Tips Menghadapi Test Wawancara Penerimaan CPNS Tingkat Sarjana Kementerian Keuangan

Saya ingin share sedikit tentang pengalaman mengikuti Test Wawancara Kemenkeu (dulunya Depkeu) yang saya jalani tahun 2008 lalu. Hal-hal yang akan saya bahas disini hanya sedikit dan mungkin kurang lengkap, jadi untuk melengkapinya saya menyarankan rekan-rekan untuk mencari tips-tips cara mempersiapkan diri dalam menghadapi Test Wawancara umum yang ada di internet. Dari tips tersebut diharapkan memberikan gambaran umum tentang proses Test Wawancara dan bagaimana cara mempersiapkan diri dalam menghadapinya.

Test Wawancara merupakan test terakhir dalam rangkaian test penerimaan CPNS tingkat sarjana di Kemenkeu. Dalam tahap ini kelulusan peserta sangat ditentukan oleh banyak faktor sehingga diperlukan persiapan khusus untuk menghadapinya. Fisik, penampilan, kesiapan mental, strategi, pengalaman dan bagaimana mengatasi tekanan psikologi saat wawancara adalah beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh peserta test. Diantara banyak faktor tersebut ada yang harus ditempa dengan pengalaman seperti kesiapan mental, strategi dan kepandaian mengatur emosi. Sedangkan sisanya bisa dipelajari langsung oleh siapa saja. Secara tidak langsung saya menyimpulkan –meskipun tidak selalu benar, semakin sering mengikuti Test Wawancara sebelumnya maka akan sangat membantu dalam melatih kesiapan dan kemampuan untuk menjalani test ini.

Saat mengikuti Test Wawancara peserta akan diminta membawa Curriculum Vitae. Format dan cara pengisian CV akan diberitahukan sebelumnya oleh panitia. CV ini merupakan sumber informasi yang akan digali oleh pewawancara untuk lebih mengenal kepribadian peserta. Persiapan yang dilakukan saat menghadapi Test Wawancara cukup sederhana dan tidak berbeda dengan Test Wawancara pada umumnya. Semua hal yang perlu disiapkan akan diumumkan oleh panitia.

Setiap peserta akan diwawancara oleh tim pewawancara yang biasanya beranggotakan 2-3 orang Pejabat Eselon IV atau Eselon III di lingkungan Kementerian Keuangan. Tim tersebut berasal dari unit Eselon I (Direktorat Jenderal/Badan) yang berbeda, hal ini dimaksudkan agar masing-masing pewawancara bisa saling melengkapi satu sama lain dalam proses wawancara peserta.

Berikut beberapa pertanyaan yang ditanyakan saat Test Wawancara:

  • Silahkan perkenalkan diri Anda.
  • Dari CV yang diserahkan, terlihat bahwa Anda pernah bekerja di Perusahaan X, Perusahaan Y, dll. Bisa diceritakan apa saja yang Anda kerjakan disana?
  • Jadi pada intinya Anda menyukai pekerjaan dalam bidang apa?
  • Kenapa Anda menyukai bidang tersebut?
  • Pernahkan saat bekerja dulu, anda menghadapi kondisi yang dilematis? Misalnya Anda diminta oleh atasan untuk melakukan hal yang tidak sesuai dengan hati nurani Anda? Apa yang Anda lakukan saat itu?
  • Pernahkan Anda menemui kesulitan saat bekerja dulu? Apa bentuk kesulitan tersebut? Apa solusi yang Anda kerjakan?
  • Selama sekolah/kuliah apakah Anda pernah mengikuti kegiatan organisasi? Organisasi apa? Apa posisi Anda di organisasi tersebut?
  • Anda telah bekerja dan memperoleh penghasilan yang jumlahnya cukup di swasta. Apa yang menjadi motivasi Anda menjadi PNS?
  • Latar belakang Anda adalah Sarjana ………., bagaimana seandainya Anda ditempatkan nantinya pada bidang yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan latar belakang pendidikan Anda?
  • Apakah keluarga Anda mendukung keputusan Anda untuk menjadi PNS?
  • Anda memilih Ditjen X sebagai pilihan pertama dan Ditjen Y untuk pilihan kedua. Apa alasannya?
  • APAKAH ANDA BERSEDIA DITEMPATKAN DIMANA SAJA DI SELURUH WILAYAH REPUBLIK INDONESIA?
  • Akan ada 1-2 pertanyaan dalam Bahasa Inggris atau Anda diminta memperkenalkan diri menggunakan Bahasa Inggris.

Pertanyaan-pertanyaan diatas hanya sebagian besar dari pertanyaan yang bisa saya ingat, sebenarnya masih banyak lagi pertanyaan lainnya. Satu hal yang pasti, pertanyaan kepada setiap peserta akan SANGAT BERBEDA tergantung isi CV dan bagaimana jawaban peserta tersebut dengan pertanyaan sebelumnya. Begitu juga dengan peserta yang belum pernah bekerja, pewawancara akan fokus pada kegiatan selama kuliah dan kegiatan sehari-hari.

Saat Test Wawancara berlangsung peserta diharapkan fokus dan berkonsentrasi penuh pada proses wawancara karena sikap dan perilaku peserta sangat mempengaruhi proses wawancara tersebut. Saya sangat menyarakan peserta untuk bisa:

  • Membawa diri agar merasa nyaman dengan wawancara yang berlangsung
  • Mengontrol emosi dengan baik
  • Memperlihatkan kesungguhan dan antusiasme yang tinggi
  • Menyampaikan tutur kata yang sopan dan komunikatif
  • Tidak memberikan argumen yang berlebihan
  • Ceria dan bersemangat
  • Menyampaikan informasi /jawaban secara jelas dan tidak berputar-putar

Dalam wawancara biasanya ada dua tipe pertanyaan yang akan diajukan oleh pewawancara, yaitu pertanyaan primer dan sekunder. Pertanyaan primer adalah pertanyaan yang bertujuan untuk menggali informasi utama dari peserta yang biasanya menyangkut potensi diri si peserta. Pertanyaan ini biasanya sudah ada dalam daftar pertanyaan wajib yang harus disampaikan dan dinilai oleh pewawancara. Dalam pernyampaiannya, pertanyaan primer biasanya diselipkan diantara pertanyaan-pertanyaan sekunder. Pertanyaan sekunder adalah pertanyaan tambahan yang sifatnya menggali informasi umum si peserta. Pertanyaan sekunder biasanya berupa pertanyaan tentang keluarga, asal, agama, hobby, prestasi, pacar/kekasih, istri, dsb.

Pertanyaan primer dan sekunder biasanya bisa dibedakan dari cara penyampaiannya. Pertanyaan primer selalu disampaikan secara serius oleh pewawancara yang biasanya ditandai dengan tatapan mata yang serius dan perhatian penuh, jika jawaban peserta kurang jelas biasanya pertanyaan akan diulang oleh pewawancara dan untuk pertanyaan-pertanyaan yang krusial sering sekali pewawancara menanyakan apakah peserta sudah yakin dengan jawaban yang telah diberikan. Pertanyaan sekunder disampaikan secara biasa, pewawancara tidak selalu menatap peserta atau diselingi aktivitas lain seperti menulis, membaca dan tampak tidak terlalu serius. Dari sini diharapkan peserta bisa lebih intens memperhatikan dan memberikan jawaban sesuai keadaan.

Dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pewawancara, ada beberapa poin penting yang ingin mereka ketahui secara lebih mendalam:

  • Kesungguhan Anda untuk mengabdikan diri sebagai PNS, terutama pada instansi Kementerian Keuangan
  • Integritas dan kepatuhan kepada nilai-nilai profesionalisme dalam pekerjaan
  • Teamwork
  • Kemungkinan untuk berkecimpung dan mempelajari hal-hal baru
  • Inovasi dan sejauh mana peserta bisa menjadi solusi bagi orang lain
  • dsb..

Proses wawancara akan memerlukan waktu sekitar 30 menit atau lebih per peserta. Dari wawancara tersebut pewawancara diharapkan bisa mengetahui track record masing-masing peserta. Oleh karena itu peserta diharapkan untuk menempatkan diri sebaik mungkin, memberikan jawaban dan penjelasan yang sejelas mungkin dan tidak bersikap protected pada pewawancara. Pada akhirnya, pewawancara akan memberikan penilaian apakah peserta tersebut pantas dan memiliki potensi untuk bergabung dalam keluarga besar Kemenkeu –atau tidak.

 

Catatan : Saya memutuskan untuk tidak berbagi tentang apa dan bagaimana jawaban saya terhadap pertanyaan pewawancara. Saya meyakini bahwa setiap peserta yang telah sampai pada tahap ini adalah pribadi pilihan dan pasti bisa menjadi dirinya sendiri serta mampu menyampaikan kelebihan positif yang dimilikinya kepada pewawancara dengan baik. Semoga sedikit tulisan ini bisa bermanfaat bagi yang memerlukannya.. :D

 

Banjarmasin @20101005

About these ads

346 responses to “Tips Menghadapi Test Wawancara Penerimaan CPNS Tingkat Sarjana Kementerian Keuangan

  1. enez 05 Oktober 2010 pukul 17:48

    mau tanya dunk??
    waktu itu jeda dari waktu pengumuman jadwal wawancara ke tanggal wawancarnya brapa lama yah? takut bentrok sama jadwal kerja. :(

    thanks banget buat info2nya slama ini, really helpful. :)

  2. Lyen 05 Oktober 2010 pukul 19:23

    mas jer:thx ya mas infonya…..q kan berusaha

    enez: iya, q juga pengen tau, berapa lama,q juga kerja neh…non stop pula, hiks..
    tapi yakin aj deh…Tuhan pasti ngasi waktu yg terbaek.

  3. andi SERGAP 05 Oktober 2010 pukul 19:27

    mantaaaaaaaaaaaaap…tks mas jery,,salam sergap

  4. eva 05 Oktober 2010 pukul 20:54

    thanks atas infonya…mas bisa sekalian kasih tau jawabannya ga ? hihihi

  5. purple 06 Oktober 2010 pukul 01:56

    Thx mas atas sharing
    Sama kayak yang di atas, jeda pengumuman tanggal interview, terus pengumuman penerimaan, sampe kita bekerja tuh berapa lama ya Mas?
    Pengumuman interview baru nanti tanggal 12 oktober, soalnya perlu buat ajuin cuti. Thx..

  6. dimaz 06 Oktober 2010 pukul 05:51

    bersedia ditempatkan di mana saja -> jawabannya harus bersedia. kalau tidak, Anda sudah divonis out saat itu juga :D (tapi dengar-dengar pertanyaan ini akan dihilangkan di seleksi tahun ini)

    dalam penempatan definitif nanti ada kemungkinan Anda ditempatkan jauh dari homebase, jadi siapkan diri mulai sekarang. bisa jadi Anda sepanjang karir terus menerus dimutasi setiap 2-4 tahun sekali ke seluruh pelosok indonesia. memang ini cukup sulit, bahkan di lingkungan pegawai senior sekalipun masih sering mengeluhkan masalah ini, khususnya untuk beberapa direktorat jenderal di kemenkeu. oleh karena itu silakan dipikirkan masak-masak. nantinya, gaji renumerasi itu tak akan ada artinya apabila Anda ternyata tidak bisa bahagia hidup jauh dari keluarga.

    sungguh, jangan jadikan gaji renumerasi sebagai alasan utama Anda masuk kemenkeu.

    cmiiw ya mas Jer :)

  7. dony 06 Oktober 2010 pukul 06:32

    akhirnya mas jerry buat halaman baru…trims saran dri kawan2 dipenuhi jg..mas mau nanya nih,dlu waktu daftar onlen kan aq ngisinya
    1.sekjen
    2.ditjen bea cukai
    Nah yg jd masalah,waktu test ksehatan kmaren aq diberitahu panitia,katanya yg ditempatkan di bea cukai tu tinggi bdan minimal 165 cm,smentara waktu diukur kmaren tinggiku cm 160 cm :( ,apakah bs mas nanti di cv sy merubah list lamaran sy dri bea cukai ke yg laen..mhon dijawab y mas..trims sbelumnya.Tuhan Memberkati

  8. tiara 06 Oktober 2010 pukul 06:42

    @all : semangat ya teman2…ayo berjuang.one step closer,mudah2an bisa lolos semua.
    untuk jwbn2 dri wawancara sebaiknya kita jadi diri sendiri, jwb jujur, rileks (jgn tegang,ttp sopan)

  9. wawan 06 Oktober 2010 pukul 06:47

    aaawww….hbs baca artikel mas jerry, aq kok jadi ciut nyali niih….kyk orang disidang tuh…hue hue….

  10. Jerry Ramdhana 06 Oktober 2010 pukul 07:18

    @enez, Lyen, purple: Di thread Tips&trik sudah saya kasih histori pelaksanaan test tahun 2008. Silakan dibaca lagi ya..

    @dony: Gak perlu. Klo lulus tinggal tunggu aja penempatan definitifnya.

    @dimaz: Tambahin lagi daftar pertanyaan yang masih ingat yah, aku banyakan lupa euy.. he he he

  11. Ryan 06 Oktober 2010 pukul 07:27

    Mas, pertanyaan dlm bahasa Inggrisnya apa ya? biar bisa persiapan mo jawabannya apa…

  12. Ita 06 Oktober 2010 pukul 07:52

    Subhanallah…
    Ini nih yang ditunggu2. Makasi banyak mas Jerry :)

  13. Tarsisia 06 Oktober 2010 pukul 07:56

    Semangat.. Semangat.. Semangat..!!!

    Kak Jerry terima kasih banyak bimbingannya yang sudah sampai saat ini,. mohon bimbingannya terus ya kakak… :D

    Oiy,. kalau bisa sih mohon diberitahu kira2 pertanyaan bahasa inggrisnya itu seperti apa yak..??? Apa cuma disuruh perkenalan diri atw gmn yak??

  14. andi SERGAP 06 Oktober 2010 pukul 08:17

    oia betul contoh pertanyaan dalam bahasa inggris itu apa yak ?
    salam sergap

  15. dhara 06 Oktober 2010 pukul 09:18

    makasih ms Jerry bwt info2nya,,
    smoga qt dpt mempersiapkan mental dan jawaban2 terbaik utk tes wawancara nanti..

    sukses ya bwt tes wawancara nanti..

    bismillah..

  16. purple 06 Oktober 2010 pukul 09:38

    Nah udah dapet nih
    ==============================
    Jerry Ramdhana

    @tya:
    Lokasi test: Banjarmasin
    Peserta test awal: 1500-an org (lupa persisnya).. :D
    Lulus TPA: 90 org
    Lulus Psikotest: 32 org
    Lulus Test Kesehatan & Kebugaran: 26 org
    Lulus Wawancara: 14 org

    Yup, cuma 14 org tsb yang akhirnya diterima sbg CPNS Sarjana Depkeu Tahun 2008 untuk lokasi test Banjarmasin. Sadis yak..? :D

    **********************************
    Mas Jerry pas lulus di taruh dimana? Keluar kota?

    ==============================
    Berikut Histori Pelaksanaan Test Rekrutmen CPNS Tingkat Sarjana Depkeu Tahun 2008 :

    ——–
    Pengumuman Pengambilan TPU: 11 Juli 2008
    Pengambilan TPU: 15 Juli 2008

    Pelaksanaan TPA: 30 Juli 2008 (pukul 08.00 s.d 11.15 WIB) [Revisi]
    Pengumuman Hasil TPA: 23 Ags 2008

    Pengumuman Jadwal Psikotest: 10 Okt 2008
    Pelaksanaan Psikotest: 14 Okt 2008

    Pengumuman Jadwal Kesehatan & Kebugaran: 4 Nop 2008
    Pelaksanaan Test Kesehatan & Kebugaran: 11 Nop 2008

    Pengumuman Jadwal Test Wawancara: 18 Nop 2008
    Pelaksanaan Test Wawancara: 24-26 Nop 2008
    Pengumuman Hasil Wawancara: 5 Des 2008

    Penyerahan Berkas untuk usulan CPNS: 19 Des 2008

    **********************************

  17. deyra 06 Oktober 2010 pukul 10:51

    purple : kalau untuk yang tahun ini 2010… kira2 kapan ya pelaksanaan tes wawancara dan hasil final keseluruhan??? makasihh..

  18. Icha Marz 06 Oktober 2010 pukul 11:21

    Wah,, baru ol hari ini ternyata uda di posting,,

    syukron pak atas sharingnya,,

    sangat bermanfaat,,

  19. Icha Marz 06 Oktober 2010 pukul 11:23

    oh iya,, ka jerry,,
    kemarin saya dpt info,, katanya pewawancaranya dari lembaga independen,, kya UI.. bener ga yaa??

  20. purple 06 Oktober 2010 pukul 12:02

    @deyra
    Maaf kurang tau, karena history yang aku tulis itu punyanya Mas Jerry.

  21. feny 06 Oktober 2010 pukul 12:23

    alhamdulillah..thx y mas jerry infonya..
    mohon doanya ya biar wawancaranya lancar.amin

  22. andi SERGAP 06 Oktober 2010 pukul 13:41

    Pelaksanaan Test Wawancara: 24-26 Nop 2008
    Pengumuman Hasil Wawancara: 5 Des 2008

    wow,,,cepat juga hasilnya keluar,,,,,,

  23. dony 06 Oktober 2010 pukul 14:48

    demam panggung..huhuhu

  24. Jerry Ramdhana 06 Oktober 2010 pukul 14:49

    @Ryan, Tarsisia, andi:
    Saya cuma diminta memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris, mungkin pertanyaan untuk peserta lain ada kemungkinan berbeda.
    Ada rekan saya yang mengatakan saat Test Wawancara dia jujur mengakui kepada pewawancara bahwa dia tidak bisa bahasa inggris aktif, lalu pertanyaan tersebut di-skip oleh pewawancara namun dia tetap lulus.

    @deyra: Saya bukan anggota panitia, jadi untuk informasi tersebut maaf saya tidak tau persisnya.

    @Icha Marz: Pewawancara diambil dari pejabat internal Kemenkeu.

  25. Amel Bppn 06 Oktober 2010 pukul 15:43

    sedikit share utk tmn2. kemaren aq baru aja di interview di salah satu hotel bertaraf internasional di kaltim (oleh wakil managing director). walaupun swasta tp gak jauh beda dgn yg disampaikan mas Jerry di atas. cuma ada ada penambahan, misalnya :
    a. Apa kelebihan dan kekurangan anda??

    b. Anda belum punya pengalaman kerja di bidang ini, coba yakinkan saya alasan apa yg membuat anda layak diterima disini?

    c. Pekerjaan disini menuntut keprofesionalan anda, tekanan kerja jg cukup kuat, apakah nantinya anda siap? lalu bagaimana cara anda mengatasi permasalahan2 itu?

    Kurang lebih yg msh aku ingat cuma itu. mudah2an ini bisa menambah referensi utk kita. siapkan jawaban yg bijak dan jujur. karena kalau jawaban kita gak jujur itu katanya bisa ketauan dari sikap dan gerak gerik kita. bener gak sih mas Jerry???

    walaupun dah sering cuap2 didpn microphone n orang banyak tapi Dari sekarang aku ttp latihan bicara (menjawab pertanyaan) didepan cermin, wlau dah kayak orgil ngomong sendirian tp demi depkeu rela deh. ni penting utk melatih percaya diri kita. Ayo semangat temans. oiya ni fb ku, monggo di add klo berkenan jd teman: rina_nixiemelia@yahoo.com :)

  26. andi SERGAP 06 Oktober 2010 pukul 17:05

    salam kenal mbak amel :)
    nice info,,, tips yang bermanfaat,,,
    add fb ku juga ya andi_rahadi_caniago@yahoo.com

  27. Lyen 06 Oktober 2010 pukul 18:32

    purple + mas jer : oke deh…thx infonya….berarti kurang lebih plus minus 7 hari dari tanggal 12 okt yah….oke2.

    mudah2an digampilkeun pas ngajawab ti pewawancarana teh…

  28. Icha 06 Oktober 2010 pukul 18:56

    salam kenal juga mba mel dari banjarmasin,, and trims sharingnya.. hehehe,,

    wah,, bang buser jg ikutan publikasi fb,,hahahaha,,,

    @ Dony,, napa demam panggung don??

  29. yundra 06 Oktober 2010 pukul 19:22

    waaooowwwwww da bhs inggrisnya
    duch bismilah aja lah….
    sukses ya buat semuanya….

  30. Amel Bppn 06 Oktober 2010 pukul 20:23

    @ Andi : lam kenal jg mas Andi. kan klo kita semuanya bisa luluS bnyk yg happy. so… klo punya tips or info bgs seputar wawancara mesti dibagi2. :)

    Icha : wah tetangga propinsi ni, lam kenal jg ya mbak icha.

