15 Hal Dasar untuk Diketahui Pengguna Baru BlackBerry

BlackBerry adalah perangkat dan alat bantu yang memiliki banyak fasilitas dan fitur yang mendukung kebutuhan komunikasi dan pekerjaan. Jadi tidak heran banyak orang berpindah ke BB karena merasa terbantu dalam berkomunikasi dan berhubungan. Nah, banyak diantara pengguna baru BB berpindah dari ponsel atau PDA merk lain, sehingga tentu saja memerlukan adaptasi dengan ‘cara kerja’ BB. Hal tersebut wajar terjadi saat berpindah dari satu sistem ke sistem lain yang berbeda.

Nah, jika Anda termasuk pengguna baru BB, ada 15 hal dasar yang sebaiknya Anda ketahui tentang perangkat yang kini jadi ‘partner’ Anda tersebut.

Let’s check it out..

1. BB adalah perangkat yang dibuat dan diproduksi oleh Research In Motion Ltd atau disingkat RIM yang berbasis di Canada. Segala hal terkait informasi resmi tentang BB bisa diakses melalui http://www.blackberry.com..

2. Selain IMEI, setiap perangkat BB memiliki identitas unik lain yang dinamakan PIN. PIN ini adalah 8 digit karakter yang tidak ada persamaannya dengan BB lain di dunia. PIN dijadikan ‘identitas’ suatu BB untuk berkomunikasi dengan server RIM atau dengan BB lainnya. PIN ini memungkinkan seluruh layanan BB (selain telpon dan SMS/MMS) bisa dijalankan.

3. BB adalah smartphone yang bekerja dan dijalankan oleh Operating System (OS). OS yang digunakan adalah BlackBerry OS yang berbasis Java.

4. Agar BB Anda bisa dipergunakan secara maksimal, RIM telah bekerjasama dengan operator selular (GSM dan CDMA) untuk memberikan layanan BB. Layanan ini ada 2 jenis yaitu BlackBerry Internet Service (BIS) dan BlackBerry Enterprise Server (BES). Tidak perlu bingung perihal layanan ini. Untuk penggunaan pribadi, Anda hanya perlu mengaktifkan dan berlangganan layanan BIS ke operator selular pilihan Anda. Mereka akan dengan senang hati membantu dan memberikan informasi yang Anda perlukan. Tapi bisakah BB digunakan sebagai handphone biasa tanpa harus berlangganan BIS/BES? Jawabannya adalah BISA.

5. Operator selular di Indonesia yang menyediakan layanan BIS diantaranya adalah Indosat (GSM & CDMA), Telkomsel (GSM), XL (GSM), 3 (GSM), Axis (GSM) dan Smart (CDMA).

6. Ragam layanan BIS:

- BIS unlimited; seluruh layanan BIS meliputi browsing, push mail, chatting (YM, GTalk, MSN, AOL) dan social networking (Facebook for BlackBerry, Twitter for BlackBerry) dilewatkan ke APN Backberry.net dan semua layanan tersebut bisa diakses sepuasnya setelah membayar biaya berlangganan tanpa tambahan charge.
– bis lite (bis mail); lebih murah dari BIS unlimited, fasilitas yang aktif hanya push mail dan chatting. Layanan untuk browsing dan keperluan lain yang memerlukan koneksi internet akan di-charge terpisah (potong pulsa).
– bis gaul/life style/friends; juga lebih murah dari BIS unlimited, fasilitas yang aktif hanya chatting dan social networking serta tidak ada push mail. Layanan untuk browsing dan keperluan lain yang memerlukan koneksi internet juga akan di-charge terpisah (potong pulsa).

Untuk informasi tarif layanan BIS silahkan menghubungi operator selular pilihan Anda.

7. BB bisa dijadikan sebagai modem untuk PC dan Mac. Seluruh biaya akses data akan di-charge sesuai tarif yang berlaku karena tarif BIS hanya berlaku untuk penggunaan internet di handheld BB saja.

