Upgrade Galaxy Tab P1000 ke Android 2.3 (Gingerbread)

Well, buat user Galaxy Tab P1000 (GTab) yang baru saja unboxing (buka bungkus) pastinya langsung disambut dengan OS Android 2.2 (Froyo) di handsetnya. Nah, buat yang ingin upgrade ke Android 2.3 (Gingerbread) bisa langsung melakukannya via Samsung Kies (software serupa Desktop Manager atau PC Suite dari Samsung), persiapan yang dilakukan cukup mempersiapkan koneksi internet yang stabil dan handset GTab yang sudah dicharge penuh. Berikut step-by-stepnya, tampilan mungkin berbeda tergantung versi Kies yang digunakan:

  • Pastikan download Samsung Kies versi terbaru di situs resmi Samsung dan saya sarankan untuk tidak menggunakan Kies bawaan yang ada di CD GTab.
  • Install Samsung Kies dan pastikan internet sudah terkoneksi dengan baik. Setelah instalasi selesai, hubungkan GTab dengan komputer via kabel USB yang tersedia, tunggu hingga instalasi driver selesai dan GTab sudah tersambung dengan Kies.
  • Kies akan mendeteksi bahwa ada upgrade firmware untuk GTab, klik Update.
  • Selanjutnya akan ada konfirmasi upgrade, pilih opsi “I have read all of the above information”. Klik Start Upgrade untuk memulai proses.
  • Sebelum proses upgrade, kita diberikan kesempatan untuk melakukan backup data-data yang ada di GTab. Pilih item-item yang ingin dibackup.
  • Proses download firmware dan instalasi pun akan dilanjutkan dan waktu yang diperlukan sangat tergantung dari kecepatan koneksi internet.
  • Jika proses upgrade berhasil maka notifikasi Firmware upgrade complete pun akan ditampilkan.

Akhirnya, selamat merasakan sensasi Gingerbread di GTabmu!!!

 

Banjarmasin @20110621

About these ads

44 responses to “Upgrade Galaxy Tab P1000 ke Android 2.3 (Gingerbread)

  1. Kusdinar K 08 Juli 2011 pukul 10:55

    Kang Jerry,
    Saya sudah berkali-kali coba, tapi selalu terputus ditengah jalan, sampai frustrasi..
    Kenapa ya.
    Saya mohon bantuan cara lain, kalau ada.
    Terimakasih

  2. Jerry Ramdhana 08 Juli 2011 pukul 11:23

    @Kusdinar:
    Kang, coba cek di urutan gambar-gambar ini, putus dimana biasanya?
    https://picasaweb.google.com/Jerry.Ramdhana/UpgradeGalaxyTab

  3. riesvan anwar 10 Juli 2011 pukul 19:20

    butuh berpa persen batre nya mas?

  4. Jerry Ramdhana 11 Juli 2011 pukul 10:42

    @riesvan: Setup gak mau lanjut dgn batere dibawah 70%. Idealnya sih minimal 75% lah. :)

  5. denny 15 Juli 2011 pukul 18:50

    kang saya dah beres upgrade tapi apa yg menjadi perbedaannya yg mencolok dr froyo ke rotijahe tolong penjelasannya ya kang haturnuhun

  6. Jerry Ramdhana 16 Juli 2011 pukul 08:53

    @denny:
    Perubahannya gak terlalu signifikan karena kebanyakan di belakang layar, kayak optimalisasi multimedia, CPU dan baterai.
    Yang saya suka justru dari sisi inputannya. Waktu di froyo, urusan select text-copy-paste ribet bgt. Nah di ginggerbread jadi sangat mudah, bahkan klo kita mau copy-paste dari halaman web sekalipun.
    Klo masalah tampilan malah hampir gak ada perubahan.

  7. deni 04 Agustus 2011 pukul 06:15

    saya udah coba tapi masih gagal, dibilang firmware udah uptodate.
    pas aku lihat masih proyo.
    posisi batere emang harus penuh ya mas…
    pas aku nyoba kemaren posisi batere 50%

  8. rifky 09 Agustus 2011 pukul 11:51

    klo ofline mode gk bisa yaa ? ? ? ? kyak nya resiko pake internet terlalu besar masbro. klo ada bagi link nya yaa.

  9. yuspian 17 Agustus 2011 pukul 15:49

    Apa dijamin keamanan proses instalasinya? Jika gagal gimana?