    @All : jgn lupa nanti pas wawancara, kontak mata dgn pewawancara. kita mesti fokus biar kesannya kita serius dan menghargai si pewawancara. buang malu dan tdk PeDe.ayo… BERJUANG!!!! ;)

  31. Lyen 06 Oktober 2010 pukul 21:01

    tapi aq liat komen2 anak2 yang angkatannya mas jer, katanya ga ada bahasa bule tuh….
    ditanya pke b.inggris itu, klo di cv nya nyantumin, (misal hobi: ngomong alias Cas Cis Cus b. inggris, ato menang kontes miss or mr. b. inggris se kabupaten, de el el…). tapi klo ga nyantumin mah wawancara b.indo aj kan…

  32. Lyen 06 Oktober 2010 pukul 21:04

    tapi ya mudah2an sih…hohohoho

  33. andi SERGAP 06 Oktober 2010 pukul 21:43

    selamat malam semua,,,,
    keeep belajar yaaa :)

  34. dhika 06 Oktober 2010 pukul 23:20

    bang jery..seperti yg abang sampaikan diatas, bahwa ada prtanyaan mengenai alasan memilih ditjen yang kita pilih.
    jujur saya lupa wktu awal pndaftaran dl pernah milih ditjen apa.

    ada cara gak utk mengetahui lg apa yg dulu saya pilih wktu mendaftar?(krn wktu pndaftaran online prtama kali, yg mndaftrakan teman saya.)

    atau teman2 ada yg tahu ditjen apa saja y yang menjadi pilihan utk pelamar dg background pendidikan hukum perdata.?

    trima kasih atas bantuannya…

  35. pepen 07 Oktober 2010 pukul 00:02

    buat @dhika, jurusan yang anda pilih bisa di lihat di baris paling bawah, dari file pdf yang anda download saat pendaftaran,

    buat mas @jerry, thx a lot mas, katanya ada yg di tanya udah punya pacar ato belum yah? mas jerry di tanya tak? kira2 jawaban sperti apa yang baik?

    ada pertanyaan yang menyangkut dengan kemenkeu tak? seperti apa yg anda ketahui tentang sejarah menkeu? atau siapa menteri & wakil menteri kemenkeu saat ini (dah kyk quis, hehehehe..) thx b4..

  36. Angga Budi Hartono 07 Oktober 2010 pukul 00:47

    Saya sangat terbantu dengan posting ini, terimakasih Pak Jerry, saya akan menjalani tes wawancara ini minggu depan, mudah-mudahan diterima ya.

  37. deyra 07 Oktober 2010 pukul 07:49

    iya,, saya juga mau tanya,
    1. apakah ada saat tes wwancara di tanyai juga tentang seputar kemenkeu itu sendiri?
    2. apakah hasil wawancara bisa diketahui setelah tes wawancara langsung? seperti bagaimana tanggapan dari pewawancara.. (hehe).

  38. Jerry Ramdhana 07 Oktober 2010 pukul 09:17

    @deyra:
    1. Jarang sekali ditanyakan.
    2. Tidak.

  39. Jerry Ramdhana 07 Oktober 2010 pukul 09:53

    Guys, ada sedikit update pada artikel Tipsnya yah. Silahkan dibaca ulang.. :D

  40. andi SERGAP 07 Oktober 2010 pukul 10:48

    mantap mas,,,
    aku mau nanya,,, pada saat wawancara,,,si pewawancara itu sambil nulis penilaian? atau penilaian saat wawancara selesai?
    pedoman saat wawancara itu hasil psikotes kita juga? selain cv

  41. Icha 07 Oktober 2010 pukul 10:57

    Makasih byk ka jerry tambahan infonya..

    Ternyata persiapan mental/psikologis dan materi2 yg kemungkinan akan ditanyakan oleh pewawancara bnr2 hrs dilakuin dr skg..Khususnya psikologis itu yg bwt aq agak berat,apalagi blm pnya byk pengalaman..

    Mudah2an nanti qt bnr2 siap dan Allah memudahkan semuanya.. Amin ya Rab..

  42. pepen 07 Oktober 2010 pukul 12:31

    mas jerry, saya mau nanya, apakah di saat kita di wawancara, apa ada kesempatan kita disuruh bertanya ke pada si pewawancara??

  43. Jhon.Q 07 Oktober 2010 pukul 12:49

    Mas Jerry, kita nanti di interview sama brp orang?

  44. ade.s 07 Oktober 2010 pukul 14:13

    jakarta msh bnyk bgt pesertanya msh sekitar 1175 yg ikut wawancar…kalo saya tanya ke teman saya yg sekarang di bea cukai waktu wawancara dia bilang santai..pertanyaan cuma pekerjaan sehari-hari..masalah keluarga..dan motivasi menjadi PNS..ya semoga aja kita bisa lulus…Amin

  45. deyra 07 Oktober 2010 pukul 15:19

    Terimakasih banyak mas Jerry atas jawabannya. maaf saya mengajukan pertanyaan lagi. Kita antara yang diwawancarai sama pewawancaranya itu = 1:1 atau 1:2 atau 2:1 atau berapa? terimakasih…. :)

  46. agamara 07 Oktober 2010 pukul 17:06

    ^
    baca lagi dong paragraf ke-4 yg bener….

  47. ayu hamda 07 Oktober 2010 pukul 19:02

    makasi ya mas. doain aku tenang saat wawancara n lulus.

  48. deyra 07 Oktober 2010 pukul 19:18

    Agamara : OK ! terima kasih. Maksud saya, saya kurang begitu paham terhadap kalimat tersebut.

  49. mudah2an lolos 07 Oktober 2010 pukul 20:17

    dear mas jerry,

    untuk cv selanjutnya, apakah kita diperbolehkan menyisipkan surat2 keterangan seperti sertifikat atau referensi dan sejenisnya? atau kita hanya berdasarkan template yang disediakan dr depkeunya saja?
    kemudian pada saat pemberkasan akhir apabila lolos, bisa dijabarkan tidak berkas2 apa saja yang diminta?

    kerena sejauh pengetahuan saya berkas2 ijazah dari sd sampai kuliah diperlukan, supaya kita bisa mulai menyiapkan dari sekarang (mudah2an lolos)

    terimakasih mas jerry, mohon maaf apabila sudah pernah di tanyakan.

  50. purple 08 Oktober 2010 pukul 00:52

    eee.. gw agak kurang ngerti soal PNS, nanti misalnya kita keterima tuh bakal ngapain aja? Langsung kerja atau penataran dulu ya? Terus soal mutasi tuh gmana?
    Nanya ke semua yang disini.. :)

  51. kichim 08 Oktober 2010 pukul 05:00

    @k jerry:
    kalo pakaiannya, apakah harus kemeja lengan panjang k?
    pas kemaren k jerry gmn? (pake dasi juga?)
    maklum, belum pernah interviewed,..^^;)

  52. elin 08 Oktober 2010 pukul 07:04

    alhamdulillah akhirnya nemu jg blog ini… makasii ya mas jeffry buat infonya.. amat sangat bermanfaat untuk persiapan interview akhir.. =D

  53. andi SERGAP 08 Oktober 2010 pukul 07:20

    @ deyra
    menurut info teman2 yang udah lulus tahun 2008, satu orang akan di wawancarai oleh 2 orang pewawancara :). gk tau kalo tuk tahun ini.

  54. deyra 08 Oktober 2010 pukul 08:04

    andi SERGAP : terimakasih banyak ya mas Andi.. semoga sukses selalu :)

  55. sigit 08 Oktober 2010 pukul 10:20

    info yg sangat bermanfaat ni..
    thanks untuk mas jerry..

    sukses untuk semua peserta wawancara…

  56. beth 08 Oktober 2010 pukul 11:12

    akhirnya dpt juga blog ni… (capek tadi nyari na hihihi)

    bang jery…aq mw tanya neh:

    1. wawancara na di lokasi pilihan ujian kan? (ada yg blg k jkt)

    2. yg wawancara selain internal kemenkeu ada dari psikolog ga?

    3. setelah lulus tes wwncra paen lg bg? n prosesna dimana? (hehehehe biar jadi motivasi utk lulus)

    thx :)

  57. winda 08 Oktober 2010 pukul 13:22

    Good luck semuanyaa….semoga kita semua diberi kemudahan, dijauhkan dari segala kesulita, dan dimudahkan lisannya.
    amiin

    Mas Jerry, makasiy banyak buat infonyaaa….^_^

  58. dony 08 Oktober 2010 pukul 22:27

    @all..amien,smoga lulus smua !! Tuhan Memberkati

  59. Icha 09 Oktober 2010 pukul 03:16

    @ winda..Amiin..

    Semoga doa qt diamini malaikat2 dan Di ijabah sm Allah..

    Amin ya Rab..

  60. arisetha 09 Oktober 2010 pukul 06:25

    mo nanya neh mas…….
    kira2 gaji di depkeu berapa ya ketika pertama kali masuk……
    (maaf neh coz butuh banget infonya )

    oh ya trus denger2 neh…..dari temen, katanya pas baru ketrima kan prajab-nya di jakarta…..nah katanya cuma dkasih uang transport kurang dari 1 juta/bulan…..
    itu dapet kaya tempat tinggal/mess gitu g…ato harus nge-kost sendri…….
    butuh banget infonya,coz di jakarta semuanya mahal palagi klo ngakost sendri…..makasih….mohon tanggapanya

  61. Lyen 09 Oktober 2010 pukul 08:41

    oh iya….temen2, mw tanya neh….knp tmn2 milih pilihan1:X
    knp milih pilihan 2:y
    soalnya kmren aq milih pilihan1 sama milih pilihan 2, ya soalnya aq mikirnya disitu yg paling banyak jurusan aku…
    klo tmn2 gmn?

  62. dimaz 09 Oktober 2010 pukul 09:11

    wuih Jer, yang nanya banyak bener :D
    kubantuin jawab beberapa ya.

    proses setelah wawancara adalah penerimaan. pas taun 2009 kemarin selisihnya cukup singkat antara pengumuman dan pendaftaran ulang, jadi siapkan diri Anda, seingat saya daftar ulang di eselon 1 masing-masing (misal di DJP, DJBC, DJKN, DJA, Sekjen, Itjen, dll). Tentu saja yang menentukan di mana Anda ditempatkan adalah murni hak kemenkeu.
    Untuk penempatan, bisa jadi Anda ditempatkan tidak sama dengan yang Anda pilih waktu pendaftaran kemarin, dan memang kebanyakan begitu. bahkan ada teman saya yang tidak memilih eselon 1, tetap lulus :D

    setelah daftar ulang dulu ada semacam inisiasi dari kemenkeu 1 hari, dari masing2 eselon 1 hari. setelah itu untuk yang masuk DJP akan ada kegiatan magang selama sekitar 7 bulan. nanti akan ada pilihan penempatan magang, jadi jangan ditunda-tunda untuk mengisi pilihan magang supaya dapat tempat yang bagus (dulu via internet).

    masalah gaji.
    masa-masa cpns memang pedih. satu bulan kita dapat 900ribu, tapi sebelum itu cair, kita juga masih harus menunggu alias belum dapat apa-apa, kalau nggak salah sekitar 4 bulan. setelah itu dirapel dan berikutnya teratur 900ribu. oleh karena itu silakan siap-siap dana ekstra untuk hidup 1,5 tahun ke depan.
    setelah beberapa bulan, gaji cpns kita akan cair menggantikan 900ribu. kalau gol 3A sekitar 1,2 kalau tidak salah :D
    kemudian setelah menunggu sekian lama barulah tunjangan kita dibayarkan. berapa nominal tunjangan? silakan tanyakan pada yang berhak memberi informasi :)

  63. dimaz 09 Oktober 2010 pukul 09:26

    btw aku ngga dapet pertanyaan dalam bhs inggris :D
    waktu itu wawancaranya nyantai aja, ngga usah tegang. anggep aja lagi cerita sama teman-teman.
    yang jelas waktu itu pewawancaranya sama sekali nggak menghakimi, hanya menanyakan seputar diri kita, seakan-akan ingin tau lebih jauh tentang diri kita.

    yang penting jujur aja, ngomong apa adanya.

    btw kita dulu diwawancarai 2 orang, sedang kita sendirian.

  64. deyra 09 Oktober 2010 pukul 10:48

    terimakasih banyak mas dimas atas semua info yang telah diberikan. Ini sangat bermanfaat sekali buat kita2 yang mau tes wawancara ini… doakan ya.. ^.^

  65. om gan 09 Oktober 2010 pukul 12:13

    @ dimaz : mas mau tanya, ane kan dari Jurusan Teknik Sipil, apa nanti begitu kita kerja di Kemenkeu kerjaan kita tetap yg berhubungan dengan Teknik Sipil seperti pembangunan gedung baru Depkeu, atau tetap berhubungan dengan Keuangan?

  66. wawan 09 Oktober 2010 pukul 14:25

    @bro dimaz: mau tanya daftar eselon I itu maksudnya apaan ya? bukannya klo sarjana awal jd pns itu golongan 3a dan berada di eselon 5. bukannya eselon 1 itu yg udah tinggi2 jabatannya??? bingung nih…..

    klo yg laen tau, bantu jawab jg yah :)

    oh ya, kok gajinya 900rb sih? waaaa….ane yg kurus jd tambah kurus nih… :'(

    @om gan: aq kmrn dikasih tau sama seniorku(jur sistem informasi/ IT) yg ketrima di depku 2008 lalu klo ilmunya ga dipake, malah harus belajar keuangan… :'(

  67. dimaz 09 Oktober 2010 pukul 16:34

    @Jerry.
    ijinkan saya ngejunk lagi di blog sampeyan. soalnya blog ane lagi nggak banyak kunjungan :P

    @om gan
    bekerja di lingkungan birokrasi tidak selalu menyenangkan.
    kita harus mau ngerjain apapun, suka atau tidak, itulah pilihan kita. oleh sebab itu saya sudah tekankan di komen saya yang di atas-atas, jangan masuk depkeu hanya karena renumerasi. takutnya Anda kecewa, seperti dialami banyak sekali teman saya, terhadap pekerjaan yang diberikan oleh atasan maupun instansi yang tidak sesuai dengan background ilmu.
    saya harus jujur pada Anda, om gan, selama bekerja di DJP saya tidak melihat satu pekerjaan pun yang berhubungan dengan teknik sipil. segala pembangunan gedung baru ataupun hal-hal berbau konstruksi akan diserahkan pada vendor. itu yang saya lihat selama setahun ini, kalau di eselon 1 yang lain ataupun di bagian lain saya kurang tahu. tapi perlu dicatat bahwa saya juga anak bawang di kemenkeu, bisa jadi Anda akan mendapat tempat bagus yang sesuai dengan kemampuan Anda.

    tapi bersiaplah untuk belajar banyak hal baru. bersiaplah menerima bahwa jadi pns kadang membosankan, melelahkan, dan mungkin tidak sesuai dengan apa yang kita idam-idamkan.

    @wawan
    hmm… bingung dengan istilah eselon yak? maafkan saya :)
    yang jelas, yang dimaksud eselon 1 adalah organisasi setingkat direktorat jenderal semisal DJP, DJA, DJBC, Bapepam/LK, dll. nah, eselon 2 itu di bawah eselon 1, yakni setingkat direktorat dan kanwil (untuk DJP, DJBC, dll). eselon 3 setingkat kantor (misal KPP), sedang eselon 4 itu setingkat seksi (misal seksi pelayanan).
    nah, kita ada di mana nantinya? jadi pelaksana yang ada di bawah eselon 4.
    bingung? gpp, nanti juga lama-lama paham :D

  68. Jerry Ramdhana 09 Oktober 2010 pukul 16:45

    Mau jawab juga ahhh.. :D

    @om gan:
    Makanya pas wawancara akan ditanyakan bersedia atau tidak jika nantinya bekerja jauh dari background pendidikan. Ini bukan becanda, tapi emang serius nantinya bakal terjadi. Siap? ;)

    @wawan dan semua yg menayakan gaji:
    Harap bedakan antara gaji dan tunjangan. Saya hanya mau diskusi masalah ini kalau nanti Anda sudah dinyatakan lulus. Ok? He he he

    @dimaz:
    Aku minta tolong kesediaannya yah untuk bantu ngasih jawaban, saran, tips, dll buat temen2 disini. Tengkyu bos.. *wink..wink..

  69. beth 09 Oktober 2010 pukul 18:29

    mas dimaz/jerry’

    sebaiknya pas disuruh menceritakan ttg diri kita sebaiknya apa ja yg perlu dbritau/ thx :)

  70. balqi 09 Oktober 2010 pukul 19:02

    @kk Jerry
    numpang ctrl D ya kk..siap2 wawancara jg saya..cari referensi sebanyak2nya

    @all
    mudah2an yg mau tes juga kita sama2 lulus..amiiiinn

  71. om gan 09 Oktober 2010 pukul 19:59

    @ wawan, mas dimaz, mas jerry, = makasih buat jawabannya :)

  72. dimaz 09 Oktober 2010 pukul 20:21

    tunjukkan bahwa Anda orang yang tepat untuk direkrut, yang memiliki kejujuran dan integritas yang tak tergoyahkan, teamwork yang bagus, mau belajar dan bekerja keras, dan bersedia ditempatkan di mana saja :D

    poin terakhir itu yang paling sulit T_T

    tapi seandainya menurut Anda jadi PNS itu panggilan hidup, sebagai sebuah cara untuk mengabdikan diri pada negara, sebagai langkah nyata untuk berkontribusi pada reformasi negeri ini, sebagai ibadah, sebagai tempat mencari nafkah yang halal, teruslah maju! saya mendukung Anda.

  73. dony 09 Oktober 2010 pukul 20:48

    @mas dimaz..bgung nih klo ditanya alasan memilih pilihan 1 & 2 yg kita pilih dlu..cz jujur dlu q awalnya cm iseng tuh pilih2..enaknya jwb apa y.. :(

  74. Lyen 09 Oktober 2010 pukul 22:13

    @dony:sama don….ku juga bingung neh…..apaan yak jawabnya?
    masa tar, ku jawabnya dengan senyam-senuyum aja…..hehehe

    mas dimaz sm mas jer….minta help nya yak….hehehe

  75. beth 09 Oktober 2010 pukul 22:51

    thx ya mas infonya..

    moga aku lulus amin.

  76. eko 10 Oktober 2010 pukul 01:50

    kalo di Ditjen Pajak, rotasi tiap berapa tahun sekali? 5th? sampe kpn di rotasi? ampe udh tuir ya?

  77. yoyo 10 Oktober 2010 pukul 05:51

    mas dimaz/jerry: kalo pas daftar dulu untuk pilihan eselonnya aq tidak ada pilihan apa masih ditanyain ya soal kenapa ga milih gt?!soalnya jujur dl pas daftar aq ga tau apa2 tentang eselon 1 di kmenkeu..:-D

  78. dony 10 Oktober 2010 pukul 07:04

    @Lyen dan yg pada bgung…huhuhu kt punya masalah yg sama..amo dunk mas jerr/dimaz ksih pencerahan sdikit!! :(

  79. dimaz 10 Oktober 2010 pukul 07:07

    kebetulan dulu saya enggak ditanyai soal eselon 1 yang saya pilih. dan seperti yang sudah saya tulis di atas, ada teman yang enggak milih eselon tetap keterima.

    nggak tau apa-apa tentang eselon 1 kemenkeu? wajar kok, dulu saya juga gitu :)
    bahkan sampai sekarang mungkin saya nggak hafal seluruh nama eselon 1 kemenkeu :D

    banyak orang bilang rotasi Ditjen Pajak sampai saat ini tidak berpola. bisa 3 bulan mutasi, 1 tahun, dan 2 tahun.
    maka dari itu saya tekankan untuk menyiapkan diri Anda hidup jauh dari keluarga sedari sekarang.
    saya katakan ini bukan supaya Anda ciut nyali, tetapi supaya Anda benar-benar siap menghadapi kenyataan seandainya segala sesuatu tidak berjalan sesuai keinginan Anda.

    sampai kapan dirotasi? sampai pensiun. tidak ada posisi yang aman dari rongrongan mutasi di DJP :D

  80. Putri 10 Oktober 2010 pukul 08:40

    Terima kasih buat info2nya mas … sangat membuat saya semakin siap mentap untuk maju ke depan….. Wish the best 4 us ….

  81. dedi 10 Oktober 2010 pukul 08:52

    Mas, jer…
    waktu tes wa2ncara 2008…sluruh indo brp yg ikut n brp yg lolos?

  82. andhika 10 Oktober 2010 pukul 11:08

    Mas Jerry / Dimaz,
    Apakah selama menjadi cpns kita sudah mendapatkan renumerasi/tunjangan?
    atau hanya dapet gaji pokok yang 900 rb itu?

  83. dimaz 10 Oktober 2010 pukul 16:19

    @dedi
    dulu kalo nggak salah sekitar 1900-an orang.

    @andhika
    wah pertanyaannya udah jauh dari topik nih :)
    fokus ke wawancara aja dulu, ntar kalo udah lolos baru kita ngobrol lagi. ya nggak Jer? :D

  84. deyra 10 Oktober 2010 pukul 16:47

    mas dimaz… cpns kemenkeu itu satu tahun sekali atau dua tahun sekali sih??
    mas dimaz n mas jerry baik sekali disini… asyik2…makasiihh

  85. wawan 10 Oktober 2010 pukul 18:10

    ada gak ya joki interview.. :p

  86. dimaz 10 Oktober 2010 pukul 18:25

    @deyra
    cpns kemenkeu untuk s1 dan s2 tidak ada jadwalnya. berhubung sekarang ini sedang butuh, maka ada rekrutmen besar-besaran yakni 2008 dan 2010.

    fyi, cpns s1 dan s2 sebelum 2008 adalah tahun 2002.

    @wawan
    joki? semoga tidak ada.

    yang jelas, jangan lupa berdoa :)

  87. dee 10 Oktober 2010 pukul 19:21

    mas dimaz n mas jerry, ntr tu pwawancara nya dari internal kemenkeu smua ato slh 1 nya dari psikolog??

  88. Jerry Ramdhana 10 Oktober 2010 pukul 19:47

    Kok malah ribut nanya gaji?
    Di thread Tips&Trik yang sering mbahas gaji malah gak lolos test lho. Coba aja cek klo gak percaya..he he he.. *moga gak terjadi disini lah ya.. ;)
    Oiya, untuk pertanyaan tentang pilihan1 dan pilihan2 ya jawab aja sesuai pengetahuannya. Klo memang tidak tahu sama sekali ya jujur saja, karena itu bukan pertanyaan primer jadi sepertinya tidak masuk penilaian. Saya dulu njawab ngasal juga, karena temen2 saya sudah banyak kerja disitu dan saya pengen gabung dengan mereka..he he he..

  89. Ina 10 Oktober 2010 pukul 20:01

    Mas Jerry + Mas dimaas…

    Ina mw nanya:
    1. Misalnya saya dit4kn di kota X. Namun stlh jd pegawai saya menikah dgn ssorang yg brdomisili di kota Y.
    Apkh saya diperbolehkan pindah k kota Y dgn alasan ikut suami?

    2. Jika boleh, apakah boleh pindah antar dirjen?
    Misal: saya di t4kan di BapepamLk yg hanya ada di Jakarta. Lalu, saya menikah dgn org medan. Yg sy ketahui, di medan hanya ada Dit. Pajak & Bea cukai. Apakah saya bisa pindah dr Bapepam LK ke dit. Pajak?

    3. Dgn alasan ikut suami tsb, apkah ada kemungkinan saya tidak akan dimutasi? (jika saya & suami sdh brada di 1 kota)

    Jawaban dr Mas Jerry & Mas Dimas sgt saya nantikan.

    Trimakasih… =)

  90. dimaz 10 Oktober 2010 pukul 21:10

    @mbak Ina
    itu adalah pertanyaan yang banyak ditanyakan, bahkan oleh pegawai senior kemenkeu.

    setahu saya sih ada kemungkinan pindah kalau sesama eselon 1, itu pun prosesnya sulit dan lama.
    kalau antareselon bisa jadi lebih sulit dan lebih lama, dan saya sendiri belum pernah dengar kasus seperti itu, karena setiap eselon memiliki spesifikasi tersendiri. untuk jadi pegawai DJP harus lulus diklat ini-itu, jadi pegawai eselon lain mungkin juga ada persyaratan tertentu, yang tentunya jadi halangan seseorang untuk berpindah eselon.

    alasan ikut suami setahu saya tidak membuat seseorang lepas dari kemungkinan dimutasi (untuk di DJP, eselon 1 lain saya kurang paham).

    dilema? begitulah. saya juga ngerasa, merantau di kota lain tanpa ada sanak saudara memang berat. sungguh berat. (beda dengan dirimu ya Jer, nikmat kali kau tinggal di rumah sendiri :D)

    oleh karena itu, sekali lagi, tidak bosan-bosannya saya katakan bahwa jangan jadikan gaji renumerasi sebagai alasan utama Anda masuk kemenkeu, sebab ada harga yang harus Anda bayarkan, setimpal atau bahkan lebih berat daripada yang Anda terima.
    apabila Anda kurang yakin dan tidak bisa menerima kebijakan mutasi yang ada, saya percaya di luar kemenkeu akan ada banyak sekali peluang yang bisa Anda dapatkan. percayalah.
    tapi seandainya Anda merasa terpanggil menjadi bagian dari reformasi, mari bergabung bersama kami.

    @jerry
    wah ane udah mbahas gaji. maapkan daku :D

    @all
    cmiiw kalau ada yang salah ya :)

  91. Lyen 10 Oktober 2010 pukul 22:40

    oh jadi untuk pilihan 1 sama pilihan 2, ga ada penilaian khusus yah jawabnya mau gmn juga….oke deh

    @mbak ina:yah klo misalnya mbknya di kota x, suaminya di kota y, ya sudah, cari rumah ato bertemunya pertengahan antara kota X dan kota Y, iya ga mas dimaz??hohohoho

    seminggu lagi wawancara, ayo mari kita semangat…
    dukung kami ya mas dimaz, mas jer…..

  92. Lyen 10 Oktober 2010 pukul 22:42

    tapi omong-omong, emg mas dimaz udah brp kali mutasi?
    trus dimutasiin kmn?

  93. Amel Bppn 11 Oktober 2010 pukul 06:45

    hayo… hayo… mantapkan lagi niatnya utk jd pns kemenkeu. siapkan diri dgn maksimal utk tes wawancara.

    setuju dgn mas Jerry, jgn ngomongin soal gaji dll dulu skrg krn bisa bikin kita gak fokus utk tes terakhir. siapkan jawaban terbaik kita aja utk nnti. mudah2an Tuhan melihat betapa kerasnya usaha kita utk bs lulus dan mengabdi pd negara, hingga akhirnya pertolonganNya itu datang. Amin…

    @ mas Jerry/ mas Dimaz : ada gak pertanyaan dr pewawancara ttg profil depkeu, misalnya aja kpn hari keuangan nasional?? atau apa itu kemenkeu??? thankz

  94. Jerry Ramdhana 11 Oktober 2010 pukul 06:52

    @dimaz:
    Curcol ya? ;) Santai boss, ntar promosinya lebih cepet ente yang di pusat daripada ane yang di daerah..he he he..

    @all:
    Untuk masalah mutasi/penempatan sebaiknya santai aja lah ya. Anggap aja kita dikasih kesempatan gratis (bahkan dibayar lebih) untuk menjelajahi nusantara.
    Setahu saya seandainya Anda bekerja di perusahaan nasional seperti Indosat, Telkom, Telkomsel, Pertamina, dsb juga sama disyaratkan bersedia ditempatkan dimana saja.
    So, sami mawon kata orang jawa mah. Bismillah aja, jangan sampe jadi ganjalan pas wawancara nantinya. Woke? ;)

  95. Jerry Ramdhana 11 Oktober 2010 pukul 06:55

    @Amel: Aku gak dapet pertanyaan tentang itu tuh. Gak tau klo rekan lain. Dimaz gimana?

  96. andi SERGAP 11 Oktober 2010 pukul 08:30

    selamat pagi semua,,,,
    hm,,, kalo aku pribadi kalo di tanya penempatan,,siap di mana ajah,,, di papua sekalipun, krn aku pernah tinggal di papua selama 4 tahun hehehe…
    salma sergap…

  97. tiara 11 Oktober 2010 pukul 08:41

    @kak jerry/kak dimas: ada pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan kita g?

  98. Ina 11 Oktober 2010 pukul 09:10

    @mas dimas:
    Makacii mas ats inpo nya…
    Bismillah…

    @Lyen:
    Hohho, iya juga ya mbak…
    Saya blm menikah, bhkn blm kepikiran…
    Tp saya blm siap jika suatu saat nnti hrs mngalami “pernikahan jarak jauh”, hihhi…

    @mas Jer:
    Bener tu mas…
    Makaci ya mas…
    Hayooo cemangaad inaaa!!!
    Yeeaachh!!

    @all:
    Kudu positif thinking yah…
    Cemangaaaaad!!!

    ^_^

  99. purple 11 Oktober 2010 pukul 09:41

    aku pengen tau reformasi apa yang dilakuin depkeu di masyarakat, misalnya jalur birokrasi atau lain2 gitu? Soalnya minim informasi soal depkeu nih..
    Baca situs reformasi depkeu juga masih kurang, banyak hal yang ga ngerti.

  100. purple 11 Oktober 2010 pukul 09:55

    aku pengen tau reformasi apa yang dilakuin depkeu di masyarakat atau layanan publik, misalnya jalur birokrasi atau lain2 gitu?

  101. Amel Bppn 11 Oktober 2010 pukul 09:59

    @purple : klo menurutku contoh reformasi depkeu utk masyarakat adalah bidang pelayanan, ex : pelayanan pajak. kan skrg lbh mudah tuh dibanding dulu. dari pengisian SPT ampe t4 bayar pajak yg udah ada dmna2 kyk di mal2. DJP jg sosialisasinya udah max, baik di TV, radio dll. itulah slh 1 bntuk reformasi birokrasinya (i think). :)

  102. purple 11 Oktober 2010 pukul 10:09

    mbak Amel
    oh gitu… iya soalnya untuk kita yang ke kantor pajak setahun sekali suka ga “ngeh”, apalagi termasuk junior di dunia pekerjaan :).

    Kalo iklan “hari gini ga bayar pajak? Apa kata dunia?” Termasuk reformasi kah di depkeu?

    Boleh tau ga mbak Amel kerjaannya apa? Buat sekedar bayangan aja agar saya tau seperti apa itu depkeu.

    Thx

  103. purple 11 Oktober 2010 pukul 10:17

    aduh maaf, salah sangka, ternyata mbak Amel juga peserta kayak saya yah.. Hehehe..

  104. esi 11 Oktober 2010 pukul 10:19

    @mas jerry n mas dimas: makasih byk infonya..sangat bermanfaat :)

    @tiara: iy say aq juga kepikiran itu mulu,bingung mw jwb paan? hehe..

  105. Amel Bppn 11 Oktober 2010 pukul 12:35

    @purple : xixixixi…. dikirain tmn mas Jerry n mas Dimaz dr depkeu ya?? :p. tapi mudah2an nnti bs jd rekan kerjanya. Amin….. *ngarep bgt*

    @Esi : me too… klo kelebihan dgn mudah kita mengakuinya, tp klo kekurangan haduwww… pasti pd takut mo nyebutin. takutnya jd point minus :(. hikzz… mas Jerry n mas Dimaz bantuin jawabnya ya. ;)

  106. lala 11 Oktober 2010 pukul 14:00

    mo menanyakan mengenai informasi yang cukup berpengaruh dalam pilihan karir saya kelak di kemenkeu (tentunya kalo diterima yah gaan..)

    1. @Bang JERRY dan Bang Dimas: ketika awal pendaftaran, pilihan pertama dan keduanya apa (untuk penempatannya)? dan sekarang bekerjanya di yang mana??

    2. @Bang JERRY or Bang Dimas: Adakah cara tips ato trik (sejauh pengalaman dan sepengetahuan agan2 yang sudah menjadi abdi negara ini tentu saja) supaya ketika kita pantas lulus dan layak lulus, kita juga berhasil dapet sesuai dengan pilihan pertama kita (mungkin dari salah satu jawaban pertanyaan wawancaranya misalnya) ??

    3. @Bang JERRY dan Bang Dimas: Adakah pertanyaan mengenai alasan ingin pindah dari perusahaan yang sekarang untuk bekerja ke kemenkeu??

    jawabannya akan sangat membantu saya dalam mencoba menghadapi wawancara yang jadwalnya baru akan diumumkan malam ini..

    TRIMAKASIH BUANYAK untuk agan2 yang dengan murah hati dan tanpa pamrih bersedia membantu kami calon2 juniornya…

  107. winda 11 Oktober 2010 pukul 14:02

    duuh…jadi ciut niy kalo ternyata emang harus jauh dari keluarga saat penempatan…T_T

    semoga diberi yang terbaik….amiiiiin

  108. esi 11 Oktober 2010 pukul 15:07

    @amel Bppn: iy..tar pas nyebutin kekurangan,trus dtanya lg knpa bisa begitu..halah2..tambah pusing mw jwb pa? hehe..

  109. Tarsisia 11 Oktober 2010 pukul 18:05

    Kurang lebih 7 jam lagi menuju pengumuman tempat test dan jadwal wawancara… semoga diberikan yang terbaik..
    Amin.. ^0^

  110. dimaz 11 Oktober 2010 pukul 18:12

    @lala
    1. dulu saya milih setjen dan itjen. tapi masuknya DJP.
    2. nggak ada :D. saya sendiri nggak tau mreka milihnya gimana.
    3. ada. kalau Anda sekarang sudah bekerja tentu akan ditanya kenapa pindah dari tempat lama dan mendaftar pns.
    saya sendiri nggak tau jawaban wawancara seperti apa yang disukai pewawancara :D

    @winda
    berdoa saja :)

    @tiara
    pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan? nggak inget saya :D

    yang jelas, tahap wawancara ini saya rasa yang paling ringan di antara saringan yang ada. saya dulu juga dapat pewawancara yang enak diajak ngobrol. so, jangan dibikin berat. berdoa saja supaya dapat yang terbaik. :D

  111. dimaz 11 Oktober 2010 pukul 18:20

    @Tarsisia
    tempatnya di kantor-kantor lingkungan kemenkeu kok :)
    bisa di DJP, DJBC, atau eselon 1 yang lain.
    kalau Jogja letaknya di Kanwil DJP DIY lantai atas. enak tempatnya, adem :P

    oh ya satu lagi.
    datanglah sepagi mungkin sesuai jadwal Anda, supaya Anda akan diwawancarai lebih dulu. (itu manjur di tahun 2008 :P)
    mungkin Anda sudah memetik pelajaran dari seleksi kesehatan lalu. first come, first served :D
    tapi siapa tahu di 2010 ini sistemnya berubah.

  112. franco 11 Oktober 2010 pukul 19:52

    mat kenal semua..
    wah ternyata ketambahan satu lagi narasumbernya,makasih ya mas dimas..
    kalo boleh tau mas dimas dari jurusan apa kuliahnya?
    trus dari 1700an formasi yg tersedia, bgmn alokasi tiap2 dirjen (khususnya DJP dan DJBC dan setjen)
    satu lagi mas2, kan yg wawancara nanti adalah user yg notabene dari Ditjen2 (bukan psikolog), berbeda dg interviewer perusahaan swasta (HRD/psikolog) yg kerjaan sehari2nya memang sudah sering melakukan proses wawancara. tanpa bermaksud meragukan kompetensi interviewer kemenkeu (karena mas Jerry dah pernah bilang beliau2 ini sudah terlatih), namun saya ingin tau apakah mereka sama jelinya dalam menilai kandidat (dibanding HRD swasta), mengingat seleksi CPNS kemenkeu kan baru tahun 2008,2002,dan 1998 (kalo g salah mengutip)??
    demikian pertanyaan awal saya, sangat diharapkan jawaban Mas Jerry dan Dimas..

    regards

  113. Lyen 11 Oktober 2010 pukul 19:55

    all: mari temen2,mendingan kita sekarang lebih fokus ke wawancara ajah…
    semangat……kita mesti yakin apapun jawaban kita, itulah jawaban terbaik yang bisa kita berikan.

    God Bless us.

  114. Jerry Ramdhana 11 Oktober 2010 pukul 20:11

    @franco:
    Justru karena para pewawancara bukan dari HRD swasta, makanya proses interview jadi lebih asyik. Gak perlu tegang dan ga ada tekanan lah ya. Soal kejelian itu kan masing2 individu, tapi udah baca testimoni mas Dimaz kan gimana proses wawancaranya? Take it easy aja ya. ;)

    @All:
    Oiya, ada satu problem lagi yang sering jadi killer bagi peserta, yaitu “Over Nervous”. Dijamin gak bakal selamat deh klo gak bisa ngatasi kondisi yang satu ini. So, berusahalah belajar menahan emosi dan tekanan psikologis saat wawancara. Pintar2 lah membawa diri agar merasa nyaman. Jika tidak? Yo wes lah..anggap aja game over.. :)

  115. wawan 11 Oktober 2010 pukul 20:55

    …So, berusahalah belajar menahan emosi dan tekanan psikologis saat wawancara….

    bro jerry, ko bisa gitu? emang nanti kita ditekan psikologisnya trus dipancing2 sampe bikin kita emosi gitu?

    katanya bro dimas santai aja tuh???

  116. dimaz 11 Oktober 2010 pukul 21:15

    @franco
    tentang saya tidak penting, nanti setelah thread wawancara ini usai saja, semoga bang Jerry berkenan membuat thread ramah tamah :D
    alokasi tiap eselon 1 untuk 2010 saya kurang tahu.

    untuk lebih memantapkan komentar bang Jerry.
    terus terang, wawancara di depkeu adalah wawancara kerja paling menyenangkan yang pernah saya alami :D
    tips-tips sederhana:
    – datang lebih awal supaya tidak tergesa-gesa
    – ajak kenalan sesama peserta, 50% peluang Anda akan bertemu mereka lagi bila Anda lolos, ngobrol secukupnya sekedar melepas ketegangan dan membantu mengembangkan senyum di wajah Anda.
    – sapalah panitia dengan tulus, karena mereka telah bekerja keras untuk Anda dan berhak mendapat senyum Anda.
    – nggak usah terlalu kaku pada pewawancara, dinikmati saja tanya jawabnya. kalau nanti Anda diberi waktu untuk bertanya, silakan bertanya.

    kalau yang lain saya yakin Anda bisa melaluinya dengan mudah. toh Anda sudah bisa lolos sampai sini, interview is just a piece of cake :D

  117. tiara 11 Oktober 2010 pukul 21:35

    @kak jerry and kak dimaz:makasih banyak buat tips,saran,masukan selama ini…sekali lagi kami mohon doanya ya,supaya diberi kelancaran n tentunya ga grogi….

  118. dimaz 11 Oktober 2010 pukul 21:39

    @wawan
    mungkin maksud bang Jerry adalah emosi dan tekanan psikologis yang muncul dari dalam diri kita karena terlalu grogi.

  119. franco 11 Oktober 2010 pukul 21:48

    @mas dimas: ah sampeyan merendah aja.. :)
    padahal saya nanya utk mengetahui hubungan jurusan dg ditjen tempat mas bekerja, apakah yg di DJP kebanyakan mengambil dari akuntansi atau gmn, apa persentasi jurusan akuntansi yg di DJP jauh lebih banyak ketimbang jurusan2 lain? (namanya aja kementerian keuangan, jd lbh btuh lulusan2 akuntansi, keuangan gitu pikir saya..)

    kalo soal wawancara sy terus terang selama ini sudah mengikuti lebih dari 10x wawancara tp belum ada yg lolos, jdi sy merasa perlu persiapan sematang2nya agar this could be my last job interview gitu..

  120. dimaz 11 Oktober 2010 pukul 22:20

    @franco
    tahun 2008 depkeu memang mayoritas mengambil jurusan ekonomi – akuntansi, lebih dari separuh kalau tidak salah.
    sekitar 200-an orang jurusan IT, beberapa ratus jurusan hukum, sisanya dari jurusan lain.
    Anda punya modal pengalaman yang sangat banyak dalam hal interviu, semoga sukses kali ini.

    @tiara
    sama-sama :)
    saya ini cuma numpang nyepam di blognya bang Jerry :D
    sukses buat Anda!

  121. franco 11 Oktober 2010 pukul 22:58

    @mas dimas: AMIIINN… (padahal pengalaman interview sih banyak, tp pengalaman lolos interview lum ada.. :D )
    ok tengs jawaban mas dimas n jerry..

  122. Ardi 11 Oktober 2010 pukul 23:47

    Assalamu’alaikum wr wb..
    Selamat malam semuanya..

    Saya merasa sangat terbantu dengan blog serta semua diskusi di sini.. terima kasih kepada
    teman2 semuanya yg bersedia meluangkan waktu untuk berbagi dengan kami semua..

    Untuk mas Jerry dan mas Dimas terima kasih banyak, semoga Allah Azza wa Jalla membalas kebaikan mas-mas semua dengan mempermudah segala urusan mas-mas sekalian berkali lipat lebih dari yang diberikan mas kepada kami (khususnya saya) seperti saat ini..

    terima kasih,
    Wassalamu’alaikum wr wb.. :D

  123. danu 12 Oktober 2010 pukul 00:15

    Mas Jerry/Dimas

    udah donlot template untuk DRH, itu ngisinya diketik atau ditulis tangan yah??

  124. widie 12 Oktober 2010 pukul 00:35

    Selamat malam teman temin.. Sudahkah anda melihat situs ppspns.depkeu?
    Sy dpt jdwl hari senin, di kantor pusat pajak gatsu jakarta.. Cu there.. Bismillah, smoga lancar..

    Buat jerry empunya blog dan dimaz, 4 jempol buat anda..

  125. wawan 12 Oktober 2010 pukul 00:47

    thanks bro dimasz….

    ah mayan dapet tgl 20(hari rabu) sesi ke-2…bisa belajar dari temen2 yg tes tgl 18-19 nih.. :D

    oh ya, ini boleh full ketik komputer ya? (kecuali ttd)…soalnya tulisanku jelek banget nih kyk ceker ayam… :p

  126. dony 12 Oktober 2010 pukul 00:58

    haduw…bingung ne ngisi kolom prestasi…secara q blum pnah dpt prestasi yg bs dibanggakan slama nie..msak jd best guitar waktu ikut lomba band mw dicantumin..jd ngrasa kecil hati :(

  127. Ratih 12 Oktober 2010 pukul 01:06

    iyah nie bingung masalah prestasi,contohnya prestasi seperti apa yah…ada yg punya gambaran gak ? trs kita cuma bikin daftar riwayat hidup aja kan, gak bikin surat lamaran… ? mohon pencerahannya…

  128. dony 12 Oktober 2010 pukul 01:09

    @ratih..pasti td liat form DRH nya lgsung lemes y,sama kyak aq..lg bgung ne :(

  129. Ratih 12 Oktober 2010 pukul 01:15

    @ dony : iyah don,aq gak punya prestasi apa2… :-( mau ngisi apa yah…masa semuanya gak diisi, pengalaman kerja juga gak punya…hihihi kosong melompong ntar DRHku..kursus juga diliatnya 4 thn terakhir,waduhh…trkhr kali kursus kan SMA, trs pengalaman organisasi juga 4 thn trkhr, aq waktu kuliah juga gak ikut organisasi,trkhr organisasi jg SMA..huaaaaa….confused…

  130. Ratih 12 Oktober 2010 pukul 01:17

    @ all : aq kebagian wawancara di jogja yg tgl 19 oktober, sesi III, ada yg sama gak tmn2 disini ?

  131. dony 12 Oktober 2010 pukul 01:21

    @ratih..aq yg rencana mw dikosongin pengalaman organisasi ma prestasi :( .klo pgalaman bekerja aq ada,tp cm 4 bln ne q bru kerja.Tih punya fb g?

  132. Ryan 12 Oktober 2010 pukul 01:51

    Mas Jerry dan Mas Dimas…

    1. Apakah kuota TI memang 200an ya? soalnya dari jurusan saya saja T.Informatika sudah 390 orang, belum jurusan TI yg lain. Jadi takut nih.

    2. Apakah ijazah SD-Sarjana & sertifikat dibawa pas wawancara?

    3. Kalau kerja praktek & kerja sampingan pas kuliah itu dimasukkan di riwayat pekerjaan tidak ya?

    4. “Kemampuan di bidang teknologi/komputer yang dimiliki” contohnya seperti apa ya?

    5. “Hal-hal lain yang menambah nilai pada diri Anda (contoh : prestasi, penguasaan keahlian tertentu dll)” contohnya seperti apa ya?

    Terima kasih mas… smoga saya diterima… :)

  133. beth 12 Oktober 2010 pukul 02:15

    teman2 ntar tulis pake tangan ato kom ja??

    aq tgl 20 sesi 4…. lama ya

  134. tiara 12 Oktober 2010 pukul 05:01

    @RATIH : q juga dpt tgl 19 sesi ke-4…sampai ketemu di sana ya…

  135. dimaz 12 Oktober 2010 pukul 05:04

    @dony, ratih
    kenapa bingung? tinggal isi aja kan? :)
    menurut Anda, apakah kemenkeu butuh orang-orang yang sarat prestasi?
    best guitar? nggak semua orang bisa main gitar loh, apalagi Anda jadi yang terbaik :)
    kalo nggak salah ada teman saya yang memang nggak punya pengalaman organisasi, tetap masuk tuh :D

    @ryan
    1. saya tidak tahu data kuota tahun ini. Anda sudah sampai tahap akhir, sudah terlambat untuk takut :D
    2. apa saja yang ingin dibawa, silakan dibawa, walaupun mungkin tidak dipakai. just in case aja.
    3. kalau itu jadi nilai tambah, coba aja dimasukkan. hitung-hitung si pewawancara melihat Anda sudah terbiasa dalam lingkungan kerja :D
    4. hmm… apa ya misalnya….
    desktop programming? database programming with delphi and ms.access?
    5. saya nggak inget jawaban saya :D
    dulu sih kayaknya jawabannya klise: suka menabung, rajin, bertanggungjawab, penuh kasih sayang :D

    auditorium cakti budhi bakti di mana ya…. :D

  136. Jerry Ramdhana 12 Oktober 2010 pukul 07:07

    @Dimaz: Temen yg gak punya pengalaman organisasi? Hehe..kok gak langsung nyebut namaku, pakai nyindir segala. ;)

    Yup, DRH diketik dengan komputer lalu dicetak dan ditandatangini. Isikan saja apa adanya sesuai keadaan rekan2. Saya termasuk yg banyak kosongnya pas ngisi DRH, kecuali ada sedikit di bagian pengalaman kerja. Klo Dimaz saya yakih DRHnya penuh semua..ya kan bro? ;)

  137. om gan 12 Oktober 2010 pukul 07:17

    @all: klo Riwayat Pendidikan Formal, itu kita isi semua dari SD ampe Kuliah, apa cuma kuliahnya aja ? ragu euy, soalnya ada yg bilang cukup kuliahnya aja… ???

  138. Jerry Ramdhana 12 Oktober 2010 pukul 07:23

    @Om gan: yang diminta adalah Riwayat, artinya dari awal sampe akhir (SD-Kuliah).

  139. esi 12 Oktober 2010 pukul 07:37

    hiksss..ga punya prestasi,ga pnya pengalaman,ga pernah ikut organisasi.. :(

    aq tesnya tgl 20 di palembang..adakah yg sama?

    mas jerry: DRH cm dibuat 1 aja yah? makasih..

  140. tiara 12 Oktober 2010 pukul 07:41

    @ kak jerry n kak dimaz :
    1. untuk prestasi boleh diisi dari jaman kita sd sampe skrg kan kak?
    2. organisasi di lingkungan rt bolehkah?

  141. andi SERGAP 12 Oktober 2010 pukul 08:16

    halo semuaa,,salam sergap,,,
    di formulir ada pertanyaan >> Kemampuan di bidang teknologi/komputer yang dimiliki:
    maksudnya apa ya? kayak ms word gitu? ato desain2 ?
    mohon om jerry mingkin bisa kasih arahan
    makasi ;)

  142. dhara 12 Oktober 2010 pukul 08:29

    @mas jerry, mas dimaz & teman :

    1. pendidikan/ pelatihan non formal itu yg bgmn??
    apa klo misalnya kita ikut kursus bhs inggris, itu trmsk pendidikan non formal??

    2. klo mas jerry ato mas dimaz, dlu wkt ngisi prestasi/ penguasaan keahlian tertentu diisi apa??
    spy saya ada gambaran..

    makasih ya mas.. ;)

  143. om gan 12 Oktober 2010 pukul 08:33

    @Mas Jer : ok sip tq :)
    @tiara : ane di lingkungan RT (karang taruna) dimasukin jg, soalnya di kmpus cuma 1
    @andi sergap : klo ane segala software asal bukan game dimasukin…hehe ( photoshop, autoCAD,dll)

  144. beth 12 Oktober 2010 pukul 09:48

    mas jerry n mas n mas dimas… apa aku boleh buat seminar2 n sertifikatnya ke pendidikan non formal/pelatihan tu? coz kursus aq semua di atas 4 thn trakhir,,,,

    mas jerry, kira2 dulu seperti ap isi nilai tambah diri mas jery? gambaran ja buat kami… :)

    thx,,, :)

  145. tiara 12 Oktober 2010 pukul 09:57

    @om gan : oke, thank’s.q juga autocad,sap 2000,microsoft office q masukin di situ
    @beth : q juga ada sertifikat seminar tapi kok ga ada nomor sertifikatnya,jadi gmn donk?

  146. chichi 12 Oktober 2010 pukul 10:01

    mas jerry sm mas dimas.. Makasih yah buat sharing2nya..
    Aku mo nanya donk :
    masalah yg prestasi dan kelebihan tu ngisinya gimana yah?
    Maksudnya apa ngisi “saya org yg berkemauan keras..”
    Ato gmn?
    Aku pas registrasi awal ga milih ditjen yg dituju..tu g apa2 mas?
    Makasi sebelumnya..
    =)

  147. winda 12 Oktober 2010 pukul 10:05

    aq dapet jadwal selasa (19 okt) di DJP kantor pusat sesi II…ada yang sama kah?

    Ada yang punya tips ga, biar ga nervous pas interview??

  148. icha 12 Oktober 2010 pukul 10:21

    Assalamu`alaykum All..
    dan salam kenal sm yg blum kenal,, :)

    alhamdulillah ada tambahan narasumber lg,, salam kenal mas dimaz .. hehehe,,,

    saya wawancaranya kebagian sesi II.. di kantornya ka jerry,, (kaka d kanwil pajak kalselteng kan ka?)

    hmm,, baru donlot DRH nya,, ternyata yang harus dicantumin ttg kualitas diri ya,,

    @Ratih & Doni n All,, juz be our self,, jgn down (esp kamu thu don..hehehe..) buktikan klo kita smua pantas untuk mengabdi pada negara d lingkungan depkeu,, dan tanamkan niat yg lurus sejak awal.. insha Allah, Allah akan beri kita kesempatan untuk bergabung n ikut berbenah dalam birokrasi negara ini,, aku jg agak minderan dan cenderung sulit bergaul,, tp percaya dengan doa Allah akan memberikan power yg ga kita sangka ternyata kita memilikinya saat wawancara..

    persiapkan dengan sebaik-baiknya,, do the best in our final battle,, meminta tak henti2 kepada Allah.. dan akhirnya serahkan semuanya kepada Nya Sang Penentu Kehidupan kita akan di arahkan kemana oleh Nya nanti..

    apapun hasil akhirnya kita persiapkan mental dan hati kita mulai dari sekarang,,

    semoga Allah mengijabah doa dan harapan kita semua,, (selama niat kita semua lurus ya,, )

    amin amin ya Rabbal `alamiin,,

    SEMANGAAATTT,, !!!

  149. icha 12 Oktober 2010 pukul 10:24

    ini ada info yg saya dapat n copas ttg pengalaman peserta yg ikut wawancara depkeu thn 2008 kemarin,,

    “————————————————————————-”

    sonya

    Hi All,

    Skedar mau berbagi ni, tadi alhamdulillah aq udah menyelesaikan wawancara depkeu di Bea Cukai, sesi dua…
    Interviewernya baik, ramah, komunikatif juga…

    Tadi ditanyain banyak hal, tapi sebagian besar berkisar pada:
    – pengalaman kerja (job desc kita, peran kita dalam teamwork di kantor, kasus2 yang pernah kita tangani sehubungan dengan pekerjaan qta),
    – pengalaman berorganisasi (jabatan, pengalaman, kontribusi qta dalam organisasi, de el el)
    – prestasi (aq tadi c disuruh pidato dalam bahasa inggris, coz aq cantumin prestasi speech contest..hm..rada belibet juga, coz tanpa teks,hehehe)
    – motivasi qta ikut seleksi ini
    – punya pacar paga?
    – bersedia ditempatin di seluruh indo paga?

    En…pada akhirnya, qta diminta untuk ttd surat yang menyatakan kesediaan qta untuk ditempatkan di seluruh indonesia (klo ga bersedia, sebutkan alasannya)..klo aq c tadi nyatain klo aq bersedia (itu merupakan konsekuensi yang harus diambil apabila qta ketrima kan…..)

    Sukses untuk temen2 semua yaah…

    en..seperti kata mas yang jadi juru panggil wawancara tadi:
    “Sampai ketemu di diklat!! :)

    “———————————————————————”
    klo mau lengkap,, masuk aja d site ini

    http://febri.wordpress.com/2008/07/02/lowongan-kerja-departemen-keuangan-ri-2008-cpns-daftar-ulang-11-juli-2008/#comment-7728

    semoga kita semua berhasil di tahap akhir ini amiin amiin ya Allah,,

  150. diamond 12 Oktober 2010 pukul 10:30

    aq cm mo blg makasih bgt buat mas jerry..blog nya bener2 ngebantu bgt mas…buat mas dimas jg makasih byk krn udah share pengalamannya…and tentu buat temen2 sperjuangan yg chit chat dsini ampe nambah jd temen2 aq di fb….makasih byk smuanya….tgl satu langkah lagi…insyaAllah qt smua diberi kemudahan pas wawancara nanti…aminnnn….
    buat mas jerry & mas dimas ….. moga Allah membalas kebaikan kalian…. :)
    btw aq dpt jadwal tgl 20 okt sesi II…ada yg sama kah???

  151. beth 12 Oktober 2010 pukul 10:36

    tiara@ ya betul juga ya…. stfkt ku jg ga da numb na…. hufthhh gmn ya????

    qta kosongin numb na ja ato seminar ga usah di buat????

    masukan dunk mas jerry… :)

    btw, add aq d fb: zither_zion@yahoo.com ya teman-teman…. :)

  152. super 12 Oktober 2010 pukul 10:56

    @Ratih : minta fb nya donk

  153. yoan 12 Oktober 2010 pukul 11:18

    ddduuuuhhh, makasih yak…
    buat yang punya blog en temen2 yang ud pada nanya….
    aq kbagian tgl 21 sesi 2, yang paling blakangan.
    kalo yang laen ud pada wawancara, bagi2 yak….
    hehehehe…………

  154. mimit 12 Oktober 2010 pukul 11:38

    amin2 ya alloh aminn ya robbalalamin

  155. dina 12 Oktober 2010 pukul 11:53

    Mas Jerry, jadi peserta lomba data mining skala nasional (gak menang) bisa dimasukkan juga gak yah :D

    habis ikutan lombanya juga pas lg ngerjain skripsi…

  156. wawan 12 Oktober 2010 pukul 12:30

    aq dah baca blog yg tahun 2008 itu…ketika sudah lulus tes interview, harus buat surat keterangan bahwa kita memang kerja di perusahaan sesuai di formulir DRH…nah perusahaanku cuma mau ngeluarin klo masa kerjanya dah lebih dari 1 tahun..sedang aq msh 6 bulan…nah ini gimana? klo ga aq tulis nanti pengalaman kerjanya kosong…jd bingung…mohon pencerahannya…

  157. Ratih 12 Oktober 2010 pukul 13:18

    @ dony & super : add fb aq yah di ratih_kartika_sari@yahoo.com, mudah2an qta ktm lagi yah di jkt, pgnnya sih di jkt :p soalnya aq kan di jgj ini cuma lagi kuliah aja….
    @ mas Dimas : mas, qu mw tanya dunk, qra2 klo ditanya setelah lulus ngapain aja, aq kan dftrnya pake akuntan beregister, n sbnrnya aq lulus PPAK nya itu udah bulan desember, tapi aq lanjut S2 mulai januari 2010, n skr aq lagi tesis, qra2 aq kasih tau gak mas klo aq selama ini kuliah S2,soalnya aq takut klo ngmg kuliah,nanti malah dijatuhkan disitu dgn alasan yg gak aq mengerti,jadi gmn yah mas ? trs bisa gak mas nanti s2 aq ini disesuaikan gitu ? byk org yg blg,tesisnya ditunda dulu ajah sampe jadi cpns, nanti baru dilanjutin biar bisa disesuaikan…apa itu bnr mas ? mksh yah mas sblmnya jwbnnya… :-) semoga mas yg baik hati ini dibalas pahalanya oleh Allah..amin…

  158. danu 12 Oktober 2010 pukul 13:27

    @ratih: iya nih sama gw jg bingung soal s2, padahal november nanti baru mau mulai kuliahnya, kira2 bilang ga ya? klo bilang malah jadi takut ga diterima soalnya kan harus mau ditempatkan dimana aja.

  159. rudi 12 Oktober 2010 pukul 13:30

    hmmm… siap2 cuti nih buat tgl 22… yg kebagin tes wawancanda tgl segitu di DJP Jkt c u guys there :)

  160. Ratih 12 Oktober 2010 pukul 13:33

    @ danu : owh lw baru mau msk ? kan nanti pengumuman tgl 3 nov nu, lw tunggu aja…klo lw lulus, lw gak usah ambil s2 dulu, nanti ajah ambilnya biar dibiayain negara..syukur2 lw bisa dikuliahan ke luar negeri, kan sng tuh… klo gw kan ini s2 nya udah tahap akhir, setengah jln gitu..jd gw bingung nie mau gmn…apa bnr tesis gw ditunda dulu aja kalo2 msk (hahaha..PD bgt, gw gak taunya gak masuk, gw udah tunda2 tesisnya, sampe kga selese2 nie bab 2 ajah… gak taunya gak lulus :p nangis kijing gw)

  161. Amel Bppn 12 Oktober 2010 pukul 13:34

    Waduwwww….. secara kuliah sudah selesai sejak 4 tahun yang lalu. Bingung banget mo ngisi pengalaman organisasi (4 tahun terakhir). kan ikut organisasinya sepanjang kuliah aja (2002-2006). gimana ya teman2?? Hikzzz….. apa disebutin aja ya.

  162. Amel Bppn 12 Oktober 2010 pukul 13:41

    @ Mas Jerry dan mas Dimaz. saya ni kan lulusan lama (udah tuir), kebanyak pengalaman organisasi saya sudah 5-6 tahun lampau dan begitu juga pelatihan yang pernah di ikuti sudah lebih dari 4 tahun yang lalu (misalnya pelatihan komputer dan bahasa inggris). saya bingung mo ngisi DRH nya. BAGAIMANA INI??? SOMEBODY HELP ME…… Please….

  163. winda 12 Oktober 2010 pukul 13:43

    Mas Jerry, maaf kalo menyimpang dari topik pembahasan..
    mau tanya, kalo selama diklat/magang nanti, peserta dilarang menikah apa ga? aq pernah denger dari yang ikut cpns th 2002, katanya ga boleh nikah karena mempengaruhi hasil kelulusan selama diklat…

    Mohon infonya, soalnya lagi buat rencana2 untuk masa depan…^_^

    Thanks a lot

  164. danu 12 Oktober 2010 pukul 17:29

    @ratih : sebenernya s2’nya itu dapet beasiswa dari kampus lama jadi gratis, tapi ya mudah2n klo diterima kemenkeu bisa dapet beasiswa gratis juga, aamiin :)
    untuk tesis s2 lw lanjutin aja dulu, misal lolos kemenkeu kan nanti ada diklat/magang dulu, jadi masih bisa nerusin tesisnya.
    klo pas interview saran gw sih ga usah bilang klo masih kuliah s2, soalnya kalo liat persyaratan cpns di beberapa kementrian lain ada poin tidak dalam masa belajar, takutnya di kemenkeu berlaku juga syarat tsb.

  165. Ratih 12 Oktober 2010 pukul 18:21

    @ danu : wah nu how lucky u are nu,dpt beasiswa dmn2…iyah nu pgnnya gak blg,tapi klo ditanyain setelah lulus profesi akuntansi ngapain, masa gw blg nganggur dari januari sampe skr, sementara klo gw boong kerja,ga mgkn bgt,ntar gw ditanya2in ttg kerjaan itu gak ngerti…huaaa bingung…masa gw blg gw bantuin nyokap ngelola butik, wedeh..koq kyknya susah2 kuliah, gw ga ada semangat kerja bgt cuma ngelola butik…bingung mw blg apa…
    ah pusingg…mudah2an qta semua lulus yah nu…amin….

  166. dimaz 12 Oktober 2010 pukul 19:03

    banyak betul pertanyaannya, jd bingung jawabnya ^_^
    DRH diisi aja mana-mana yang kira-kira bisa jadi nilai tambah. ga usah kuatir salah, soalnya seingetku drh itu nanti cuma buat acuan pewawancara. untuk tahap selanjutnya (daftar ulang) seingetku ada model DRH lain lagi.

    tentang kawin selama diklat, saya kurang paham juga, tapi seandainya sewaktu diklat ada yang bolong karena ijin nikah, ada kemungkinan Anda tidak memenuhi syarat kehadiran. diklat nanti Anda harus belajar mati-matian supaya dapat penempatan yang paling bagus. kalau nikahnya bisa ditunda ya ditunda dulu. setelah pengangkatan pns akan ada banyak waktu kok :D

    kuliah s2… tmn saya ada yang critanya persis gitu, entah dia wawancaranya gimana. yang jelas, setelah diterima nanti kita tidak berhak mengklaim gelar s2 karena kita masuknya dari s1. saya kurang tahu apakah ada mekanisme pengakuan gelar s2.
    tapi itu urusan belakangan. yang penting lolos dulu :)

    @wawan
    “aq dah baca blog yg tahun 2008 itu…ketika sudah lulus tes interview, harus buat surat keterangan bahwa kita memang kerja di perusahaan sesuai di formulir DRH…nah perusahaanku cuma mau ngeluarin klo masa kerjanya dah lebih dari 1 tahun..sedang aq msh 6 bulan…nah ini gimana? klo ga aq tulis nanti pengalaman kerjanya kosong…jd bingung…mohon pencerahannya…”
    -> ndak ngaruh kok. Anda nanti dapat masa kerja 0 tahun. samarata :D
    dulu saya tulis pengalaman kerja 1 tahun, ada surat keterangan, tapi di proses selanjutnya nggak pernah lagi ditanyain soal itu. nanti kita ngobrolin proses berikutnya, setelah wawancara usai :)

    buat yang diwawancara di kantor pusat DJP.
    bagi yang nggak tahan dingin silakan bawa jaket. saya dan beberapa teman merasa di gedung baru itu suhunya terlalu rendah. maklum orang kampung :D
    indomaret ada di SB, semi basement dekat gedung A lama (siapa tau ada yg butuh beli minum :D).
    auditorium kemungkinan ada di gedung utama (gedung yang paling tinggi), tapi saya belum tau lantai berapa.

    btw, disuruh bawa meterai nggak sih? jaga-jaga aja.

  167. Feny 12 Oktober 2010 pukul 20:24

    Aslkm..
    mz jerry n mz dimaz..tq atas infonya..
    Smoga kebaikan mz dibls ma ALLAH SWT..

    Mz kl d srh nanya ma pwwncra,kira2 nanya apa ya?
    Sbnry pernyaan primer tuh pa ja?yg plg krusial yg mana mz?
    Oiya kira2 ditjen anggaran,krjnya ap ja y??aq jur.ek.pembangunan mz..mksh bnyk mz..
    All:smoga qt jd bagian dr reformasi d kemenkeu ya..amin
    Wassalam,.

  168. beth 12 Oktober 2010 pukul 22:45

    mlm mas,,,,,

    sekedar intermezzo ne….

    mw tny simpel ja..

    “dari semua tes masuk kemenkeu, tes apa yg paling susah n paling gampang?”

    coz bnyk yg blg wawancara yg plg di takuti krn brhadapan lgsg ma pihak internal kemenkeu, jd deg deg an :(

    mas dimaz n mas jerry gmn?

  169. franco 12 Oktober 2010 pukul 23:07

    bagian terakhir DRH:

    “4. Hal-hal lain yang menambah nilai pada diri Anda (contoh : prestasi, penguasaan keahlian tertentu dll):…………….”

    kamsudnya paan tuh mas jer n dimas??
    apakah sama dengan atau boleh diisi dg sifat2 positf kita semacam pekerja keras, menyukai tantangan, dsb gitu???

  170. arisetha 13 Oktober 2010 pukul 04:11

    eh iya mo nanya…klo dikasih kesempatan bertanya interviewer kira2 tanya apaan ya……..
    ( coz katanya penting, menunjukkan antusiasme…..bantu jawab ya hehhehehe…..)

    trus klo dtanya kenapa pengin jadi pns…kira2 jwab pa ya…..

    maksih atas segala infonya ya……

  171. dimaz 13 Oktober 2010 pukul 04:19

    @Feny
    kalo disuruh nanya ya nanya aja apa yang pengen ditanya,
    DJA? wah saya kurang tau kerjaan ditjen lain…

    @beth
    menurut saya psikotes. saya ngerjain soal sampai mual :D

    @franco
    kalau saya terjemahkan secara umum sih prestasi ya misalnya dapat juara apa gitu. kalau penguasaan keahlian misalnya bisa ngapain, yang kira-kira nggak semua orang bisa.

    masih jam 4 pagi, mohon dimaklumi kalo jawabannya masih ngawur :D

  172. dimaz 13 Oktober 2010 pukul 04:23

    @arisetha
    kira-kira kenapa Anda pengen jadi PNS? cuma Anda yang bisa jawab :D

  173. andi SERGAP 13 Oktober 2010 pukul 07:47

    @ MAS DIMAZ DAN MAS JERRY
    nanti setelah proses wawancara ktia boleh langsung pulang ? bawa dasi kah? pada saat proses wawancara tahun 2008 pada pake dasi gak om?
    salam sergap.. :P

  174. Jerry Ramdhana 13 Oktober 2010 pukul 08:28

    Wheeww.. ditinggal sehari udah penuh pertanyaan. :)
    Kemaren ada acara internalisasi di luar seharian jadi cuman bisa mantau lewat hape. Thanks Dim udah bantu jawab.

    1. Prestasi, Pengalan Kerja dan Penghargaan
    Di tulis aja selengkapnya sesuai keadaan, jangan khawatir takut salah sebab tidak ada penilaian untuk pengisian DRH. Jika selama 4 tahun terakhir memang kosong tapi sebelumnya ada, ya masukkan saja daripada tidak ada sama sekali. Sekali lagi saya mengingatkan bahwa DRH cuman digunakan untuk bahan wawancara. Semakin banyak isinya, bersiaplah untuk menerima makin banyak pertanyaan juga. ;)

    2. Pelatihan Non Formal
    Isikan jika kita pernah kursus atau semacamnya yang bukan merupakan jalur pendidikan resmi.

    3. Kemampuan Komputer
    Diisi dengan bidang dan aplikasi komputer yang dikuasi. Contoh:
    – Office (Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Powerpoint, ….)
    – Programming (Delphi, Visual Basic, Java, ….)
    – Database (Oracle, MySQL, Ms Access, …..)
    – Design (Photoshop, CorelDRAW, ….)
    – dsb

    4. Hal-hal yang menambah nilai diri
    Diisi dengan skill atau prestasi atau potensi diri yang kita punya yang kira-kira ada hubungannya dengan pekerjaan. Biasanya potensi ini berupa “hasil” dari pengalaman kerja atau kuliah atau pendidikan non formal. Jika ragu, tidak masalah jika dikosongkan saja. Contoh:
    – Saya berpengalaman dalam mengelola project pengembangan software web based untuk UMKM; atau
    – Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik; atau
    – Selama kuliah saya telah dipercaya untuk menjadi asisten pengajar untuk melakukan penelitian dibidang A, B, C, dsb.

    5. Sedang Melanjutkan S2
    Jangan takut, rekan2 saya banyak yang mengalami hal serupa. Tidak perlu berbohong bila ditanyakan. Hanya saja perlu ditegaskan dan yakinkan pewawancara bahwa nantinya kita siap untuk mengemban tugas yang diterima tanpa harus direpotkan dengan S2 yang sedang kita jalani tsb.

    6. Rencana Menikah
    Tidak masalah kapanpun dilaksanakan jika memang sudah ada rencana dari jauh hari. Tapi jika memang belum direncanakan, saya sarankan untuk dipercepat setelah pengumuman lulus atau lebih baik jika dilakukan setelah Diklat Dasar saja, atau diundur paling jauh nanti setelah diangkat sebagai CPNS.

  175. winda 13 Oktober 2010 pukul 08:39

    Oke…

    @Mas Dimaz & Mas Jerry: oiya, masa diklat dasar itu berapa lama ya? jangka waktu kita diangkat jadi CPNS berapa lama sejak diklat?

    Thanks yaaa…^_^

  176. Jerry Ramdhana 13 Oktober 2010 pukul 08:56

    @winda: Sementara saya belum minat membahas selain yang sesuai topik. Terima kasih atas pengertiannya. :)

  177. winda 13 Oktober 2010 pukul 09:02

    oke…sorry…:)

  178. Lyen 13 Oktober 2010 pukul 09:48

    mas dimaz n mas jer:
    1.klo misalnya kemampuan b.asing ga jago2 amat, tetap ditulis kah?an teknologi
    2. klo pendidikan nonformal cuman diisi satu aja itupun seminar doang, gapapa kan ya mas?
    soalnya sertifikat kursus komputerq ilang,
    3.klo misalnya kita ngisi kemampuan teknologi, bakal dtanya2 seputar itu ga mas….? soalnya q agak2 lupa neh tentang softwareq sendiri (SPSS, AMOS, Lisrel,Minitab)

    temen2, q tes hari rabu neh….sesi III di jogja

  179. purple 13 Oktober 2010 pukul 09:54

    Test tanggal 20 di Ditjen Pajak Jakarta sesi III, alamat gedungnya yang samping Komdak kan ya?

    @andi SERGAP
    Mudah2 an ga pake dasi ya, soalnya sampe sekarang gw ga bisa make dasi.. hahahahaah…

  180. Ratih 13 Oktober 2010 pukul 11:25

    @ mas Jerry & mas Dimas:
    – jadi intinya gpp mas klo ngisi organisasi dan pendidikan non formal itu 7 tahun terakhir misalnya, krn klo 4 tahun terakhir gak ada, trs untuk masalah pendidikan non formal, klo pendidikan profesi akuntansi yg untuk mendapatkan register akuntan termasuk pendidikan formal atau non formal yah ?
    – untuk prestasi jadinya gak perlu yg juara-juara gitu yah ? jadi kyk potensi kita bisa juga diisi disitu ? krn saya gak punya prestasi apa2 mas… :-(

  181. dimaz 13 Oktober 2010 pukul 11:44

    @purple.
    alamatnya mana? kalo gatot subroto kav 40-42 itu di sebelah bank mandiri. di seberang gedung jamsostek. gedung tinggi warna coklat muda ada logonya depkeu gede.

  182. rudi 13 Oktober 2010 pukul 11:59

    @dimaz: di DJP yg di Gatsu itu ada masjid or mushala gak? soalnya saya kebagian Jumat sesi III jam 1 siang, jadi harus rada ngatur waktu biar bisa Jumatan tapi bisa dapet nomor antrian awal. hehehe… thank you.

  183. Nasha 13 Oktober 2010 pukul 12:02

    @ mas Jerry : mas kalau lulus 3,5 tahun itu bisa dibilang prestasi gak ? :p ngarep punya prestasi…

  184. Amel Bppn 13 Oktober 2010 pukul 12:53

    Rada bingung ni mas Jerry dan mas Dimaz. tes nanti saya dapat sesi ke 4/terakhir jam 15.35-17.05. kami di Balikpapan cuma 9 orang. Apa saya harus datang jam segitu?? atau saya datang pagi aja ya dulu nanyain ke panitia jam berapa kira2 giliran saya??? agak khawatir krn jd peserta nomor urut terakhir sementara temen2 yg lain dah pd pulang. tapi mudah2an aja itu jd berkah utk saya (bisa luluS) amin….

  185. purple 13 Oktober 2010 pukul 13:21

    @dimaz
    Auditorium Cakti Buddhi Bhakti, Kantor Pusat Ditjen Pajak
    Jl. Gatot Soebroto Kav. 40-42, Jakarta Selatan

    Nah berarti bener di samping plaza mandiri ya? Aku tadi patokan komdak aja. Stategis bener tempatnya yah.

  186. andi SERGAP 13 Oktober 2010 pukul 13:34

    @ MAS DIMAZ DAN MAS JERRY
    nanti setelah proses wawancara ktia boleh langsung pulang ? bawa dasi kah? pada saat proses wawancara tahun 2008 pada pake dasi gak om?
    di DRH ada kolom deskripsi pengalaman,, itu maksudnya isi apa ya?
    salam sergap

  187. pepen 13 Oktober 2010 pukul 13:53

    @mas jerry & mas dimaz, kira2 pewawancaranya dari session I sampai session IV adalah orang yg sama atau bergantian??

    apa dulu waktu mas Jerry dan mas dimaz di tes wawancara, pembagiannya juga sama seperti ini di bagi 4 sesi??

  188. Jerry Ramdhana 13 Oktober 2010 pukul 19:06

    @rudi: ada mesjid disana, jgn khawatir laah ya.

    @amel: usahakan datang minimal 1 jam sebelum jadwal yang ditentukan. Biar ada persiapan dan kita sempat bersosialisasi dengan peserta lain.

    @purple: yup, samping plaza mandiri. Ntar mampir ke kantornya mas Dimaz yaa..hihihi

    @andi: Bawa dasi laah. Kayak eksekutif muda gitu lah dandanannya.. ;)

    @pepen: bisa diperjelas maksudnya?
    Dulu kita juga sama dibagi2 kayak ini, dan selama 2 hari pewawancara yang sama mewawancara peserta sampai selesai.

  189. Ayam_Rica2 13 Oktober 2010 pukul 20:34

    Semangat.!! Insya 4wl qta org2 terpilih.. aamiin, ^^

  190. dimaz 13 Oktober 2010 pukul 20:58

    @purple
    terlalu strategis sehingga jalanan macet setiap hari :D

    @jerry
    wah maaf nggak bisa nemenin rekan-rekan sekalian di hari H, saya ada DL minggu itu :D

    @andi
    yup, habis wawancara boleh langsung pulang.

  191. franco 13 Oktober 2010 pukul 22:08

    apakah ada pertanyaan teknis yaitu yg berhubungan dengan jurusan kita saat kuliah? misalnya bagi lulusan akuntansi apa ditanya mengenai cara membuat lap. keuangan, analisis lap. keuangan, pajak, dsb., cz hal2 tersebut bisa jadi berhubungan langsung dg pekerjaan yg bakal dijalani??
    trims..

  192. dimaz 14 Oktober 2010 pukul 04:44

    @franco
    seingat saya tidak. kalo bang jerry gmana?

  193. Jerry Ramdhana 14 Oktober 2010 pukul 06:41

    @franco: saya juga ga ditanyakan hal teknis macam itu.

  194. Lyen 14 Oktober 2010 pukul 08:06

    @mas dim…@mas jer…: kita bakal ditanya soal kemampuan teknologi/komputer yang kita miliki ga?
    trus ditanyanya detail ga?

  195. Tarsisia 14 Oktober 2010 pukul 09:08

    @kak Jerry : kalo gak salah dulu pernah baca kalau kak Jerry itu jurusan IT kan yak?? berarti waktu wawancara sama sekali gak ditanyain tentang IT gitu maksudnya???
    Aku takut niy kak.. soalnya diriku terakhir ngutak-ngatik progran januari,. itupun waktu sidang dan revisi,.. setelah itu udah ngak lagi,. karena baru pertama nyoba ngelamar udah masuk.. Pertama sih dijanjiin mau dimasukin ke bagian IT.. tapi karena sedang dibutuhkan sekali untuk bagian Treasury,, jadi deh dimasukin sementara di Treasury.. Katanya sih sementara.. tapi sampe sekarang aku masih diTreasury,. karena orang kantor blm dapet orang yang cocok buat gantiin aku katanya,,
    Huhuuu.. sekarang malah lebih ngerti buat cek,giro,rekening2 bank dan teman2nya…
    bagaimana ini kak?? :(

  196. Tarsisia 14 Oktober 2010 pukul 09:12

    @kak dimaz : wah.. kakak kerja di Gatsu yak???berarti kak dimas Bisa melakukan laporan langsung dari TKP dunk?? :)

  197. dina 14 Oktober 2010 pukul 09:42

    Saya di DJP Gatsu tggl 21 sesi 1…

    selama saya test masuk depkeu ini satu2nya tempat yang deket rumah…

    SEMANGAT TEMAN-TEMAAAAN :D

  198. Tarsisia 14 Oktober 2010 pukul 10:17

    @dina : diriku juga di gatsu.. tp tgl 21 sesi 2.. :)

  199. dimaz 14 Oktober 2010 pukul 11:04

    @Lyen
    seinget saya sih nggak ada pertanyaan detail tentang background ilmu. tapi itu terserah pewawancara ya, saya sendiri bukan pewawancara :D

    @Tarsisia
    yup, bang Jerry jagoan IT. network admin dan mobile app programmer.
    nanti mbak nggak selalu akan ditempatkan di bagian IT kok :)
    kalaupun ditempatkan di bagian IT pasti akan ada training dulu. tenang sajalah. fokus ke wawancara dulu.

  200. Ina 14 Oktober 2010 pukul 12:09

    @mas jerr & mas dimas yg di sayang Allah [amiiiinn =)]…

    Kalo saya memiliki kmmpuan b.inggris scara pasif, boleh kah saya tulis B. Inggris sbg bhs asing yg dikuasai?

    Kalo saya tulis, saya kuatir akan diintrviw dgn bhs. inggris.
    Tp kalo tdk saya isi, pastinya akan mnjadi nilai minus krna saya gag punya kmampuan mnguasai bhs. asing lain nya.. =(

  201. danu 14 Oktober 2010 pukul 13:09

    @Tarsisia : wah sama dong, gw jg tanggal 21 sesi 2, pasti dari jurusan IT juga ya :)

  202. andi SERGAP 14 Oktober 2010 pukul 15:18

    saia dapat tanggal 19 sesi pertama,,jam 8 pagi. DEPOK >> JAKARTA,,, semgoa gk macet hehehe

  203. winda 14 Oktober 2010 pukul 15:28

    @andi: waaah…aku sesi 2 nya, good luck yaa…^_^

  204. azmi 14 Oktober 2010 pukul 15:58

    saya tes di jogja, tgl 18 okt sesi 3, apakah ada temen2 yg jadwalnya sama kaya diriku..

  205. Jerry Ramdhana 14 Oktober 2010 pukul 16:07

    @Tarsisia: Tenang aja, gak ada pertanyaan yang bersifat teknis/praktikal kok.

    @Ina: Boleh ditulis dan dikasih keterangan pasif. Gak masalah.

    @dimaz: Pencemaran nama baik tuh.. :)

  206. Yoga 14 Oktober 2010 pukul 16:26

    wah trnyata ud bnyk aja yg bahas depkeu 2010…

    @dimaz : nama lngkapnya dimaz wijaya bukan?dari IT jg yah

  207. andi SERGAP 14 Oktober 2010 pukul 17:15

    @ WINDA
    iya sama-sama,,semoga sukses tuk kamu dan kita semua ,,,salaam sergap :)

  208. koer 14 Oktober 2010 pukul 17:23

    mas jerry terima kasih udah mau posting tips wawancara-a.sangat sangat sangat informatif….makasih juga buat mas dimaz yng dengan setia-a membantu mas jerry menjawab smua pertanyaan pemirsa.hihihihi….salam kenal buat mas jerry n mas dimaz..salam kenal juga buat rekan2 seperjugan test CPNS Kemenkeu 2010…semoga Allah memberikan yang terbaik baik dan kelancaran bagi kita smua…AMIN..

    oia btw saia wawancara tgl 19 sesi I wilayah Banda Aceh..
    *kyk-a saia sendiri yng wilayah-a beda..hihihihi

  209. yovie 14 Oktober 2010 pukul 17:38

    gw kbagian tes tgl 21 hr kamis sesi terakhir (4) d jakarata kntor pusat ditjen pajak…da yg 1 kloter ga y d sne….

  210. Tarsisia 14 Oktober 2010 pukul 17:47

    @danu : lebih tepatnya sih SI… wah nanti kita bisa ketemu dunk yak… hehe.. Semangat yakkk teman…!!!!

    @kak dimaz : maksudnya bukan itu,,. justru diriku takutnya pas wawancara ditanya2 tentang program.. wah saia takut sudah lupa… :D ..Sekarang Mulai buka2 mbah google dah..

    @kak jerry & kak dimaz : thx kak… ^0^

  211. Amel 14 Oktober 2010 pukul 18:08

    @ Mas Jerry n mas Dimaz. kira2 pewawancara nanti Ada gak ya nanyain seputar isu2 terkini tentang depkeu??? misalnya ttg fungsi regulasi ditjen pajak yg dialihkan ke Badan Kebijakan Fiskal (BKF). buat jaga2 aja…. :) Thankz….

  212. saingan =) 14 Oktober 2010 pukul 18:24

    gabungggggggg……. =)

    menurut akoe klu takut dtempatin jauh2 mending mundur za yakkk….. drpd entar pada nyumpah2in kemenkau gara2 anda kena mutasi hahahahahaha
    trus sebenarnya klu liat jawaban dan arahan baik dr kakang prabu jerry dan kakanda dimaz, pertanyaan yg diajukan disesuaikan sama jawaban DRH kita, soooo klu kita jujur akan gampang jawabnya….
    isi DRH bukan acuan buat lolos tp DRH acuan mereka buat nanya anda…
    bagi yg ngerasa tuir, klu emg pernah ikut organisasi dan mengerti tugas anda diorganisasi buat za, tahunnya isi 2006 tapi INGAT HARUS MENGUASAI DAN PAHAM ORGANISASI YG ANDA ISI!!!TP JGN ORGANISASI WKTU SD – SMA, MINIMAL WAKTU KULIAH!
    klu prestasi yahh klu ga ada jujur za, ga usah maksa kan ga ada ditulis dpersyaratan BAIK UMUM DAN KHUSUS HARUS MEMILIKI PRESTASI!!!seharusnya liat tulisan kakang prabu Jerry yg ga da organisasi tp lulus da bisa buat ente tenang…..lagian liat tulisan smua rata2 memiliki tingkat kecemasan dan ketiadaan prestasi INTINYA SMUA BERPELUANG!!!
    JGN DIBUAT RIBET, JGN DIANGGAP SEPELE, TAPI HARUS TENANG!

  213. ruli 14 Oktober 2010 pukul 18:47

    Mas Jerry & Mas Dimaz aku nanya dong, kan aku blm ada pengalaman kerja yg formal, blh dimasukin ga pengalaman magang dan free lance. soalnya kan ga mungkin dpt surat keterangan pernah bekerja. makasih yah :)

  214. andi SERGAP 14 Oktober 2010 pukul 19:26

    @ dimas dan jerry
    kira2 almamater kira di lihat gk ya sama Depkeu tuk jd bahan pertimbangan lolos?
    jujur aku dari kampus swasta yg mungkin kalah pamor di banding kampus negeri

  215. dimaz 14 Oktober 2010 pukul 21:45

    @ruli
    masukin aja. surat keterangan kerja saya dari dulu ndak dibaca dan ndak dianggep kok :D T_T

    @andi sergap
    kalo udah sampe tahap wawancara berarti pihak pewawancara tinggal melihat kualitas personal Anda.
    kalo tentang almamater tentu di saringan paling awal, yaitu seleksi administrasi, kayak saya yang nyaris gak lolos administrasi karena program studi tak dikenal :D
    ndak semua kampus swasta kalah pamor.
    ndak semua kampus negeri bermutu tinggi.

    @amel
    “fungsi regulasi ditjen pajak yg dialihkan ke Badan Kebijakan Fiskal (BKF)” -> saya pun tak paham :D

    @tarsisia
    ndak semua orang pajak paham program. artinya belum tentu pewawancara Anda paham masalah IT :D

    @yoga
    salam kenal :)

  216. ruli 14 Oktober 2010 pukul 23:36

    makasih y mas Dimaz jawabannya.. semoga semuanya sukses yah kawan :)

  217. balqi 15 Oktober 2010 pukul 00:18

    @kk jerry dan kk dimaz
    makasi sharing nya..mantappp..ane slalu ngikutin perkembangan diskusi dsini..mau nanya ni mas..klo lagi kul s2 ditulis aja ya di pendidikan formal?ato ga usa tulis tunggu ditanya aja..thx kk

    @all
    smangaatt all..kita pasti bisa..amiiinn

  218. Jerry Ramdhana 15 Oktober 2010 pukul 07:15

    Mau cerita ahh..
    *maaf bahasanya memang dibuat lebay sekali, tapi ini based on true story lho..hehehe

     

    Pada suatu hari, saya dinyatakan lulus Test Kesehatan dan Kebugaran Depkeu dan harus mempersiapkan diri untuk mengikuti Test Wawancara. Saya kebagian jadwal di hari kedua, Selasa tanggal 25 November 2008 sesi II (sekitar jam 10.00 WITA). Tak dinaya, jadwal tersebut harus bentrok dengan tugas kantor yang mengharuskan saya ke luar kota nun jauh disana. Tugas tersebut tidak bisa ditolak dan tidak bisa diundur sama sekali, sang Pimpinan tidak mau acara peresmian BTS oleh Dirut dan Dirjen Postel ini gagal. Jadi seluruh personel diminta memberikan effort terbaik untuk mensukseskan acara ini. Dan perintah tugas tersebut dikeluarkan mendadak 1 hari sebelum hari pelaksanaan test.

    Saya sempat pasrah, toh saya merasa mengikuti test ini tidak terlalu serius, karena dari lahir saya memang sangat tidak berminat penjadi PNS. Tapi dari sisi diri saya yang lain, saya menyesal seandainya test ini tidak saya selesaikan, toh ini adalah test terakhir. Kalah atau menang urusan belakangan, yang penting saya sudah melakukan usaha terbaik saya untuk menaklukkannya.

    Berangkat dari pemikiran itu saya mencoba memikirkan cara lain, sebuah extreme solution yang mungkin tidak terpikirkan semua orang. Berhubung Pimpinan sudah tidak mungkin bisa di-“nego”, saya berpendapat, mungkin saja panitia bisa. Saya lalu berangkat ke tempat test, saat itu sekitar pukul 10.00 WITA. Bertemu dan penghadap penitia yang sedang bertugas mengawasi jalannya Test Wawancara hari pertama. Saya sampaikan pada panitia bahwa saya tidak mungkin untuk mengikuti Test Wawancara esok hari karena alasan yang tidak bisa saya tolak, dan saya meminta kemurahan hati para Panitia untuk mengijinkan saya untuk test hari ini juga. Panitia nampaknya bingung, karena saya yakin pastinya tidak ada Juklak/SOP untuk kasus semacam ini. Mereka meminta waktu untuk berunding sebentar. Dan beberapa menit kemudian, mereka memberikan saya kabar gembira karena memutuskan saya boleh test hari ini sebagai peserta terakhir, maksudnya saya akan diwawancara setelah peserta terakhir selesai.

    Deal! Segera saya balik ke kantor dan meminta ijin pulang kerumah untuk mempersiapkan diri, maksud saya untuk persiapan Test Wawancara, tapi Pimpinan berpikiran saya mempersiapkan diri untuk persiapan berangkat tugas, sekali lagi nasib baik berpihak pada saya. Jarak rumah sejauh 35 KM dari kantor pun saya tempuh dengan santai. Untungnya sang Istri tercinta di rumah sigap menyiapkan semua keperluan yang saya perlukan.

    Begitu peserta terakhir selesai, giliran saya untuk diwawancara. Waktu saat itu sudah menunjukkan pukul 18.00 WITA. Setengah jam berlalu dan wawancara saya jalani dengan lancar dan tidak ada kendala yang berarti. Wawancara selesai pukul 18.30 WITA seiring berkumandangnya adzan maghrib. Selanjutnya saya kembali ke kantor dan mempersiapkan keperluan untuk berangkat sesuai tugas malam itu juga, sebuah perjalanan panjang menembus batas provinsi dan rimba Kalimantan yang ditempuh dengan perjalanan darat selama 9 jam lebih. Dan selama perjalanan hati saya diliputi kebahagiaan karena sudah melakukan semua kewajiban saya.

    Dan akhirnya, saya bisa menulis cerita ini dan berbagi bersama rekan semua dengan perasaan bangga bahwa saya sudah melakukan perjuangan terbaik saya. Saya harap rekan-rekan disini juga bisa melakukan hal yang sama.

  219. tiara 15 Oktober 2010 pukul 08:21

    @kak jerry:salut bgt.
    @all: Tuhan pasti akan memberikan yg terbaik untuk org2 yg benar2 usaha…

  220. Lyen 15 Oktober 2010 pukul 09:09

    @mas jer: ya ampun mas……perjuanganmu sungguh2 demi depkeu……q ga kepikiran klo mas jer mau senekat itu langsung ingin diwawancara di hari itu juga.kuartal jempol buat as jer…….:)

    brarti klo aq masi bruntung mas…aq tanggal 19nya disuruh nonstop.tapi aq bersyukur jadwal wawancaraku tgl 20.

    setelah membaca perjuangan mas jer….
    q juga kan berjuang mas…..

  221. dina 15 Oktober 2010 pukul 10:13

    salut Mas Jerry…
    mungkin Dia memang tidak memberikan karuniaNya dengan mudah…
    diperlukan kesungguhan, ketekunan, dan usaha :)
    sekarang do’akan kami ya Mas…

  222. purple 15 Oktober 2010 pukul 10:21

    hehe.. gw pernah punya cerita juga kayak Jerry. Tapi jerry happy ending, sedangkan gw kagak…

    Belajar ngiket dasi dulu ah..

  223. Yoga 15 Oktober 2010 pukul 10:43

    @jerry : wah ceritanya hampir sama….tapi waktu daftar seleksi awal administrator, soalnya ga bisa diwakilkan…antara seleksi dan dinas 12 hari jawa-bali…..

  224. andi SERGAP 15 Oktober 2010 pukul 16:33

    dari cerita om jerry,,,, terbukti sudah janji Allah swt,, bahwa kalo sudah Rejeki,,,tidak akan kemana :)

  225. Lyen 15 Oktober 2010 pukul 20:07

    oh iya mas jer, mas dim…klo nulis nama lengkap, gelar sarjana nya ditulisin ga?

  226. dimaz 15 Oktober 2010 pukul 21:01

    @lyen
    kalo saya gelar ndak dimasukin nama lengkap. tapi ga tau yang bener gimana :D

  227. Lyen 15 Oktober 2010 pukul 21:10

    oh iya, satu lagi waktu nulis deskripsi pekerjaan di DRH di buat paragraf, ato ditulis poin-poin nya aja?

  228. Lyen 15 Oktober 2010 pukul 21:11

    mas dim :okey….tengkyu

  229. citralwi 16 Oktober 2010 pukul 10:41

    terima kasih mas jerry atas info-infonya…
    setelah tahu ttg adanya diklat itu, skrg saya jd bingung, apakah nanti pada saat interview, saya jujur saja bahwa saya berencana menikah bulan februari thn depan apa tidak. Pengen jujur, takut nggak lulus. Tapi kalau nggak jujur, nantinya gimana… krn saya menikahnya di luar kota, di dua propinsi yang berbeda. nanti kalau waktunya bersamaan dengan diklat akan jadi masalah. sebagian besar vendor sudah di-DP, termasuk biaya tiket pesawat yang jumlahnya sangat besar. kalau ditunda, saya sepertinya harus jual sawah dan kerbau di kampung, sekalian sama rumah tetangga :D *curcol*

  230. dimaz 16 Oktober 2010 pukul 12:01

    @lyen
    terserah kreativitas Anda, jika tidak ada ketentuan yang mengatur tentang itu :)

    @citralwi
    alangkah baiknya apabila didiskusikan dahulu dengan calon suami dan keluarga, dan semoga dengan dukungan mereka Anda mendapat yang terbaik.
    ndak usah mikir tentang diklat dulu. setelah wawancara dan pengumuman selesai baru kita ngobrol soal ini. pasti ada solusi :)

  231. elin 16 Oktober 2010 pukul 16:01

    mas jeffry dan mas dimas, saya mau tanya,,, saya fresh graduated, belum punya pengalaman kerja hanya pkl selama 1 bulan semasa kuliah dan alhamdulillah saya dapat surat keterangan pkl jg dari perusahaan tempat saya pkl. yang mau saya tanyakan apa pkl jg dimasukkan ke pengalaman kerja??

  232. Lyen 16 Oktober 2010 pukul 19:41

    mas dim: okeyyy

  233. rudi 16 Oktober 2010 pukul 21:36

    maz, pa betul tahap wawancara itu sgt susah krna ada peserta yg lewat jln belakang… sprti dgn uang, atau kenal dgn org dlm atau bhkan saudara ada di org dlm. apa bener mas, isu2 sperti itu??

  234. Chatarina Kurniastuti 17 Oktober 2010 pukul 05:19

    Halo Mas Jerry ‘n Mas Dimas, thanks yak buat Sharingnya, sangat membantu qta yang mau test, thanks juga buat support ‘n inspirasinya…sukses selalu yak….:) Buat Rekan2 yg besok dah mulai test, kita berusaha yang terbaek ya, biar Dia yang menentukan…Happy Sunday…Semangat Morning…..:)

  235. arisetha 17 Oktober 2010 pukul 05:59

    terima buat semuanya yang membantu memberikan informasi yang berharga……
    terutama mas jerry dan mas dimaz……..

    semoga qta semua bisa menjalankan wawancara dengan sukses+diterima dan menjadi PNS yang baik yaa………
    amien ya rabb……..

    selamat berjuang semuanya……
    semangatz…….

  236. bogel 17 Oktober 2010 pukul 06:53

    terimakasih bwt yg udah bagi info dsni, mungkin diantara peserta saya yg paling parah (1th lbh nganggur,..gur..gur..) saya tes bsk pagi InsyaAllah nanti saya share pengalaman ksni. doakan saya.! SMOGA KITA SEMUA LULUS ..Amien

  237. franco 17 Oktober 2010 pukul 07:13

    @ bogel: tenang om, ane juga senasib sama ente..so,mari kita akhiri kengangguran ini!!heheh..
    @all: selamat hari minggu, selamat mempersiapkan diri..

  238. balqi 17 Oktober 2010 pukul 08:37

    @all
    smangat smuaa..buat yg tes mari jadikan ini interview trakhir kita..amiiiinn

    godd fight good luck..

  239. Tika 17 Oktober 2010 pukul 09:00

    Alhamdulillah akhirnya nemu tulisan ini :)
    makasih buat mas Jerry n mas Dimaz yg ud mau berbagi pengalaman & informasi^^

    Buat mas Jerry dan mas Dimaz saya mau tanya apakah kita diminta untuk mencantumkan sertifikat2 yang kita miliki?terus bagaimana jika kita sudah mengikuti organisasi di kampus tp memang tidak ada sertifikatnya karena kebanyakan yg saya ikuti seperti itu, takutnya ketika saya menuliskanya di DRH hal ini akan dipermasalahkan dan malah menjadi poin minus..

    Trima kasih sebelumnya :D

    untuk semua peserta tes wawancara, semangat Insya Allah kalo sudah rejeki ga akan lari kemana, do the best :D

  240. angga 17 Oktober 2010 pukul 09:25

    thanks Bro

  241. dhany 17 Oktober 2010 pukul 15:02

    makasih banyak buat om dimaz & om jerry,

    besok pagi interview kloter pertamax jam 8 pagi,
    mo bertapa dulu ah ke pucuk gunung biar dikasih wangsit:)

    zikiran yg banyak, sukses smua brader…

    sampe ketemu dikantor baru, hehe..

  242. andhika 17 Oktober 2010 pukul 17:15

    yang besok interview.. sukses ya!semangat! jangan lupa berdoa..
    kalau udah selesai jangan lupa di share.. ok :)

  243. iyra 17 Oktober 2010 pukul 17:34

    makasih banyak ya mas Jerry dan mas dimaz yang udah bagi-bagi ilmu disini. Pasti dibalas Allah kebaikannya.

    @chichi sama gw juga ga ngisi pilihan ditjennya, karena ga tau apa-apa. Ga masalah kali ya.. secara mas jerry bilang itu cuma jadi bahan pertimbangan tidak mutlak.. dan kalau memang perlu kan harusnya waktu submit lamaran harus dipilih.

    @mas dimaz .. iya psikotesnya bikin mual. hihi.. tapi yang paling deg-degan itu yang wawancara ini.. belum pernah lolos wawancara sih.. hope this will be the last job interview

    saya pernah les brevet tahun lalu.. bakal ditanya pajak ga ya? udah lupa karena ga pernah praktek :]

    gw dapatnya senin di gatot subroto sesi 2.. ada yang bareng?

  244. widie 17 Oktober 2010 pukul 18:49

    @iyra : saya juga senin sesi II di gatsu.. Cu there ya.. Aku pake item-item.. Hehe.. (Pdhl ntar paling jg kbykan pake item2, hehe)

  245. dina 17 Oktober 2010 pukul 19:36

    yg besok udah mulain test, abis test sharing2 di sini ya….
    hehehe :D

  246. yoga 17 Oktober 2010 pukul 20:08

    dari kabar yg beredar katanya sih total penerimaan tahun ini sekitar 1300an, DJP membutuhkan skitar 700an….itu pun kata orang pajak…entah bner atau boong….

  247. Jerry Ramdhana 17 Oktober 2010 pukul 20:13

    Woohoo.. Maaf klo saya jarang OL & bales pertanyaan teman2, soalnya ada masalah teknis yg bikin saya tidak bisa aktif seperti sebelumnya.

    Yup, hari2 yang ditunggu sudah tiba. THIS IS IT!!!

    Maaf jika selama ini saya belum bisa membantu secara maksimal, tapi saya percaya rekan2 adalah pribadi2 spesial. As Dimaz said, sudah terlalu terlambat untuk ragu dan takut. Persiapkan diri dengan baik dan tunjukkan performa dan best effort rekan2 semua pada pewawancara. Insya Allah akan memperoleh hasil yang diharapkan.

    Semoga Tuhan selalu memberikan yang terbaik bagi kita semua! :)

  248. franco 17 Oktober 2010 pukul 20:50

    @yoga: info dr sumber terpercaya g tuh bro?? kq selisihnya mpe 470an dr formasi awal (1700)??
    yup bener, bagi temen2 yg dah wwancara duluan share disini yah.. Tuhan beserta kita..

  249. Lyen 17 Oktober 2010 pukul 20:54

    semangat ya bt temen2 yang besok tes wawancara, malah aku yg tambah deg2an, hohohohoho

  250. james 17 Oktober 2010 pukul 21:12

    SUKSES untuk yang wawancara besok……

    infokan ya pertanyaan yg ditanyakan pewawancara……..

    thnx buat bang jerry dan bang dimaz
    yg dah bagi2 info sejauh ini

    sangat bermanfaat sekali!!!!

  251. yoga 17 Oktober 2010 pukul 22:14

    @franco : itu dari bokap tmen gw…dia bilang sih segitu,…mudah2an lebih klau bisa semuanya lolos…..hehe
    klau misalkan segitu, bnyk jg donk yg tersisih…jd serem jg….
    yg penting persiapkan wawancara untuk esok
    semangattt!!!

  252. San 17 Oktober 2010 pukul 22:41

    Nice Share..
    So many thanks buat Bang Jerr dn Bang Dimz.

    Smoga qta smua bsa b’gabung dgn kluarga besar Kemenkeu..
    *.*

  253. yoyo 18 Oktober 2010 pukul 00:04

    wah bsk q tes djogja dpt yg sesi 2 ni..q cm nyiapin perkenalan dlm bhs inggris ja ni coz q nulis d DRH bhs yg dikuasai inggris gt,jd siap2 ja..soal pertanyaan lain,q jwb ap adanya aja, q yakin jika q jujur smuanya akan berjalan lancar..AMIN..
    bsk hbs intrview q share dsni..mg bsk bs ngilangin grogi n bs br jwban yg pintar..:)
    SEMANGAT!!!

  254. yayak 18 Oktober 2010 pukul 05:17

    Trimakasih buat mas dimaz dan mas jerry buat informasi yg sgt berharga. Sgt membantu kami smua.
    Minta doanya jg mas, spya kami dpt hasil terbaik..
    AMIIN.. :)

    @ Yoyo : Trims sebelumnya buat mas yoyo..
    Ditunggu sharingnya dimari.. :)
    Gud Luck Sob

    @ ALL : SEMANGAT..SEMANGAT..!!

  255. esi 18 Oktober 2010 pukul 08:25

    selamat berjuang buat temen2 yg tes hari ini yah..SEMANGAT2!! DEG DEGANNN.. :)

  256. Tarsisia 18 Oktober 2010 pukul 08:27

    wah tambah deg-degan.. tadi pas berangkat kantor iseng iseng liat jalan.. padahal lagi ngantuk bgt,,. pas liat gedung mandiri tinggi gitu dalem ati bilang *owhh itu toh plasa mandirinya… berarti testnya deket situ… Pas liat2 lagi.. ternyataaaa… sampingnya ada gedung yang gak setinggi plasa mandiri.. dan ada tulisan DJP… Huaaaaa… langsung seger… Whewww,,, Smeriwinggg rasanya… Dag-Dig-Dug langsung… hadehh.. ternyata keliatan dari kantor gedungnya… hufhh.. semangat ya buat yang sedang disana… ^^

  257. winda 18 Oktober 2010 pukul 08:29

    Semangaaaaaat….buat mau tes hari ini…yang besok tes juga harus semangaat (termasuk saya sendiri, hehehe..) :D

    Semoga diberi kemudahan dan dijauhkan dari segala kesulitan..amiiin ya Allah…

    ^_^

  258. hasbi 18 Oktober 2010 pukul 10:42

    Tks a lot yah mas Jerry and Dimas untuk tips & triknya…
    and buat temen seperjuangan suskses ya untuk wawancaranya…
    gw kebagian tes di DJP Gatsu tgl 21 okbr 2010 sesi II

    suses buat semua….

  259. avi 18 Oktober 2010 pukul 10:51

    b4 thankz bt mz Jerry & Mz Dimas about sharingnya.. ;)
    seneng dech ad yg mau bagi2 pglman gini,..

    ayo siapa yg udh tes hari ini bagi2 crita jg dunkz bt qta2 yg blon tes…??

    gw kebagian hari kamis sesi I ad yg sama kh..??

  260. Ryan 18 Oktober 2010 pukul 11:00

    @ Bogel & Franco… sama gw jg nganggur gur udah 8 bulan…

    moga2 Allah menjadikan jalan yg terbaik bagi kita semua… dan semoga yg lolos bukan cuma 1300 ato 1700 tapi semuanya berhubung kan butuh banyak…. :D

  261. arie 18 Oktober 2010 pukul 11:09

    Semoga kita semua di beri kemudahan ya…
    good luck buat yg test hari ini…

  262. NmrUrut1:) 18 Oktober 2010 pukul 11:13

    Kuserahkan semua kepada Tuhan.. usaha maksimal telah kuberikan… Aku percaya tuhan akan memberikan hasil yang baik..
    amin

  263. dina 18 Oktober 2010 pukul 11:22

    @avi
    sama dunk…gw juga hari Kamis sesi 1…
    tapi di mana? di DJP Gatsu?
    kalo iya, sama kayak gw…

  264. ruli 18 Oktober 2010 pukul 11:23

    saya mau nangis.. interviewnya ud kaya di kantor polisi huaaa :(

    semoga semuanya sukses yah dan yg penting persiapan matang dan percaya diri GBU :)

  265. Icha 18 Oktober 2010 pukul 11:24

    Alhamdulillah,, sekitar 15 menit yg lalu kelar melewati perjuangan akhirnya..

    ketemu sama ka jerry juga,,, senangnyaaa,, hahaha,,

    @ K Jerry,,, makasih byk ka lah,, blog pian amat sgt membantu,,

    hmm,,, so skg saia mu share dl neh,,,

    tadi datang sekitar jam 8.35 wita,, ternyata uda ada bbrp peserta yang duduk d tempat tunggu,, saya dapat giliran no. 4..

    duduk,, lalu ke meja panitia bwt ngecek kartu ujian sama KTP.. setelah itu di kasih panitia map merah and di dalamnya ada yg harus di isi,, panitianya bilang nanti ngasih mapnya plus 2 DRH,, (karna yg nguji 2 org, so kawand2 siapin aja 1 asli and 3 copy,,) oh iya DRH nya ga perlu pake materai koq,, tinggal langsung ttd aja,, klo tglnya td aku tgl hari ini sie,, td juga ngisi absen d meja panitia..

    duduk,, lalu ngisi isian ttg pengalaman kita akan keberhasilan and kegagalan/ kekecewaan yg kita alami dlm 2 tahun terakhir,, setelah sekitar 2 jam nunggu,, akhirnya, giliran saia bwt di wawancara,,

    dag dig dug pas naik tangga,, komat kamit mulut berdoa,, hihihi,,, (jgn lupa baca “robbis rohli sodri wayassirli amri wahlul ukdatammillisani yafkohuukouli,,”.. minta Allah memudahkan lisan kita dlm berucap,,itu dari Al Qur`an koq,, :) )

    juga baca 3x “fallahukhoiron khafizauwahuwa arrhamurraahimiin..” intinya meminta kasih Allah diberikan pada pewawancara,,) doa thu pesan dari org tua,, hehehe,,

    masuk,, senyum sama pewawancara,, berjabat tangan,, lalu duduk,, masih blom tenang hati thu,, lalu ditanya,, enaknya dipanggil siapa,, lalu saya bilang icha,,lalu mulai lah pertanyaannya tentang:

    1. Pekerjaan terkait :
    Apa Pekerjaan kita, apa masalah yang kita hadapi selama bekerja, bagaimana solusinya,, kalau kita melakukan pemeriksaan bagaimana cara kita mengungkapkan permasalahan, bagaimana solusi yg kita berikan, apa follow up yang kita lakukan, apa kesulitan yg kita hadapi, pokokya rinciiiiiiiiiiiiiiii bgt ttg kerjaan,, sampe yg terakhir,, kenapa berenti kerja,,

    Organisasi
    seputar apa yg kita lakukan,, aktivitas apa saja,, apa ada masalah selama berorganisasi,, (klo aku sie td ga da masalah dlm org hehehe,,, kan smuanya pada nuntut ilmu ngikut mentoring..)

    perna ikut keg apa d kampus,,kepanitiaan ato keg apa gitu, saya bilang ga perna,, karna sem 5 uda kerja sambil kuliah,,

    lalu knp jd kerja sambil kul,, pengen aja apa karna keharusan,, ? saia jwb awalnya pengen aja,, ternyata mank jd satu keharusan,, karna ortu ga pnya pnghasilan lagi. .

    lalu di tanya km anak k brp dr brp sodara..

    lalu gmn km brenti kerja sedangkan saia jd slh satu tulang punggung,, dibilang saya punya saving dr hasil yg saya peroleh slama kerja,,

    4. apa pilihannya kemarin,, knp milih BPPK kan ga ada d bjm,, dan anggaran jg adanya d jkt,, yah,, jwb saja apa adanya,, klo saia krn tertarik dgn pendidikan n pelatihan,, klo bag b nya ya asal pilih,, ya ga masalah penempatan dimana aja,, dari awal ikut seleksi memang sudah tau dan mempersiapkan masalah penempatan,, ditanya,, klo ke ambon gimana,, saya jwb,, ga masalah,, hehehe,,, lalu
    ditanya klo ga masuk keduanya gimana,, ya saia jwb sie ga masalah,, karna saya tertarik dengan reform birokrasi d depkeu,, hehe,, jd mau ditempatin di bag mana aja ga masalah,, hohohoho,,,

    rasanya point pertanyaannya seputar itu aja,, esp kerjaan yg aku njelasinnya weleh weleh,,

    terakhir,, pewawancara tanya,, apa ada yg ditanyakan..? akupun bertanya ttg kasus gayus di saat reform birokrasi di depkeu, dan bagaiman sikap depkeu ngadepin itu,,

    setelah itu,, berjabat tangan,, dan pulang,,, hahahahaha,,,

    legaaaa,,, plooooong rasanyaaa,,,,

    tinggal menunggu hasil akhir tgl 3 NOv,,

    so bwt kawand2 yg mu berjuang besok,, juz be ur self,, jwb aja sejujur2nya,,, insha Allah ga akan kesulitan.. percayalah,, dibalik kesulitan pasti ada kemudahan,, itu Allah yang bilang,, jd semangaaaat!!!

    SELAMAT BERJUAAAANG SEMUAAAA..!!!!

    Esp buat Esi, Onni Riby,, Wawan,, Dony,. Mas Andi,, Ratih,, Mb Amel,, Mb Vieka,, Mazendi,, and smuanya dah,,

    Mudah2an Allah memudahkan kita semua,, and apa yg qita harapkan dijawab oleh Allah,,

    HWAITING,,!! CIAYOOOU,,,!! GANBATTEEE,,!!!

  266. Icha 18 Oktober 2010 pukul 11:33

    oh iya,, satu kelupaan belum dipanggil.. Mba Intaaan,, hahahaha,,, SEMANGAAAAAT Mba yaaa,,,,

    perlihatkan kepada pewawancara klo kita memang sangat ingin dan sangat tertarik utk gabung d kemenkeu karna kemenkeu mlai membenahi birokrasinya dgn mereform berbagai sisi,,

    Okeh..?? btw ka jerry maaf,, komennya too much,, hihihi,,,

    sekali lg aku tekankan,, jangan lupa berdoa,, saat kita nunggu and saat kita berjalan menuju arena pertarungan,, okey??

    And jgn lupa,, share pengalamannya klo uda kelar battle nya,, hihihi,,,

  267. andi SERGAP 18 Oktober 2010 pukul 11:35

    waw,,thanks icha atas infonya,,,semoga kemurahan hatimu mendapat balasan dari Allah swt,,,, besok ane nih ,,,:P
    MANTAPPP…!!! SERGAAAAAAAAAAP..!!!

  268. Mazendi 18 Oktober 2010 pukul 11:44

    @icha : Terimakasih atas sharingnya ya, semoga kita semua yg blm wawancara juga diberi kemudahan kaya icha amiin

  269. Icha 18 Oktober 2010 pukul 11:45

    @ Uda Andi,, Amiin,, amiiin,,
    SEMANGATT buat besok,, pagi2 sholat dhuha sempetin,, plg ga nenangin hati,, hihihi,,,

    SALAM SERGAPP jugjug BOZZ..!! :)

  270. Icha 18 Oktober 2010 pukul 11:57

    @ Mazendi,, Amiiin,, Amiin,, Insha Allah,,Minta and percayalah itu akan diijabah sama Allah,, meski awalnya gugup,, saat menjalani alhamdulillah bisa lebi tenang,, hehehe,,,

    SELAMAT BERJUANG YA..!!

  271. dina 18 Oktober 2010 pukul 12:12

    @ Icha…
    duh makasih banyak ya buat infonya…yg test selanjutnya jadi ada gambaran…
    mudh2an kebaikanmu dibalas dengan yg terbaik olehNya…
    do’akan kami yah ;)

  272. tiara 18 Oktober 2010 pukul 12:15

    @icha: thank’s sharingnya ya…bermanfaat bgt

  273. om gan 18 Oktober 2010 pukul 12:15

    @Icha : ga ada pertanyaan dalam bhs.Inggris ya ?
    jd total waktu diwawancara kira2 brp menit ?

  274. danu 18 Oktober 2010 pukul 12:17

    wah icha makasih ya buat sharenya :)
    mudah2an kita semua bisa lolos, aamiin

  275. avi 18 Oktober 2010 pukul 12:33

    icha: wah.. sukse ya td cha? lo alesan kerja resign ap, bagi2 alesan dunkz cz gw bingung jwabnya ntar takut dipojok2in mulu, hehe…

    dina: iya gw jg di gasub, bareng dunkz yach, lo sesi I jg kn spa tau qta urut2an dket ya, hehehe..

  276. dina 18 Oktober 2010 pukul 12:41

    @ Avi…
    sip…
    gw pake jilbab…
    tapi blm tau sih nanti mo pake baju warna apa…
    nanti gw kasih tau lagi…
    nama panjangnya siapa?
    gw Ilmi Hayyu Dinna

  277. beth 18 Oktober 2010 pukul 14:08

    wuih…thx yah buat info na…. ptanyaan na agak mirip ma psikotes kmrn ya… wktu disusuh buat kegagalan n kesuksesan 2 thn trkhr…. hmmmhhh apa mgkn di match kan dgn itu ya???

    oya aq tgl 20 Sesi IV di GKN jl. Diponegoro Medan… ada yg sama???
    :)

  278. pepen 18 Oktober 2010 pukul 14:31

    @icha, ada pertanyaan seputar depkeu gak?? sukses yah cha.

  279. rian 18 Oktober 2010 pukul 14:33

    mas jerry thx atas blognya, infonya bnyk bgt ^^
    mw tanya mas, klo mnrt mas sdnr arti reformasi birokrasi itu sdnr apa??
    bingung jg soalnya.. hhee
    trus untuk icha, kan td ada disuruh ngisi kegagalan dan kesuksesan 2 thn trakhr, itu kan ad pas di psikotes, kmu ngisinya sama sprti psikotes apa beda lagi??
    thx jwbnnya
    smoga Allah menentukan memang ini jalan takdir kita masuk semua kedalam keluarga besar Depkeu.. amiinnnn

  280. kie 18 Oktober 2010 pukul 14:38

    Allow,,mau share td pagi saya udh interview sesi 1 di kantor pusat ditjen pajak gatot subroto, jakarta…
    Yg interviewnya baik baik…kalo ama saya mereka cuma tanya2 seputar kegiatan organisasi n bahas pengalaman yg kita tulis wktu sebelum masuk ruang interview,,hampir semua pertanyaan hanya beputar di maslah itu..lalu udh deh selesai..
    @mas jerry : kok aku ga bahas2 mengenai kemenkeunya sndiri, bahkan ditanya mengenai kesediaan penempatan dimananya pun engga..menurut mas jerry gimana??apa brarti mereka ga tertarik ama saya???:( thx mas jawab yah ;)

  281. iin 18 Oktober 2010 pukul 14:46

    yg sudah wawancara, sharing, please… thanks

  282. Feny 18 Oktober 2010 pukul 14:47

    Mw share jg..
    idem ma icha..sbg tambhn hnya aq td ditnya.
    judul skripsi apa.?nyari data dmn?ap jiplak skripsi dr yg terdahulu?
    Trus km pernah d tilang ga?pernah nyontek?trus kl ad yg nyontek tindakan ap yg km lakukan?

    Oiya td gak ad d srh tanda tgn bersedia d t4 kan d sluruh indo loh?km gmn icha??

  283. beth 18 Oktober 2010 pukul 14:50

    kie: ada ga pake English ptnyaan na/ trus ga di suruh menceritakan ttg diri gt???

    mmmmm brarti tiap pewawancara beda2 ptnyaan na ya…. so PD aja…. MOga qta lulus cpns Kemenkeu 2010 ini amin

  284. arie 18 Oktober 2010 pukul 14:56

    amien….
    wah udah pada lega nih yg udah pada wawancara..

  285. kie 18 Oktober 2010 pukul 15:12

    Amiiiiieeeeen..hehe
    Saya sih engga pake English2an..
    Oh iya,,mereka bahas juga mengenai prestasi yg kita tulis di CV,,
    Oh iya aku mau ucapin makasih buat panitia rekruitmen,,mereka sangat profesional dan sangat membantu sekali, baik2 juga..trus buat satpam2 disana, di Ditjen Pajak, empat jempol buat mereka,,mereka amat sangat membantu, dan baek2..@mas jerry :thx yah mas blognya bantu banget nih..

  286. wawan 18 Oktober 2010 pukul 15:41

    wew…chacha jd bintang hari ini.. :D
    dr penjelasannya yg panjang lebar plus semangat berkobar2, kyknya sukses besar..mantap cha… ;)

  287. iqbal 18 Oktober 2010 pukul 15:49

    @Bang Jerry & lainnya, terima kasih buat sharingnya..
    Semoga sukses buat semua yah :)

  288. Jerry Ramdhana 18 Oktober 2010 pukul 16:19

    Saya lihat semuanya udah pada siap nih. Ngaca dari pengalamannya icha dan rekan yang lain, ga ada yang harus ditakutkan lah ya..

    Kayaknya Insya Allah bakal banyak yang lulus nih warga sini.. Amiinn.. ;)

  289. sigit 18 Oktober 2010 pukul 16:24

    @icha n kie : matursuwun ya infonya…
    amin…..

    sukses untuk semua peserta…

  290. NmrUrut1:) 18 Oktober 2010 pukul 16:25

    aminnnn kang jer…

  291. mimit 18 Oktober 2010 pukul 16:26

    amin ya alloh aminnn

  292. yoyo 18 Oktober 2010 pukul 16:36

    Q dh tes interview ni td pg djogja..q share aj dsni sxan curhat.hehee
    Kesan’q stlah kluar dr ruang intrview td adlh: “Hufft” bner2 ky hbs pendadaran td..wlpun yg intrview blg santai aj mas, tp bnr2 q ga bs santai..mgk krn suasananya ya..heee,.
    2. stlh naek k lantai 7 lgs k ruang cek administrasi buat dmintain DRH,TPU & KTP. kagety td q dmintain DRH 2 rgkap.pdhl dpengumuman ga ad nyebutin soal tu..untung ja td msh dbolehin sm ibuny yg cek adm..trs dberi form isian yg isinya sama pas psikotes dl sputar kesuksesan & kegagalan 2 thn terakhir..q isinya sama pas psikotes dl br ga ush mkir2 lg.hehehe..
    3. stlh tu blk k ruang cek adm trs nunggu dpanggil k aula per kloter
    4. td jdwalnya molor setengah jam jd agk nunggu lm..stlh tu dpanggil sxan 1 kloter msk ruang interview..ddlm ruang kr2 da 10 meja di tiap meja dh nunggu yg menginterview 2 org..
    5. trus mulai dh interviewnya..pertanyaannya seputar pengalaman krj & organisasi yg qt tulis d DRH..ttg konflik yg ad,gmn peran qt, cr nyelesain mslh,tantangan dlm pkrjaan&jabatan qt..td jg dtanyain ttg contek2an yg ad pas kuliah dl.gmn qt menanggapinya,trs kl ad yg nyontek km gmn,n akhry dtnyain prnh nyontek jg ga..td jg q dberi ksmpatan tnya n ngungkapin pendapat ttg kemenkeu..prtnyaan trakhir ttg kesediaan ditempatkan dseluruh indonesia..
    Q blg intrview ni ckup berat krn qt bner2 dtnyain mendetail ttg pengalaman krj & organisasi qt,q td jwb sejujur2nya jd tdk ad mslh..
    oiya satu lg..sblm intrview dmulai qt dbritau bhw intrviewnya menggunakan alat bantu rekam jd semua omgan qt direkam gt..
    stlh smua sdh dlwti,skrg yg bs q lakukan hnya pasrah & berdoa mg2 dberi yg terbaik oleh Tuhan..
    Moga2 sharing q ni bs bermanfaat bg tmn2 lain yg blm intrview..
    Semangat teman2..lakukan yg terbaik n jgn lp berdoa!!

  293. noviii 18 Oktober 2010 pukul 16:38

    jangan lupa bawa payung,.mengingat cuaca yang kadang tidak mendukung dg tiba2..tp hujan itu rejeki.. :) aminn…

  294. rudi 18 Oktober 2010 pukul 16:40

    walaupun hari Jumat sesi III masih lama tapi AMIIIIIIN….. :)

  295. yayak 18 Oktober 2010 pukul 16:40

    makasih doanya mas jerry..
    AMiin..
    InsyaAllah temen2 dsini semua lolos.. :)

    @ icha & yoyo :
    sharingnya sangat membantu qt smw..

    @ all :
    persiapkan diri sebaik mungkin dan jangan lupa berdoa.. :)

  296. rudi 18 Oktober 2010 pukul 17:39

    teman2 semua yang baik2… aku mau tanya di DRH yang penguasaan keahlian tertentu pada diisi apa??? nanti ditanyakan langsung ga itu saat wawancara?? makasihhh..

  297. yoyo 18 Oktober 2010 pukul 18:46

    @rudi: kalo aq sich g dtnyain soal tu..ga tau kl tmn2 yg laen..

  298. sgc mania 18 Oktober 2010 pukul 18:56

    diterima atopun gak.. hidup kita masih ngalir, selamat bejuang teman2..

  299. Amel Bppn 18 Oktober 2010 pukul 19:10

    Alhamdulillah… lega udah selesai tes wawancaranya. Walaupun kepala cenut2 krn pulangnya kehujanan tp sy pengen share jg ke temen2 seperjuangan dsni.

    Hari ni luar biasa deg2kan bgt, dari pagi rasanya nervous. pengen cepet2 tes, tp apa daya giliran sy ada di sesi 4. sbelum brgkt sy sempatkan utk sholat Dhuha, trus jam 11.00 wita meluncur ke BDK Balikpapan. Walaupun tau giliran sy jam 15.30 wita tp sy sengaja datang lbh awal (4 jam)utk ngobrol2 dgn peserta tes lainnya biar gak tegang dan gak diguyur hujan krn Balikpapan 2 hr ini sering hujan.

    Tiba dilokasi tes, sy Registrasi. kemudian MENYERAHKAN DRH SEBANYAK 2RANGKAP. setelah itu disodorin 2 lembar kertas yg didlmnya kita diminta menuliskan 1 hal yg paling sukses yg pernah kita alami dan 1 hal yg mengecewakan/gagal. udah itu nunggu lagi ampe terkantuk2 dan dingin krn hujan.

    15.45 wita. this is my turn. menuju ruang wawancara, perasaan gak karuan. bnyk2 dzikir dlm hati aja tadi. and then… ketok pintu, ucap salam dan masuk. senyum ramah ke pewawancara sembari perkenalan singkat lalu sayapun dipersilahkan duduk. wawancarapun dimulai dengan :
    pertanyaan seputar pengalaman kerja;

    Kendala2 apa yg dihadapi saat bekerja, apa solusinya?;

    kesuksesan apa yg pernah dicapai, kenapa dianggap sukses, apa indikatornya?

    pernah tdk mengalami kondisi yg dilematis pd saat bekerja? apa yg anda lakukan?;

    Selama bekerja apa anda pernah membuat suatu terobosan baru/inovasi yg sebelumnya blm pernah dilakukan oleh karyawan lain?

    siap ditugaskan dimana saja?;

    yahhhh… kurang lbh seperti itu saja point2 pertanyaannya, selanjutnya akan berkembang/tidak tergantung jawaban kita.

    Point dr saya adalah KONSISTEN dalam menjawab sesuai yg kita tulis di DRH dan dari 2 cerita sukses dan kegagalan kita yg kita tulis sebelum diwawancarai. pertanyaannya seputar itu saja.

    Alhamdulillah sy gak ditanya ttg jurusan sy (hukum), tdk ada pertanyaan dlm bahasa inggris, tidaK ada pertanyaan seputar depkeu. Totally ttg pengalaman kerja/organisasi yg pernah kita ikuti aja. So… JUST BE RELAX guys. Enjoy aja dan biarkan cerita mengalir dengan indahnya. hehehe… :P

    @ Icha, Intan, Dony, Wawan, Franco, Andi Sergap, Ratih, dll (temen2 yg sering share di sini) SEMANGAT!!! BERJUANG!!! InsyaAllah peluang kita sudah sgt besar di wawancara ini, YAKIN… YAKIN… YAKIN…!!!!

    Yang sudah tes td, kita tinggal berdo’a aja, sholat hajat tiap mlm. yg belum tes, selamat berjuang. Tunjukkan antusiasme anda dlm wawancara ini. Relax… and SMILE :)

    Sampai ketemu di session berikutnya : 3 November 2010 dan pemberkasan. Amin… Amin.. Ya Rabbal ‘alamin.

  300. Feny 18 Oktober 2010 pukul 19:15

    Amin..smoga qt lolos smua ya..

    Ka jer bantu doa ya.
    Tggl pasrah n berdoa yg ptng udh ksh yg terbaik..

    All yg blm wawncra..sukses ya..semangat..

    Oiya kak jerry taun ini mang g ad d srh tanda tgn bersedia d t4in dmn aj ya??tq kak

  301. Amel Bppn 18 Oktober 2010 pukul 19:26

    @ Feny : perasaan dulu waktu diawal pengiriman berkas lamaran ada surat pernyataan bermaterai, bersedia ditugaskan dimana saja.

  302. dimaz 18 Oktober 2010 pukul 19:31

    hurray. tetap semangat. maap udah jarang ngobrol di sini, lagi ada sesuatu yg harus diurus di kantor.

    sukses buat semuanya :)

  303. dedi 18 Oktober 2010 pukul 19:35

    ayooo….buat temen2 yg wawancara tadi…bagi2 info donk….!!he

  304. Icha 18 Oktober 2010 pukul 19:37

    Ternyata byk bgt yg respon.. Maaf bru bs nongol skg..

    Iya..Ga da pertanyaan dlm b.Inggris,jg ga da ttg kemkeu..Dan ga disodorin apa2 bwt d ttdi..
    Om gan: Td sy iview krg lbh 35 menit..

    @wawan : diriku kan mank bintang kampung wan..LOL.. Yah ga tau sukses apa ga,yg pnting usaha uda maksimal jd apapun hslnya insha Allah ikhlas aja nrima n ga kecewa..Berdoa Tawakkal aja skg..Btw wan jgn ciut ya cuz ga pake joki..Hehe..

    @rian.. Isinya sm kya psikotest kmaren..

    @avi.. Alasanku td ya krn krjaannya ga byk mikir,jd ga da tantangannya..

    @ mb amel..Insha Allah..Mudah2an nyampe ksna langkahnya..Amin..Amin..

    @ all..Insha Allah qt slg mendoakan..Yg penting berusaha semaksimal mgkn.. Berdoa..Minta restu,cium tangan ortu sblm brangkat.. Once again Good Luck bwt kawand2 smua..Keep pray.. Do d best..N let Allah do d rest.. Tawakkal,n prsiapkn hati utk menghadapi hasilnya tgl 3 nov nanti..
    Btw Klo uda, share dsni ya..Berbagi cerita.. :)

  305. feny 18 Oktober 2010 pukul 20:18

    iya neh mz dimas udh g eksis lg..hehe..

  306. iya 18 Oktober 2010 pukul 20:21

    aku mw wawancara besok niy,..mohon doanya ya agar semuanya lancar dan dimudahkan allah,.amiin

    buat mas jerry dan teman2 yg lain, makasih banget saran dan masukannya yaa

  307. mudah2an lolos 18 Oktober 2010 pukul 21:01

    ada sebuah ganjalan yang sedikit memberatkan saya ketika proses wawancara tadi pagi di djp, masalah dilematis yang menyangkut moral tempat saya bekerja yang notabene pershaan alkohol…. yah tinggal berserah diri, semua ada jalannya, paling tidak dari proses rekrutmen ini saya sudah memutuskan untuk resign dr perusahaan tersebut.

    selalu ada hikmah….. :)

  308. bogel 18 Oktober 2010 pukul 21:35

    trnyata udah bnyak yg share.. bener banget bwt yang takut dng bahasa inggris jangan takut karena kemampuan bhs inggris sepertinya memang tdk d uji di wawancara kali ini. (Alhamdulillah) paling tidak dari pengalaman saya tadi dan beberapa peserta lain yang tadi kebetulan sempat ngobrol setelah selesai wawancara. pertanyaan yg di ajukan kurang lebih sama dan udah d share di atas. kyny pada lancar ya jwbnya, sumpah klo aku td grogi d ruang dingin aj bs keringetan, krna udh lewat skrng cm tinggal berdoa SMOGA KITA SEMUA LULUS ..Amien

    yang penting jngan lupa DRH bw rangkap, krna cukup menambah grogi bila baru tau harus rangkap ketika di TKP

    he,.. td ktm teman sependeritaan. (2x gagal tes kesehatan PLN) kira2 msh ada teman sependeritaan laen ga ya yg ikut wawancara depkeu kali ini?? Smoga kesempatan kali ini memang jalan yg di gariskan Tuhan unt kita ..Amien

  309. Deasy 18 Oktober 2010 pukul 22:06

    Thanks bwt smua yg dah share dsini,bnyk mbantu sy dlm mpsiapkan diri… Smg qt smua dberikan yg tbaik olehNya,amin!=)

    Bsk q dpt giliran djkt sesi 4. Ada yg sama gak?:)
    Mhn doanya yah..hehehe..