8. Apa yang harus dilakukan setelah membeli BB baru:
– Masukkan SIM card
– Aktifkan BB
– Aktifkan layanan BIS ke operator seluler
– Restart BB
– Setelah aktif, silahkan gunakan layanan sesuai keperluan, selesai.

9. Indikator bahwa layanan BB sudah aktif dan siap digunakan adalah pada pojok kanan atas layar ada indikasi layanan seluler yang menggunakan huruf kapital semua, contohnya GPRS, EDGE, 3G atau 1X untuk CDMA. Jika masih huruf kecil berarti belum aktif atau sedang ada gangguan pada jaringan, misalnya tampil indikator gsm, edge, gprs, 3g ataupun 1x.

10. Cara mendaftarkan email yang akan dipush ke BB:
– Pastikan layanan BIS telah aktif seperti disebutkan pada poin 6.
– Pada halaman depan BB, masuk ke Email Settings
– Klik Add An Email Account
– Masukkan alamat email dan password, klik Next
– Jika sukses, klik Signature and Settings
– Isikan isian Your Name dengan nama lengkap Anda
– Ubah Signature sesui keperluan
– Klik Save, selesai.

Satu hal yang harus diingat, kebanyakan pemula tidak mengisi isian Your Name sehingga saat mengirim email, pada penerima tidak tampil nama pengirimnya, hanya tampil alamat emailnya saja.
Sudahkah Anda mengisi isian Your Name pada semua email yang dipush ke BB?

11. Untuk mengetahui informasi tentang BB yang Anda gunakan, tekan secara bersamaan 3 tombol berikut: ALT, aA dan H.

12. Membuat dan mengirimkan pesan SMS dan MMS:
– Masuk ke Messages
– Tekan tombol menu (lambang BB)
– Pilih Compose SMS atau Compose MMS
– Ketik pesan
– Jika selesai, tekan menu, pilih Send untuk mengirimkan pesan.

13. Jumlah email yang bisa dipush ke BB adalah sebanyak 10 account email, ditambah 1 account email @operator.blackberry.com (dimana operator adalah nama operator seluler BIS Anda).

14. Untuk mereset/restart BB ada dua cara. Hard reset dengan cara cabut batere selama beberapa saat lalu pasang lagi. Soft reset dengan cara menekan 3 tombol berikut secara bersamaan: ALT (sebelah kiri), aA (sebelah kanan) dan DEL.

15. BlackBerry Messenger (BBM) adalah layanan messaging khusus BB. BBM bekerja berdasarkan PIN. Untuk menambah teman baru pada BBM, selain menggunakan PIN, Anda juga bisa menggunakan alamat email yang dipush ke BB rekan Anda tersebut. Ya, cukup add alamat email tersebut dan fungsinya sama seperti Anda meng-add PIN-nya.

—–

 

Home – Banjarbaru @20100529

47 responses to “15 Hal Dasar untuk Diketahui Pengguna Baru BlackBerry

  1. Joko Sutarto 11 Juni 2010 pukul 19:56

    Dengan baca 15 hal dasar ini saya bisa menjamin orang yang nggak ngerti BB samasekali akan menjadi paham.

    Untuk poin nomor 6 pada BIS unlimited, mohon diberi note tidak termasuk unlimited browsing untuk akses ke Youtube atau web audio/video streaming lainnya. Karena ada operator yang mengenakan charge tambahan untuk akses ini. Contoh operator Telkomsel. Saya pernah menulis tentang ini di blog sahabat saya. Anda bisa baca artikel saya di di sini
    .

    Terima kasih sudah mampir ke blog saya, Mas. Salam kenal.

  2. Jerry Ramdhana 12 Juni 2010 pukul 20:51

    Salam kenal jg pak Joko Sutarto,

    Terima kasih untuk tambahannya. Saya rasa banyak orang tidak mengetahui hal ini, dan kaget dengan tagihan (pasca bayar) karena akses streaming.

    Sekali lagi terima kasih atas informasinya. Terima kasih juga sdh mampir kemari.. :)

  3. Mutia 01 September 2010 pukul 05:24

    pak, mau tanya untuk setting signature & rubah nama di push mail gimana caranya kalau push mailnya sudah di setting tp blm setting signature & rubah nama

    makasih ya
    mutia ratna

  4. Jerry Ramdhana 03 September 2010 pukul 09:47

    @Mutia:
    Caranya:
    – Masuk icon “Email Settings” di handheld Blackberry.
    – Login jika diminta username & password. Jika tidak, abaikan step ini.
    – Cari email account yang ingin diedit, klik Edit
    – Isi field “Your Name” dengan nama asli dan menggunakan karakter standar
    – Isi field “Signature” dengan signature yang diinginkan
    – Save
    – Log out, selesai

  5. Nash 13 September 2010 pukul 02:22

    Rencana saya ingin beli BB…Tp saya masih bingung dengan penggunaanya…Dengan membaca blog ini saya sudah sedikit memahami meskipun blm 100 % tau tentang BB, karena mungkin sampai saat ini sy blm menggunakannya…

    Tlg mnt saran, sebelum saya beli BB ini kira2 BB apa yg cocok saya beli dengan budget yang terjangkau…yang sekiranya dapat saya gunakan untuk FB, BBM, Email dan GPS…

    Dan sebaiknya Layanan BIS apa yang sy gunakan,..?

    Sebelumnya Terima Kasih banyak…..

  6. Jerry Ramdhana 13 September 2010 pukul 16:47

    @Nash:
    Kisaran harga BB baru saat ini (per September 2010):
    – 8520 (Gemini): 2,7jt
    – 8900 (Javelin): 3jt
    – 9000 (Bold): 3,3jt
    – 9700 (Onyx): 4,2jt
    Silakan pilih sesuai budget Anda. Usahakan untuk memilih BB yg bergaransi operator (Indosat,XL,Telkomsel,Axis,dll) atau garansai TAM. Jangan sama sekali membeli barang BM atau tanpa garansi, selain beresiko, harga jualnya juga jatuh.

    Dari keperluan Anda, saya lihat Anda perlu berlanggan BIS full. Tarifnya silahkan lihat di website operator seluler langganan Anda.

  7. Ivan 15 September 2010 pukul 12:44

    Halo mas, saya mau tanya apa bisa misalnya orang yg memakai bis telkomsel lalu dijual lalu dipasang kartu 3 dan diaktifkn bis dari 3?bagaimana cara memakai internet bb tanpa bis?agar seperti hp biasa,Trima kasih mas

  8. Jerry Ramdhana 17 September 2010 pukul 08:22

    @Ivan: Pindah langganan BIS antar operator tidak masalah, selama handsetnya tidak dilock ke operator tertentu.
    Agar bisa menggunakan internet seperti biasa tanpa berlangganan BIS, silahkan setting APN operator di:
    Options > Advanced Options > TCP
    Agar bisa browsing, silahkan download aplikasi browser seperti Opera Mini (http://m.opera.com) atau Bolt browser (http://boltbrowser.com/)

  9. Arif 25 September 2010 pukul 22:26

    halo mas jerry,
    saya baru punya blackberry javelin (second). bagaimana caranya merubah alamat email yg sudah di setting di BB tersebut?

  10. azwar 02 Desember 2010 pukul 15:31

    apakah bisa menggunakan satu account email untuk dua HP BlackBerry yang berbeda…???

  11. tsabit aqdam 13 Januari 2011 pukul 15:22

    mas saya mau nanya. untuk mengganti tampilan sms biar ga jadul gmn??? pada blackberry gemini mas….

    apa harus di ganti OS.a???

  12. azwar 01 Maret 2011 pukul 18:59

    hallo mas jerry,

    knp ya aplikasi Text Message di Torch ku error pesan error gini “Uncaught exception: java.lang.IndexOutOfBoundsException” kira2 knp mas… ngga bisa sms kalau iconny di pilih tapi kalau melalui contac trus pilih menu text message bisa…??? mohon bantuannya….!!!

  13. Jerry Ramdhana 27 April 2011 pukul 15:34

    @azwar: Maaf saya blm punya Torch atau BB lain yg pake OS 6. Pake themes luaran? Coba ganti ke themes aslinya trus coba lihat lagi hasilnya.

  14. guvee 05 Juli 2011 pukul 18:47

    Mau tanya mas,
    Saya pakai indosat unlimitted, tapi saya cek setiap harinya pulsa saya berkurang sedikit sedikit. Sudah saya cek ke indosat katanya tdk ada yang salah pd no hp saya.

    Apakah attachment pada email memotong pulsa?
    Apakah benar kemungkinan OS BB saya tdk cocok dengan indosat?
    Terima kasih sebelumnya
    Gum

  15. Jerry Ramdhana 06 Juli 2011 pukul 07:43

    @guvee:
    Boleh tahu type Handset dan OSnya? dan berapa jumlah pulsa yang terpotong? Biasanya untuk Handset dan OS dari TMobile ada aktifitas network saat pertama booting, selain itu handset juga mengirimkan SMS ke nomor tertentu yang sebenarnya cuma aktif di jaringan TMobile.
    Saran saya, coba kosongkan isian setting TCP dan gunakan OS khusus operator dalam negeri saja.

  16. Anissa 06 Juli 2011 pukul 09:08

    Wah…informasinya sangat berguna. Terima kasih ya…saya tergolong pengguna BB yang masih kagok, soalnya baru beli dua hari lalu :)

  17. guvee 07 Juli 2011 pukul 23:48

    Handset aku pakai Curve 9300 3G, untuk OS nya apa ini yg dimaksud V5.0.0.794 (Bundle 1345, platform 6.3.0.23)
    Berkurangnya pulsa sekitar Rp 50 tapi kontinyu, jadi ya ga enAk aja sdh bayar unlimited kok dipotong terus :-)

    Gunakan OS khusus dlm negeri caranya gimana ya? Apa harus bayar?
    Terima kasih sebelumnya

  18. Upphay Laurence Prince 10 Juli 2011 pukul 06:24

    guvee _ sama aja qta
    cozx bru kmarin jga z beli BB curve 9300 3G, truz udh di daftar di msa msih ambil pulsa utama
    para senior pengguna BB, tlong bantu kami

    makasih s’belomx

  19. guvee 10 Juli 2011 pukul 09:11

    @upphay
    Sharing aja, sekarang  saya sdh tidak potong pulsa gprs lagi.
    Ternyata problemnya memang ada pada OS di  yang tidak cocok dng operator mentari. Tapi sebelumnya dipastikan dulu ke Indosat kalau kartu kita memang sdh tdk ada masalah.

    Sebelum update OS, update/install terlebih dahulu desktop software di http://www.id.blackberry.com, kemudian upgrade OS V6 ke , updatenya ada websitenya 
    Senangnya berbagi

  20. Jerry Ramdhana 11 Juli 2011 pukul 10:43

    @upphay: mungkin bisa dicoba saran dari guvee. :)

  21. enenganie 19 Juli 2011 pukul 11:48

    Apakah email yang sudah di reset paswordnya via PC,email yg di blackberry log out otomatis?

    pada tanggal 17 juli 2011 kemarin saya kehilangan hp bb curve 9300 3G di BIP Bandung. Namun sekarang saya sudah membeli bb lagi yang baru dengan tipe yg sama, yang ingin saya tanyakan “apakah email yang dipake di bb (blackberry) saya yang dulu masih terhubung walaupun sudah saya reset passwordnya di PC” yg saya takutkan adalah selama si pencuri tidak melogout atau mengganti email bb tersebut, maka email masih bisa dipergunakan. Percuma saya sudah mereset pasword. mohon bantuannya saya harus bagaimana agar email saya tidak disalah gunakan dan saya bisa memakainya kembali di bb baru saya..terima kasih :)

  22. Jerry Ramdhana 19 Juli 2011 pukul 18:36

    @enenganie: Tindakan mbak untuk segera mereset password email adalah sangat bijaksana. Meskipun email masih terdaftar di BB lama (selama belum di wipe), namun account email tersebut tidak akan bisa digunakan untuk kirim-terima email lagi di perangkat tersebut. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena email tsb tidak akan bisa lg disalahgunakan.

  23. windu lov Viona 21 Agustus 2011 pukul 16:07

    Selamat Menulaikan Ibadah Puasa….Bagi Yang Menjalan Kan nya..??:)

  24. Willy 05 September 2011 pukul 05:28

    Mas saya mau tanya. Saya rencana mau tuker  yg onyx dlm bbrp hari ini. Dan skrg saya masih pakai  gemini. Saya salah pencet dan mengaktifkan paket BIS yg 1 bulan. Jika saya mengganti ke onyx, apa paket bulanan mesti didaftarkan lagi ? Atau ketika saya memakai onyx paket bulanan saya ttp bisa di gunakan  onyx ? Thanks

  25. Jerry Ramdhana 07 September 2011 pukul 09:38

    @Willy: Paket layanan BIS itu hubungannya dengan kartu SIM (SIM Card), bukan handset. Jadi selama kartunya sama, paketnya akan aktif meskipun dipindah-pindah ke handset lain.

  26. bambang 22 September 2011 pukul 10:28

    Seperti pada Flexi yg dapat dihandle via PC (f-con communicator/f-con.exe), apakah BB dapat atau ada softwarenya yg bisa dihandle via PC ???
    Tks

  27. Jerry Ramdhana 24 September 2011 pukul 08:02

    @Pak Bambang: “Dihandle dari PC” ini maksudnya seperti apa ya pak?

    Klo maksudnya seperti Nokia PC Suite, kita bisa pake BB Desktop Manager. Klo mau utak-atik OSnya bisa pake jlcommander dan BBH Tool.

    Tapi klo maksudnya semacam aplikasi at-command yg menjadikan hp sebagai sms gateway, saya kebetulan blm pernah dpt infonya dan mungkin bapak bisa sharing disini.

  28. cakdjoBambang 01 Oktober 2011 pukul 22:42

    Tks infonya, ternyata sya hrs blajar dlu soft/hardware BB jadi nggak ksleo antara tangan en otak maklum lulusan S2 (sampun sepuh). maksud saya memindahkan hp/bb ke PC sperti usb modem.

  29. Jerry Ramdhana 04 Oktober 2011 pukul 09:26

    @Pak Bambang:
    BB dijadikan modem USB untuk konek ke internet ya pak?
    Bisa dicoba pake BlackBerry Desktop Manager. Pengoperasiannya mudah Pak, cuma mungkin downladnya yg harus agak sabar. :D Desktop Manager juga bisa dipake untuk backup data BB, pengaturan file multimedia,music,dll di BB dan masih banyak fungsi lainnya.
    SiIakan kunjungi lamannya di http://us.blackberry.com/apps-software/desktop/

  30. Untung 25 November 2011 pukul 15:47

    Terima Kasih banyak atas info-nya , sangat bermanfaat untuk bahan pertimbangan bagi calon pelanggan baru. Salam Sukses.

  31. andika 18 Desember 2011 pukul 07:01

    Klo paket internet yg bukan blackberry service bisa buat bbman ga?

  32. abcwinfo 29 Januari 2012 pukul 23:14

    Salam,
    KK saya mau tanya, saya pakai bb curve dan saya berlangganan paket gaul… yang saya tanyakan, kenapa layanan internet untuk brosing tidak bisa saya gunakan ? (ada keterangan harus menggunakan wi-fi).
    yang kedua,…. bisakah kita berlangganan 2 paket ? misalkan paket gaul lalu berlangganan juga paket lite.
    Mohon pencerahannya KK.
    Terimakasih.
    Salam.

  33. Jerry Ramdhana 30 Januari 2012 pukul 07:09

    @abcwinfo: Memang untuk paket gaul dan lite tidak bisa digunakan untuk browsing, karena itulah harga paketnya lebih murah daripada yg unlimited dan sejauh yg saya tau, kita tidak bisa berlangganan 2 paket sekaligus.

    Jika memang tetap ingin bisa browsing, meskipun nantinya akan dipotong pulsa sesuai tarif GPRS reguler, sebenarnya ada triknya. Silakah cari di Google dengan keyword “Inject browser.ipd” ada banyak blog yang membahas hal tsb. :)

  34. ahmad 29 Maret 2012 pukul 22:22

    asl alaikum….
    sebelumnya terima kasih banyak atas info yg diberikan. sy sebagai pemakai baru bb torch sangat terbantu oleh informasinya.
    yang ingin sy tanyakan adalah mengenai setting sms.knapa setiap sms yg masuk,tersimpan juga di sms sim card inbox?sehingga sering muncul pemberitahuan bahwa sim card sy sdh penuh.mohon bantuannya agar sms tdk masuk lagi di sim card sy.
    demikian,agar mohon jawabannya dikirim jua ke email sy
    terima kasih atas perhatiannya

  35. ahmad 29 Maret 2012 pukul 22:38

    maaf ada yg keluapaan…..saat sy buka tex message-view folder,…terdapat 2 folder inbox, yg masing2 folder mempunyai folder SPAM. hal itu normal ato tidak?kalo memang perlu dihilangkan, bgmana caranya…….

    terima kasih

  36. Roedy 06 Juni 2012 pukul 01:18

    Hmmmmm….
    Slm sjahtra…..
    Numpang tanya bolehkan Om????
    Hee heeee….
    Ttg item 11& 14, sy pake BB Tourch, gmn crnya????
    Thanks sblmnya…. :) :) :)

  37. masali 29 Juli 2012 pukul 01:27

    slm kenal mas
    ma kasih banyak dech atas infonya
    saya jd tau sekarang, maklum orang tua…..

  38. sulton 30 Agustus 2012 pukul 10:15

    maz hp bb curve 9300 3G,sedang bermasalah dengan bluethoot dan wi-fi nya gak bisa diaktif dan dicentang, tolong kasi solusinxa? Makasi sebelum nya

  39. neti 18 September 2012 pukul 17:02

    Tulisannya sangat membantu saya yg baru pakai BB, makasih ya . Oh sy mw tanya BB CDMA inject kalau kartu smart nya sudah tidak aktif apa bs dipakai dengan kartu smart baru/perdana?caranya bagaimana? Baterainya gembung disebabkan krn apa padahal BB jarang digunakan? Balas k email : neti.nurbaiti@yahoo.com. Thank’s

  40. nia 19 September 2012 pukul 19:12

    mau nanyak klo mau nyarik alamat email melalui pin bb bisa gak sih ? makasih :)

  41. Endang 03 Desember 2012 pukul 19:52

    Pak saya mau tanya? Kan alamat email yg bisa di push di bb 10, klo fb bs lebih dr 1 jg?

  42. yhenti 11 Desember 2012 pukul 14:59

    siang pak jery, sy mau beli bb style 9670, tp pakai kartu cdma, kalau ditukar dgn gsm bisa ga tu ya???

  43. Jerry Ramdhana 12 Desember 2012 pukul 14:56

    @nia: Saya rasa tidak bisa. Tapi kan bisa dicoba kirim pin message?
    @Endang: Saya kurang tau karena sdh tidak menggunakan FB lagi. Tapi harusnya bisa multi account.
    @yenthi: Tidak bisa. BB GSM ya buat layanan GSM, BB CDMA buat layanan CDMA.