  10. denny 17 Agustus 2011 pukul 22:42

    @yuspian
    kegagalan biasanya dikarenakan jaringan n batre aja n proses yg lumayan lama, segala kegagalan sftware msh bisa di fullflash
    @ belajardari sini skrang saya sudah pake gb 2.3.3 rooted versi eropa kernel 3.1.1 custom 3.1.1 kratos overclock mohon sharingnya

  11. denny 17 Agustus 2011 pukul 22:55

    ralat kernel Overcomev3.3.1#101 custom Overcome v3.1.0 KRATOS
    maklum nubi (cuma ingin sharing) thanks

  12. Heru 19 Agustus 2011 pukul 19:41

    Thks mas untuk infonya and tutorialnya, walaupun “mainnya” dari sahur sampe buka puasa tapi akhirnya Galaxy Tab nyicicipi gingerbread juga:). Salam sukses selalu

  13. wyunanda2 22 Agustus 2011 pukul 16:25

    Klo yang udah di-rooted, nga masalah kan?

  14. Jerry Ramdhanarry 25 Agustus 2011 pukul 15:33

    @wyunanda2: AFAIK, no problemo. Tapi klo msh gagal, mungkin bisa dicoba untuk di-unrooted dulu. :)

  15. Debiyarto 09 September 2011 pukul 18:49

    Hi Om Jerry..

    Saya juga gagal berkali2.
    message terakhir dibilang insufficient memory.
    It need 3000 mb.

    Bisa bantu kenapa?
    Thanks

  16. Debiyarto 09 September 2011 pukul 18:50

    Padahal saya saya periksa available internal memory masih 12.0 Gb

  17. Jerry Ramdhana 24 September 2011 pukul 07:45

    @Debiyarto: mungkin terlalu banyak aplikasi yg terinstall. Coba untuk menghapus aplikasi- aplikasi yg tidak diperlukan agar cukup untuk instalasi. Oiya, FYI, memori yg 12GB (fullnya 16GB) itu cuma buat penyimpanan data dan dokumen, bukan buat OS.

  18. diah 20 Oktober 2011 pukul 15:40

    mas mau tny.firmwarenya khan sdh didownload,koneksi internet jg stabil, tp saat firmware update progress selalu keluar notice “the remote server returned an error :(403) forbidden”. ada solusi ga mas? thx

  19. Jerry Ramdhana 21 Oktober 2011 pukul 06:57

    @diah: Koneksi internetnya pake internet kantor? ada proxy ya?
    Silakan ditanyakan dulu sama adminnya. Biasanya jika koneksi internetnya pake proxy, bisa jadi ada pembatasan kapasitas download sehingga setup gak bisa download file-file OS yang diperlukan dari servernya Samsung.

  20. slamet mulyono 27 November 2011 pukul 15:04

    Susah koneknya
    ada cara lain?

  21. Ammank Chu 30 November 2011 pukul 08:21

    klo hapenya gak nyambung2 jg ke kies itu kenapa ya?

  22. farid akram 28 Desember 2011 pukul 11:03

    bisa gak kalo tab p1000 yg dari froyo ke gingerbread,bisa diupgrade lg ke ice cream sandwich ?

    minta bantuan!!

  23. Jerry Ramdhana 29 Desember 2011 pukul 12:32

    @slamet mulyono: Sejauh ini, cara yg saya tahu untuk upgrade gingerbread official cuma ini pak.

    @Ammank Chu: Pastikan Samsung Kies nya versi terbaru agar database drivernya lebih update. Coba cek lagi di Device Manager apakah GTab nya sdh dikenali oleh Windows.

    @farid akram: Sampe saat ini (Des 2011) masih blm ada upgrade ICS official untuk GTab P1000.

  24. hardy 07 Januari 2012 pukul 19:37

    Ada ga Mas GTab P1000 yg dijual udah menggunakan Gingerbread….???

  25. janu 22 Januari 2012 pukul 15:02

    gan di samsung kies saya kok tulisanya “your device does not support software upgrading via kies” kenapa yah??mohon pencerahan

  26. noeg89 11 Februari 2012 pukul 07:50

    Saya coba update pakai kiess, trus gagal,trus sekarang tiap buka aplikasi apapun selalu restart.
    masalahnya dimana ya ?
    Gagalnya saat di device mulai muncul tulisan “DOWNLOAD, do not turn off!!!” di kompi muncul pesan gagal dst.

    Please help me ….
    Thanks

  27. Hendra 18 Februari 2012 pukul 01:30

    mas bro,,kalo samsung tab gt p1000 bisa gak di upgrade ke honeycomb????