  310. Lyen 18 Oktober 2010 pukul 22:35

    wah….seru banget disini…..
    ku kebagian hari rabu, di jogja,

    tambah semangat neh…skaligus tambah deg2an

  311. dhany 18 Oktober 2010 pukul 22:38

    Alhamdulillah kelar smua tahapan..

    tips wawancara adalah manajemen deg degan : )
    ga usah parno & belajar berlebihan (kaga ditanyain ama interviewernya)

    selamat berjuang brader..

  312. Jerry Ramdhana 18 Oktober 2010 pukul 22:46

    Fyi, surat pernyataan bersedia ditempatkan dimana saja adalah dokumen yang nantinya diserahkan saat pemberkasan. So, memang tidak diminta pas wawancara.

  313. elin 19 Oktober 2010 pukul 07:13

    alhamdulillah saya uda wawancara kemarin sesi II,, yang ditanyakan hanya seputar organisasi dan PKL yang pernah saya lakukan selama kuliah (karena saya belum punya pengalaman kerja sesungguhnya sebelumnya)…

    tidak hanya pertanyaan bahasa inggris,, ditanya jg gmn dulu waktu ngurus SIM??? Pake tes apa ga mau repot2 akhirnya bayar aja ga pake tes.. trus ditanya swaktu skolah atau kuliah dulu pernah nyontek ga??? hehhehe…

    pertanyaannya hanya seputar itu2 saya,, yang paling ditanya mendetail adalah pengalaman organisasi semasa kuliah,,,

    @mas jefry = saya kok ga ditanya sama sekali masalah penempatan ya mas?? apa itu tandanya klo saya ga lo2s?? ='(

  314. diamond 19 Oktober 2010 pukul 08:13

    @ Icha: thanx bgt udah share dsini yua cha…bnr2 ngebantu banget…meski deg2an ini ga kunjung mereda… T_____T… doain aq yua cha…aq dapet giliran besok…
    @ uda Andi SERGAP : semangattttttttttttttttttttttttt…i know u can do it… :)
    @ Dony, Andi, Ratih, Rina, Vieka & all : semangat temansssss….lakukan yg terbaik…smoga qt bisa lulus…aminnnnn… *nyemangatin diri ndiri jg… :( *
    @ mas jerry : tak henti2nya aq ngucapin makasih bgt krn blog ini….thanx yua mas…smoga kebaikan mas dibalas ma Allah… aminnnn… :)

  315. enink 19 Oktober 2010 pukul 08:32

    salam kenal semuanya,….senang bisa bergabung…..

    makasih atas info semuanya, setidaknya saya punya gambaran untuk tes wawancara pada hari rabu nanti

  316. avi 19 Oktober 2010 pukul 08:34

    dina: gw no urut 723 ke 3 dr urutan sesi I kamis din, mga qta bsa ngbrol dsna yoa?

    buat yg hari ini interview sukses yoa, jgan lupa sharing disini, ok.. ;)

  317. avi 19 Oktober 2010 pukul 09:22

    oya bt mz jerry,, ntar klo ktrma apkh wajib kasih surat ket pernah bkerja di prshn sblum2nya mz?

  318. Eko 19 Oktober 2010 pukul 09:40

    wah, kalo ditanyain pernah nyontek atau tidak, dilema bgt tuh, kalo bilang gak pernah nyontek, ketahuan bohongnya, hehe, kalo dibilang pernah nyontek, ntar dibilang tukang tipu, kena coret deh….berarti jawabannya kudu diplomatis yak…

  319. yoga 19 Oktober 2010 pukul 10:02

    iya nih ditanya masalah menyontek agak bingung juga.. mohon pencerahan donk teman2..

  320. dina 19 Oktober 2010 pukul 10:12

    @ Avi…
    yups…mudah2an…
    entah bagaimana kita saling mengenali nanti :D

    kalo soal nyontek lebih baik jujur aja sih…
    tapi pemilihan katanya harus dipikirkan bener2…
    semua orang pasti pernah khilaf kan :)

  321. feny 19 Oktober 2010 pukul 10:59

    Mba amel:pgalamn 2 taun yg lalu kykny ad d srh ttd g seh mba..feny lupa.hehe

    Klo nyontek,jujur aja.feny mmg g prnh..gemetaran kl mw nyontek..

    Trus dtny lg neh,kl ad tmn km yg nyontek yg km lakukan apa?

    Yg bingung pas d tny organisasi.secara aq g pny pgalaman.aq jujur aj hnya ikut dlm mmbntu acara seminar sebg penerima tamu n seksi konsumsi..
    Mpe pewawancarny senyum2..pas aq jwb ide apa aj yg d tuangkan dlm seksi konsumsi..ya ksh ide dmn rmh makan yg enak n murah..
    Hahaha..

    All:sukses bwt qt smua ya..

  322. dony 19 Oktober 2010 pukul 11:29

    huhuhu..rame banget ne,udah 2 hari g nengok sini,sibuk komat kamit latian d dpan cermin..hihihi,sangat membantu sekali postingan dri kalian..semoga kita semua lolos untuk formasi 2010 ini.Amien,Tuhan memberkati
    saling mendoakan y teman2 !!
    aq test hari kamis sesi 3 di Indrapura SBY :(

  323. yusnita 19 Oktober 2010 pukul 11:38

    wah, nemuin juga neh blognya, buat yang sudah share tentang interview kemarin, maksih banyak ya, semoga langkah kita semua dipermudah oleh Allah, amin…

    semangat ya semuanya ^_^

  324. Jojo 19 Oktober 2010 pukul 13:06

    Walah, makasih banyak yaa buat teman2 semuanya..
    semoga kita semua lulus yaaa..

    btw, saia dapet kloter I..
    kira2, kalo dari sisi penampilan, apa aja yaa yang harus disiapin?
    apa harus pakai rok utk cewe?

    makasih banyak yaa buat pencerahannya!!! ^^

  325. andi SERGAP 19 Oktober 2010 pukul 13:15

    Assalamualikum wr wb

    salam SERGAAAP semuaaaa…!!! :D
    Alhamdulilah td udah wawancara di sesi 1,,,
    begini nih cerita lengkapnya,,,

    KRIIIIIING,,,!!!!!! alarm tiba2 berbunyi,,, tersentak saat itu juga saya bangun dari mimpi nyenyak,,, dan melihat jam sudah pukul 4 kurang 5 menit,,,, tidak lama kemudian alarm hape berbunyi,,,, kriiiiiiiiing…!!!,,,saia memang sengaja memasang alarm di hp dan jam weker agar tidak telat bangun,,bahkan saia sampai minta tolong teman-teman saya agar membangunkan saya jam 4 pagi heheheh,,,,,
    apalagi tadi malem saia baru tidur jam 10 an krn telpon2an dulu dengan teman saia yang seorang psikolog serta belajar masang dasi,,maklum ane di kerja gk pernah pake dasi… walau akhirnya beli di matahari dasi yang udah jadi (tinggal pasang):P

    setelah bersiap2 selama sejam ( mandi, sholat, berkemas-kemas) akhirnya berangkaaaaaaaaaat,,,,,, siap PENYERGAPAN menuju dirjen pajak heheheh

    sampe TKP aku sempat bingung kok sepi,,dan ternyata jam masih menujukan pukul 6 lewat 15 menit hehehhe,,,,terlalu semangat :P
    setelah bertegur sapa dengan para satpam di sana,,,( satpamnya ramah-ramah euyy) saia langsung menuju ke lobby gedung pajak yang terletak di belakang gedung lama. sampai di lobby ternyata sudah ada beberapa rekan jga yang sudah datang. akhirnya saia langsung memperkenalkan diri dengan teman-teman dan berlanjut bercerita pengalaman waktu tes kesehatan sebelumnya sambil tertawa2,,lumayan menghilangkan nervous,,,

    tak lama kemudian peserta di suruh berbaris untuk mengantri nomor antrian,,,, satu persatu mendapatkan kalung ID card.,,, kami berbaris sambil dilihatin pegawai dirjen pajak yg lalu lalang di lobby….
    sempat terpikir,,,kapan ya gua bisa kayak mereka :)

    setelah selesai kemudian kami di suruh ke lantai 2, di lantai tersebut kita akan di registrasi ulang untuk mendapatkan lembar yang berisi pertanyaan kesuksesan dan kegagalan dalam 2 tahun terakhir,,, setelah itu kita di panggil untuk menyerahkan DRH. saia mendapat nomor antrian 16.

    tepat jam 08.00 akhirnya no urut antrian 1 sampai 30 di panggil untuk memasuki raungan,,eng ing eeeeng,,,,,
    saia langsung menuju meja 16 sesuai urutan no nya,,,
    di hadapan saya udah ada orang pegawai kementrian keuangan,, sebelah kiri perempuan dan yang sebelah kanan bapak-bapak,,,, saia langusng bersalaman dengan keduanya,,,,
    yang perempuan langsung memperkenalkan diri kalo dia kepala kantor pajak mana gitu ( JEGERRRR,,,rada ngeri juga nih heheheh),,, kalo yang bapak-bapak itu kepala kantor bea cukai kalo gk salah,,, beliau menyapa dengan ramah dan bertanya bagaimana kabarnya andi,,,apakah sehat,,, ya saia jawab sehat dan lumayan dingin pak hehehe,,,, oia mereka juga bilang bahwa pembicaraan kita di rekam untuk menunjukan transparansi wawancara

    setelah berbasa-basi ria kemudian masuk ke pertanyaan inti,, mereka langsung bertanya,,, “anda orang betawi?” saia pun jawab bahwa saya orang padang,,, lalu saia teringat, saia tulis di kolom prestasi sebagai finalis abang dan none jakarta.
    kemudian saia di tanya tentang kegiatan saia sewaktu di organisasi senat mahasiswa,, konflik2 yang terjadi, dan penagnananya,
    selain itu juga di tanya kerjaan di kantor, ngapain aja, punya konflik kepentingan kah,,, mereka juga bertanya kenapa pernah tinggal di papua, saia jawab krn ikut orang tua dinas ke papua.
    kemudian mereka bertanya pernah ikut tawuran gak… krn saia kan lulusan dari kampus YAI yang sering tawuran dengan UKI.
    selama 30 menit mereka cuma bertanya di dunia kerjaan dan organisasi,,tp kayaknya banyakan organisasi deh,,, terutama di senat.
    oia untungnya ibu-ibu dari kepala kantor pajak gk tanya2 soal pajak hehehe,,,, krn kebetulan saia kerja di bag.pajak
    saat menit2 terakhir saia di tanya apakah siap di tempatkan di papua,,, sebelum saia jawab eh udah di jawab duluan oleh si interviewer ” oia kamu pernah tinggal di papua,,berarti mau donk ya,,” ya saia bilang mau heheh
    setelah itu saia di suruh emberikan pertanyaan kalo emang ada yang mau di tanyakan,,, saia cuma tanya apakah benar bea cukai mau di pisah,,,, dari kemenkeu,, mereka bilang itu blom tau kok.
    terakhir mereka berpesan bahwa tuntutan kepada pegawai kemenkeu ke depan akan lebih besar dan berat. setelah itu tak lama kemudian bel berbunyi sebagai tanda selesai interview… kemudian saia bersalaman dan pamit deh keluar dan menyerahkan kembali kalung indentitas,,,, perasaan langsung PLOOONK,,,, ini rasa beban di bahu jadi enteng heheheh,,,, ALHAMDULILAH….WA SYUKURILAH

    berikut tips dari saia
    1.datang tepat waktu agar ada penyesuaian keadaan
    2.saat mengisi pertanyaan kesuksesan dan kegagalan agar di isi secara cepat,krn akan cepat di minta kembali
    3. dari pembicaraan dengan calon pelamar lain,,ternyata ada juga yang di tanya akuntansi, skripsi, tilang, contek.

    demikian pemaparan rangkaian tes interview yang saya sudah laksanakan tadi pagi hehehe,,,,, gud luck tuk semua,,,,, saya doakan warga semua di sini masuk dan keterima di KEMETRIAN KEUANGAN TAHUN 2010…!!!!!
    wasalam :)

    salam SERGAAAAAAAAAAAAAAP…..!!!!

  326. danny 19 Oktober 2010 pukul 14:47

    thanks infonya mas andi SERGAP, ane dapet wawancara hari kamis SEMANGAT :D

  327. bomjak 19 Oktober 2010 pukul 15:14

    misi mas jerry saya juga sering mantau blog ini..
    sy kebagian interview bsk siang di DJP jam 9.30..

    @andi sergap….
    saya mau tanya dong ttg pakaian yg digunakan peserta apa hrs hitam putih atau bgmn…??? wajib berdasi yah ??

  328. Dhani Bin Zain 19 Oktober 2010 pukul 15:16

    Terima kasih atas share rekan-rekan semua, semoga Allah membalas kebaikan rekan-rekan dengan pahala yang berlipat ganda, insya Allah giliran saya besok sesi ke-3, dari bandung ke jakarta, nanti setelah tes juga saya akan share pengalaman saya. sekali lagi terima kasih dan salam kenal…

  329. ayu hamda 19 Oktober 2010 pukul 15:20

    duh lega nya hati ini….
    mau sharing ni, tadi ditanyain ttng pengalaman kerja n digali sedemikian rupa dari jawaban kita.
    jd sebaiknya kita jujur aja…
    karena kejujuran adalah yg d harapkan olh depkeu.
    tadi juga ditanyain bersedia di tempatkan d seluruh indonesia…
    good luck…
    n semangat ya

  330. Rany 19 Oktober 2010 pukul 15:53

    Assalamualaikum…

    maw ikutan sharing ah,

    ada yang kayak q ga, dianter suami plus anak tercinta, hehe…

    tadi q dapet sessi II di Gatsu…

    dateng langsung disuruh ngisi tentang kegagalan dan kesuksesan selama 2 tahun terakhir…habis ntu kita disuruh ttd 3x bwt absensi…plus nyerahin cv qt (Jangan lupa rangkap 2 ya temen-temen…trus aku juga bawa sertifikat2q…ternyata ga dibutuhin disana…)
    terus nunggu dipanggil…ternyata tiap kloter yang masuk wawancara kira2 ada 24 orang…

    this is time…

    masuk, salaman…bapak2nya perkenalan diri…
    trus dibecandain disuruh nyanyi lagu mandarin kayak penyanyi Rani ntu…hehe…lumayan suasana jadi agak cair deh…

    aku malah ga disuruh perkenalan apa2…

    langsung tancep gas ditanyain soal pengalaman kerja…
    biarpun q cuma ngajar di LBB ternyata mereka semangat sekali nanyanya…
    hampr sama dengan temen2 lain, ditanyain : Kerjanya ngapain aja; Kendala waktu kerja; Pernah ga kita ngasih saran dan ide tentang apa saja soal kerjaan kita ntu, kalo pernah, tentang apa, pada sapa, trus apa tanggapan perusahaan kita

    pokokna rinciiiii banget…

    terus,
    soal organisasi…
    karena yang q tulis ada 3, masing2 dari itu ditanyain: apa jabatan kita; ada kendala ga?; adakah temen dari 1 organisasi yang ga concern ma organisasi itu…aku jawab ada yang mulai rapat pertama ampe serah jabatan ga pernah dateng…trus ditanyain apa yang kamu pribadi dan organisasi lakukan…

    habis ntu ditanyain apa bersedia ditempatin di seluruh indonesia…

    udah…disuruh balik nanya, biar fair katanya…

    trus pulang deh…
    ga ditanya soal tilang, contek, akuntansi, bahasa inggris (alhamdulillah…)
    bahkan soal kegagalan dan kesuksesan ga disentuh sama sekali…

    kalo di itung2, tiap peserta kira2 35 menit

    Semangat ya temen2…
    be ur self aja,

    Makasih…

  331. linklunk 19 Oktober 2010 pukul 16:15

    aq dapet hari kamis sesi I…
    deg2an banget…..

  332. berusah..berdoa..dan pasrah pada ketentuan Allah.. 19 Oktober 2010 pukul 16:25

    salam kenal semuanya.. =)
    setelah sekian lama selalu rajin baca tulisan temen2 smua disini..kali ini giliran saya share ke temen2..mudah2an bermanfaat.. =)
    untuk test wawancara gambarannya udah lengkap kok seperti yang ditulis temen2 lain diatas..

    yang perlu dibawa: ktp,tpu,drh 2 rangkap, sama alat tulis.
    yang perlu dipersiapkan: mental, doa yang banyak, sama kejujuran.

    Pertanyaan bener2 mengenai yang kita tulis di drh..jadi kalo jawab jujur gak kan ada kesulitan..karena ya seputar apa yang kita alamin dalam kehidupan nyata aja..jadi yang tenang yah kawans..mudah2an smua dikasi ketenangan sama Allah..amieen.. =)

    cuma saran saya..buat yang pelupa kayak saya (Huuhuuu) lebih baik diinget2..dulu ketika masih kuliah..kalo aktif di organisasi..ngapain aja..saya lupa-lupa inget Hiks..dan kayaknya mereka nangkep saya agak ragu2..jadi mereka bener2 bahas banyak di organisasi..sedangkan pengalaman kerja dikit banget..dan kayaknya 30menit waktu wawancara hampir 3/4 habis untuk membahas organisasi yang saya pun kurang mengingat lagi.. =(

    mudah2an teman2 yang lain jauh lebih berhasil yah..amieeen.. =)

  333. Mahra 19 Oktober 2010 pukul 16:43

    waahh.. Alhamdulillah nemu Blog ini, bermanfaat banget.. izin mampir bentar untuk say hello n nulis kesan ya..

    makasi buat Mas jerry, Mas Dimas n temen2 yang berbaik hati udah mau share pengalaman dan cerita.. Saya dapat sesi paling akhir dari proses ini.. Semoga semuanya sukses ya jadi satu keluarga besar di Kementrian Keuangan Republik Indonesia..:)

  334. balqi 19 Oktober 2010 pukul 17:14

    @ all
    numpang sharing yaa smua..
    gw wawancara sesi 1 gatsu hari senin kmrn
    pertanyaan yg ditanya seputar cv kita,organisasi,pengalaman kerja (klo gw sih baru kerja praktek dlu pas s1),kesuksesan kegagalan..yg diceritain temen2 diatas yg uda wawancara bener kok gw jg ngalamin..gw jg ditanya tau kan depkeu ada di seluruh indonesia,siap ga klo ditempatin jauuh2..
    intinya jawab aja apa adanya..smangat smuaanya yg blom tes..insyAllah kita ketemu pas pemberkasan..amiiiinn

    @mas jerry
    mas,smoga blog nya awet mas buat sharing2..very2 nice,ur blog was very helpful buat gw..terimakasih skali lagi atas sharing nya mas..

  335. adi 19 Oktober 2010 pukul 18:01

    salam keneal semuanya,,

    untuk yang sudah melewati test wawancara untuk domisili surabaya,, share dong ke kita.. ^^

  336. beth 19 Oktober 2010 pukul 18:20

    wuih… thx ya teman2… dah share… aq besok neh br interview sesi IV d mdn…. o iya tadi tmn ku cerita, waktu dia di suruh tanya, dia tanya na “bapak dari mana?” heheheh mereka senyum2 aja,,, tapi tuh lbh baik dr pd ga… yg pasti dah buat suasana cair…

    buat yg mw wawancara.. smangatttt qat pasti lulus kemenkeu 2010 aminnnnnn

    o ya.. add fb aq:

    zither_zion@yahoo.com

    mpe ketemu di depkeu.. :)

  337. fajar 19 Oktober 2010 pukul 18:44

    Selamat berjuang kawan2, semoga ketrima semuanya. Saya kebagian hari kamis Sesi II di DJP Gatsu, Alhamdulillah ijin cuti sudah turun. Sampai ketemu disana kawan2…

  338. gun 16 September 2012 pukul 04:11

    Infonya bagus dan bermanfaat. Terima kasih.

  339. yaya 21 November 2013 pukul 17:36

    Mas2 dan mba,,, khusus buat yg mpunya blog mas jer, dan bang dimaz yg suka ngebantu hehe,,, yg hamil boleh ikut tes kebugaran gak ya? Dan ada gak dimasa mba2 dan mas2, peserta yg hamil dan lulus? Terimakasih ya,,,

  340. spss 23 November 2013 pukul 23:26

    mas jery n dimaz, n yg lainnya,
    ada pertanyaan seputar kemenkeu nggak,?

  341. Tiar Nurita 25 November 2013 pukul 13:36

    tadi baru tes kebugaran dan kesehatan. Ada tes kehamilan untuk putri tapi nggak tau yang hamil boleh atau nggak karena saya kloter pertama dan yang selesai langsung pulang.

  342. Airhie Aquariantstrife Valkyrie 30 Desember 2013 pukul 18:38

    mas jerry dan dimaz.. minta contoh surat lamaran kerja utk kemenkeu dong.. trus surat keterangan berbadan sehat dan bebas narkoba nya itu kan harus belaku hingga 1 februari 2014, sedangkan surat ket.berbadan sehat dan bebas narkoba punya saya tidak ada catatan masa berlakunya.. itu gimana dong mas?

  343. Smile and Fun 19 November 2014 pukul 12:48

    Reblogged this on Just in Write and commented:
    Ini berguna bangeeeet

  344. Lusie alhisyam (@Luzie_Vanya) 27 November 2014 pukul 15:04

    tanggal 2 desember ini saya mengikuti tes kesehatan dan tanggal 4 nya saya wawancara di kemenkeu.. mohon danya ya temans…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: