabung dan update posting segala aktivitas…

Google Cloud Platform: Solusi untuk keterbatasan infrastruktur dan data besar

Salah satu masalah dalam pengelolaan data pada sebuah korporasi adalah jumlah data yang sangat besar. Data dalam jumlah besar (big data) otomatis memerlukan infrastruktur yang baik (well-designed, well-built, and well-managed) untuk pengelolaannya. Tidak jarang juga data tersebut merupakan data transaksional yang dikumpulkan secara terus-menerus dan oleh karena sifat pemanfaatannya berubah menjadi data permanen yang tidak…

Yuk, Abadikan Foto Si Kecil dengan Smartphone

Hadirnya si buah hati ke dunia adalah salah satu kebahagiaan yang tiada tara bagi sebuah keluarga, apalagi bila dia adalah anak pertama yang sudah lama ditunggu-tunggu kehadirannya. Semua ekspresinya, tangis, senyum, tawa, maupun tingkah-polah yang dilakukannya akan membawa warna tersendiri bagi kita selaku kedua orang tuanya. Momen-momen indah berharga tersebut rasanya sayang jika dilewatkan dan…

Mobile device goes 64bit

Ada yg masih ingat tahun berapa chip CPU 64bit dirilis secara massal ke pasaran untuk desktop PC konsumen? Klo ga salah mungkin baru saja. Mungkin sekitar 2006-2007 klo ga salah. Saat itu lagi seru-serunya pertarungan antara Intel dan AMD. Prosesor 64bit untuk PC pertama kali kalau tidak salah adalah seri AMD Athlon, yang waktu itu…

Selamat tinggal Windows XP.. Selamat berpisah Windows “Sejuta Umat”..

Selamat tinggal Windows XP.. Lho kok? Iya, Selasa (08 April 2014 waktu Amerika) adalah hari terakhir adanya rilis bugfix untuk Windows XP. Setelah hari itu, Microsoft selaku produsennya sudah tidak akan merilis lagi bugfix dan tidak akan melayani dukungan teknis baik yang bersifat gratis maupun yang berbayar untuk Windows ini. Hal ini tentu saja merupakan…

Ngeblog aja kok sulit?

Iya betul. Setiap kali mau ngeblog selalu saja menemukan kesulitan, baik tentang topik yang mau ditulis sampe sejauh mana materi topik tersebut akan dibahas. Kok kayaknya berat banget, belum ditulis sudah berat di pikiran. Akhirnya gagal lagi ngeblognya. 😀 Sepertinya ini paralel juga dengan yang terjadi di dunia nyata, saya memang jarang menulis. Mau menulis…