  28. bondan 23 Februari 2012 pukul 16:40

    kalo gt p1010 bisa ga mas? kmrn sempat dibawa ke SC gagal dan heng… akhirnya skr lagi menginap selama 3hr di samsung centre… harus ganti mesin ktnya… hedehhhhh

  29. Jerry Ramdhana 27 Februari 2012 pukul 14:52

    @hardy: Tanggung mas, mending nambah dikit buat yang 10.1, 8,9 atau 7 plus yang udah Honeycomb semua. :D

    @janu: dan buat semua yang Kies nya ga bisa detect Galaxy Tab, hampir semua masalah selesai saat diupgrade ke Kies yang terbaru. Silakan dicoba lagi dengan Kies update terbaru.

    @noeg89: Sepertinya berat ya masalahnya, mending bawa ke Samsung Center untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

    @Hendra: Bisa dan ada di Youtube, tapi bukan rilis official dari Samsung.

    @bondan: klo gitu serahkan ke Samsung Center ajah.. :D

  30. rido 29 Februari 2012 pukul 12:17

    batre tab 7.0 saya kenapa kadang mau terisi,kadang gak mau gan. di cas gak naek2 indikatornya,mis dicas pas batre sisa 20%,3 jam kemudian msh juga 20%…….!
    mohon pencerahannya,diluar topik OS nya gan.

  31. Jerry Ramdhana 05 Maret 2012 pukul 07:23

    @rido: Harus dicari penyebabnya salahnya dimana. Coba piinjem charger lain dan pake untuk ngecharge berulang-ulang, jika normal berarti yg error adalah chargernya. Jika msh tetap, segera bawa ke Samsung Center krna kemungkinan besar yg rusak adalah komponen dalam GTabnya.

  32. Ryan SyahMemeth 12 Maret 2012 pukul 19:05

    bang kok tiap upgrade gagal yaa.?

  33. ari 16 Maret 2012 pukul 01:14

    mas, mohon petunjuk. saya udah download kies terbaru tapi pas saya colok g-tab ke laptop kies ga mendeteksi firmware baru untuk g-tab. katanya g-tab udah pake firmware terbaru. saya cek ternyata masih froyo. gimana ya?

  34. rido 16 Maret 2012 pukul 09:14

    aku sudah berhasil upgrade froyo ke gingerbread Gan,soal batre aku blm sempat bawa kw samsung centre,tp nanti akan kuusahakan dibawa secepatnya,btw aku mo tanya nih Gan,ada gak skrg yg dari Gingerbread ke honeycomb utk galaxi 7.0 kita2 ini,thanks.

  35. bayu 17 Maret 2012 pukul 10:10

    bingung stlh d coba step by step jg ndak bisa

  36. Jerry Ramdhana 02 April 2012 pukul 10:41

    @ari: Nyoloknya sambil konek ke internet, jika menggunakan proxy pastikan udah disetting di Kiesnya.

  37. neelamdeep 08 April 2012 pukul 21:44

    bro mau nanya dong,kalo saya upgrade gini,kira2 third apllication kyk game2 gtu ilang semua ga ya?

  38. praboenando@gmail.com 10 April 2012 pukul 10:54

    proses back upnya kok lama banget ya….

  39. yudha putra 31 Juli 2012 pukul 02:32

    mas mau nanya ko gtab p1000 saya ga bisa konek waktu saya buka odin yah??
    tp klo di cas masuk..
    tolong yah mas kasih tau, klo bisa kirim ke email saya,,
    tolong yah mas saya sudah bingung, takut kena hardbrick saja :((
    Nda_uzumaki51@yahoo.com

  40. leo 31 Agustus 2012 pukul 19:40

    cara melihat kalo udh gingerboard nya gimana

  41. bonny 19 Oktober 2012 pukul 21:11

    mas bro mau tanya nih, kenapa waktu upgrade dari froyo ke gingerbread stuck di 66% ya? tlg pencerahan nya mas bro

  42. rido 07 Januari 2013 pukul 13:36

    bisa minta postingan upgrade 2.3.3 ke 2.3.6 untuk gingerbread gak?
    skalian tutornya bergambar seperti ini Bang
    makasih sebelumnya.

  43. diar 08 Januari 2013 pukul 21:49

    gan mohon pencerahan tab saya bisa kebaca tapi sehari semalem tulisannya cuma connecting trus???

  44. Rahmat 22 Maret 2014 pukul 19:30

    Gan ane stuck di 100% itu kenapa?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: